home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Jangan Tunda Lagi! Yuk, Sampaikan Terima Kasih Pada Ibu Tersayang Lewat 5 Cara Ini

Jangan Tunda Lagi! Yuk, Sampaikan Terima Kasih Pada Ibu Tersayang Lewat 5 Cara Ini

Sosok ibu adalah pahlawan keluarga yang harus menjaga, merawat, dan mendidik anak-anaknya. Ya, apa pun pencapaian Anda sekarang, pasti tidak lepas dari jerih payah ibu yang selalu mendampingi putra putrinya dalam setiap langkah kehidupan. Tepat di hari ibu yang jatuh di tanggal 22 Desember ini, sudahkah Anda memberikan ucapan terima kasih untuk ibu?

Jika di hari-hari biasa rasanya sungkan atau bahkan malu untuk sekadar bilang “Ibu, terima kasih, ya, udah selalu sabar menghadapi aku yang sering susah diatur ini”, maupun kalimat-kalimat manis lainnya sebagai ungkapan kasih untuk ibu tercinta. Sekarang merupakan momen yang tepat untuk menyampaikan apa yang selama ini sulit terucap.

Tak perlu bingung, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk berterima kasih pada ibu.

Pilihan cara menyampaikan ucapan terima kasih untuk ibu

1. Sampaikan secara langsung

hubungan anak dan ibu

Tidak ada apa pun di dunia ini yang bisa membalas semua kebaikan yang telah ibu berikan pada anak-anaknya. Sebagai seorang anak, yang dapat Anda lakukan mungkin hanya dengan tumbuh menjadi anak berbakti serta mengucapkan terima kasih atas semua yang telah ibu berikan selama ini.

Cara termudah, tapi sekaligus paling sulit untuk dilakukan adalah menyampaikan ucapan terima kasih untuk ibu secara langsung. Hilangkan sejenak semua perasaan malu, ego, ataupun gengsi, lalu ajak ibu bicara dari hati ke hati. Ungkapkan betapa Anda menyayanginya dan berterima kasih untuk seluruh jasa ibu yang tak ternilai harganya.

2. Berikan karangan bunga

Sumber: Freepik

Beruntung bila Anda bisa dengan mudah mengungkap perasaan dan rasa terima kasih pada ibu secara langsung. Bahkan, akan lebih baik lagi jika Anda bisa mengucapkannya kapan pun tanpa harus menunggu saat-saat tertentu.

Sebaliknya, jika Anda termasuk orang yang sulit mencurahkan isi hati, terlebih untuk hal-hal yang cukup “menyentuh”, memberikan karangan bunga cantik favorit ibu bisa jadi pilihan tepat untuk mewakili perasaan Anda.

Jangan lupa, selipkan secarik kertas berisi ucapan selamat hari ibu dan serangkaian kalimat-kalimat manis lainnya sebagai tanda sayang Anda pada ibu dalam karangan bunga tersebut.

3. Buat video kreatif

anak menonton film berdasarkan umur

Ingin menyampaikan ucapan terimakasih untuk ibu dengan cara yang sedikit berbeda? Membuat video kreatif berisi kumpulan foto keluarga beserta selipan kata-kata dan ucapan terima kasih dijamin bisa membangkitkan suasana haru saat ditonton bersama.

Lewat cara ini, Anda juga bisa menyampaikan betapa Anda menyayangi ibu secara langsung. Agar lebih menarik, tambahkan backsound lagu atau alunan musik yang sekiranya sesuai dengan isi video tersebut.

4. Tulis surat

menulis tangan vs mengetik

Meski terkesan kuno dan ketinggalan zaman, menulis surat bisa menjadi salah satu cara dalam memberikan ucapan terima kasih untuk ibu. Di samping terasa seperti flashback (kilas balik) beberapa tahun lalu di era surat-menyurat masih cukup berjaya, cara ini juga terkesan sederhana, mudah, tapi tetap berkesan.

Ibaratkan seperti sedang menulis buku harian, coba curahkan segala isi hati Anda yang mungkin selama ini belum sempat disampaikan pada ibu karena satu dan lain hal. Mungkin malu, tidak sempat karena terhalang jarak atau waktu, maupun tidak tahu bagaimana harus menyampaikannya.

5. Masak makanan kesukaan ibu

penyebab keracunan makanan

Semangkuk sup hangat, seloyang kue, sepiring nasi goreng, maupun jenis makanan lainnya kesukaan ibu bisa Anda buat sendiri sebagai ucapan terima kasih. Apalagi jika selama ini ibu yang lebih sering menyiapkan makan pagi, siang, dan malam.

Entah karena Anda tinggal berjauhan dengan ibu, tidak punya waktu untuk memasak, ataupun memang tidak bisa memasak sama sekali. Terlepas dari bagaimana pun rasa masakan yang Anda buat, setidaknya ibu akan melihat usaha Anda dalam membuatkan makanan favoritnya.

Di sisi lain, cara ini juga merupakan tanda bahwa Anda ingat dan perhatian dengan ibu. Jika tidak ingin memasak sendiri, Anda bisa, kok, mengajak ibu memasak bersama sembari bercerita banyak hal yang mungkin selama ini belum sempat disampaikan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Thanking Others Is Actually Good for You, Research Confrims. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/joyful-parenting/201605/thanking-others-is-actually-good-you-research-confirms Diakses pada 12 Desember 2018.

10 Creative Ways to Say Thanks. https://www.everydayhealth.com/emotional-health-pictures/creative-ways-to-say-thanks.aspx#01 Diakses pada 12 Desember 2018.

The Health Benefits of Saying Thanks. https://www.everydayhealth.com/saying-thanks/the-health-benefits-of-saying-thanks.aspx Diakses pada 12 Desember 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 16/12/2018
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x