backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

3

Tanya Dokter
Simpan

Yuk, Mulai Mencintai Diri Sendiri dengan Cara Mudah Ini!

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 17/03/2023

Yuk, Mulai Mencintai Diri Sendiri dengan Cara Mudah Ini!

Mencintai orang lain mungkin akan terasa lebih mudah daripada mencintai diri sendiri. Pasalnya, beberapa orang kesulitan menerima kekurangan diri dan merasa insecure dengan apa yang orang lain miliki.

Padalah, mencintai diri sendiri atau self-love sangatlah penting dan Anda bisa mulai membiasakannya dengan hal-hal sederhana.

Cara mudah mencintai diri sendiri

Cinta pada diri sendiri tidak datang begitu saja. Anda perlu membangunnya dengan melakukan beberapa hal yang berguna bagi diri sendiri.

Sudah siap untuk mulai mencintai diri sendiri? Yuk, ikuti beberapa cara berikut.

1. Memenuhi kebutuhan diri sendiri dengan baik

Tidur pakai makeup

Langkah pertama untuk bersahabat dengan diri sendiri adalah mengetahui kebutuhan fisik, rohani, dan mental Anda.

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan menjaga kesehatan. Mulailah dari tidur cukup selama 7–8 jam, makan teratur, dan olahraga.

Selain itu, Anda sebaiknya juga meluangkan waktu untuk meredakan stres dengan cara yang cocok bagi Anda, baik itu bermeditasi, jalan-jalan, beribadah, atau lainnya.

Pastikan semua kebutuhan ini dipenuhi dengan cara yang sehat. Meski awalnya terasa berat, Anda akan mulai terbiasa ketika kembali mengingat apa yang akan Anda dapat.

2. Meluangkan waktu tanpa perangkat elektronik

Berikan waktu kepada diri sendiri untuk beristirahat dari melihat layar ponsel atau laptop.

Tanpa disadari, penggunaan gawai berlebihan karena pekerjaan atau lingkungan sosial memang dapat menguras pikiran.

Sebagai gantinya, gunakan waktu yang ada untuk mengobrol langsung dengan teman atau melakukan suatu hal baru untuk mengasah kreativitas.

Selain itu, usahakan untuk tidak bermain ponsel sesaat setelah bangun tidur atau menjelang waktu istirahat Anda.

3. Menyediakan waktu untuk diri sendiri

Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah me time. Ini adalah momen ketika Anda meluangkan waktu untuk diri sendiri tanpa bergantung dengan orang lain.

Dengan melakukan me time, Anda bisa melakukan sesuatu yang benar-benar Anda sukai tanpa melibatkan orang lain, misalnya membaca buku, mendengarkan musik, dan bahkan bermain teka-teki silang.

Meski terkesan remeh, cara ini bisa membantu Anda menghargai dan mencintai diri sendiri, meredakan stres, sekaligus memberikan kepuasan dalam diri.

4. Mengatur dan membersihkan ruang pribadi

Membersihkan dan menata rumah atau kamar merupakan salah satu cara sederhana untuk mencintai diri sendiri yang kadang disepelekan.

Padahal, rumah yang bersih dan tertata rapi bisa memberikan suasana baru sehingga membuat Anda lebih bersemangat. Tidak jarang, Anda juga memiliki pandangan baru karena suasana yang ada.

Dengan lingkungan yang bersih, Anda juga bisa beristirahat dengan tenang sehingga kecemasan bisa berkurang.

5. Jujur dengan perasaan 

dibentak sedikit menangis

Saat mengalami kejadian yang memicu kesedihan, kemarahan, atau kekecewaan, jangan biasakan untuk memendamnya.

Membiasakan diri memendam emosi hanya akan membuat Anda berisiko mengalami beragam masalah, terutama yang berkaitan dengan kesehatan mental.

Cobalah untuk jujur dengan perasaan Anda sendiri. Tidak ada salahnya untuk mengungkapkan kesedihan melalui tulisan atau bahkan berbicara dengan diri sendiri.

6. Meminimalkan pikiran negatif

Pikiran negatif merupakan awal mula Anda kerap merendahkan diri sendiri. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengendalikan pikiran-pikiran negatif tersebut.

Ketika pikiran negatif muncul, mulailah untuk memikirkan apa yang membuat Anda percaya diri, contohnya kelebihan atau prestasi yang Anda miliki.

Masih kurang ampuh? Coba bayangkan hal-hal yang Anda sukai dan momen-momen yang membuat Anda bahagia. Selain itu, sebaiknya kurangi juga konsumsi berita negatif.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal, terlalu banyak mendengar berita buruk bisa membuat Anda merasa takut dan terbebani sehingga membentuk pikiran yang tidak sehat.

7. Bergaul dengan orang-orang positif

Salah satu cara mencintai diri sendiri adalah memilih lingkungan pertemanan yang positif.

Bergaul dengan orang-orang yang memiliki pemikiran positif sedikit-banyak akan membuat Anda memiliki pemikiran serupa.

Memiliki hubungan yang sehat dengan orang-orang di sekitar juga akan membuat Anda lebih mudah berkembang karena merasakan dukungan yang ada.

Maka, tidak ada salahnya untuk menjauhi orang-orang toksik yang justru merugikan Anda.

8. Berbicara dengan diri sendiri

Ketika berbicara dengan diri sendiri, tempatkan diri Anda sebagai orang lain yang mengajak diri Anda berbicara. Supaya lebih mudah, lakukan ini di depan cermin.

Obrolan dengan diri sendiri bisa menghasilkan penilaian secara objektif sehingga memudahkan Anda dalam menemukan solusi dari suatu masalah.

Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membuat Anda lebih fokus dan termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

9. Menerima kekurangan dalam diri

Sebagai manusia, sudah sewajarnya jika Anda memiliki kekurangan. Namun, selalu ingat juga bahwa adanya kekurangan selalu datang bersama kelebihan.

Oleh karena itu, alih-alih berfokus pada kekurangan yang ada, mulailah untuk menerimanya dan fokus untuk menunjukkan kelebihan yang Anda miliki.

Dengan keyakinan tersebut, Anda bisa menjadi lebih percaya diri. Namun, jika Anda terus merasa kesulitan untuk menerima kekurangan yang ada, mungkin inilah saatnya berkonsultasi ke psikolog.

Penting!

Cara setiap orang untuk mencintai diri sendiri mungkin berbeda-beda. Maka, Anda mungkin perlu mencoba beberapa cara sebelum menemukan mana yang paling sesuai dengan kepribadian Anda.
Selama tidak merugikan orang lain, Anda bisa melakukan berbagai cara untuk meningkatkan self-love.

Mengapa harus mencintai diri sendiri?

agar lebih bahagia

Mencintai diri sendiri atau self-love bukan berarti Anda egois dan mengembangkan kepribadian narsisistik yang menyimpang.

Pemikiran ini justru akan membuat Anda menerima kelebihan tanpa tinggi hati, tetapi juga berlapang dada untuk merangkul kekurangan diri tanpa ditutupi.

Mencintai diri sendiri berarti memenuhi segala kebutuhan tanpa mengorbankan kesejahteraan Anda untuk menyenangkan orang lain.

Anda harus melakukan self-love tanpa membohongi diri sendiri. Maka, mulailah untuk jujur dengan perasaan dan jangan lagi mencoba menutupinya.

Anda sebaiknya juga mulai belajar untuk memaafkan ketika tidak sengaja melakukan hal buruk pada diri sendiri.

Dengan mencintai diri sendiri, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat, bahkan untuk orang-orang di sekitar Anda.

Salah satu manfaat tersebut adalah terbebas dari beban moral karena Anda tidak membandingkan diri dengan orang lain.

Adanya self-love akan membuat kesehatan fisik dan mental Anda lebih terjaga. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi risiko berbagai gangguan mental yang dipicu oleh stres, seperti depresi atau gangguan kecemasan.

Jika sudah merasa nyaman dengan diri sendiri, orang-orang di sekitar Anda akan ikut merasakan hal yang sama. Mereka akan nyaman berada di dekat Anda karena Anda memancarkan energi positif dari dalam diri.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 17/03/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan