home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tips Membagi Waktu antara Teman dan Pacar

Tips Membagi Waktu antara Teman dan Pacar

Pada saat memulai kisah asmara yang baru, biasanya Anda cenderung lebih senang menghabiskan waktu bersama pasangan. Teman pun bisa jadi Anda abaikan. Membagi waktu antara pacar dan teman memang bisa jadi sulit.

Kondisi itu tentu dapat membuat teman-teman Anda mengeluh karena sulitnya bertemu Anda. Tak jarang, hubungan Anda juga bisa menjauh. Supaya terhindar dari konflik tersebut, yuk simak ulasan mengenai cara menyeimbangkan waktu antara pasangan dan teman Anda.

Tips membagi waktu antara pacar dan teman

1. Mulai memilih prioritas

cara mendapatkan teman baru

Fenomena kehilangan teman karena memilih pasangan sudah biasa terjadi. Akan tetapi, Anda tentu tak menginginkan hal ini juga terjadi pada Anda, kan?

Agar waktu antara pacar dan teman tetap seimbang, cobalah untuk mulai menentukan prioritas.

Pertama-tama, mungkin Anda bisa mulai membuat jadwal. Misalnya, dalam satu bulan Anda akan meluangkan waktu bersama teman-teman Anda setidaknya dua kali pada akhir pekan.

Sisanya, Anda bisa mengisinya dengan berkencan dengan pasangan atau beristirahat. Jika pada saat yang sama, pasangan dan teman Anda membuat janji, cobalah untuk melihat mana yang lebih dulu mengajak Anda dan apa agendanya.

Contohnya, pada hari Minggu pasangan Anda mengajak makan malam bersama keluarganya dan di saat yang bersamaan teman Anda minta ditemani pergi menonton.

Pada kasus ini, mungkin Anda bisa menjadikan pasangan Anda prioritas karena makan malam bersama keluarganya merupakan momen cukup penting.

Terdengar mudah, tetapi sulit untuk dilakukan karena perasaan tidak enak terkadang muncul saat membuat keputusan. Oleh karena itu, Anda harus tegas pada diri Anda sendiri. Mana yang harus diprioritaskan berdasarkan waktu dan alasannya.

2. Mengajak pasangan ikut bermain bersama

mengenalkan pacar ke sahabat

Mengikutsertakan pacar Anda untuk bermain bersama teman-teman Anda bukanlah pilihan yang buruk. Selain untuk mengenalkan teman dan sahabat Anda, pasangan Anda pun bisa memperluas koneksinya.

Hal ini dapat dilakukan ketika Anda berencana untuk pergi berlibur saat akhir pekan. Jika terasa sepi hanya berdua, mengajak teman-teman Anda pun dapat dilakukan, asalkan pasangan Anda sudah setuju.

Anda juga bisa mengajak pasangan Anda saat teman Anda mengadakan pesta ulang tahun atau pernikahan. Buat ia berbaur dengan lingkaran pergaulan Anda sehingga ia juga dapat lebih mengenal diri Anda.

3. Menjadwalkan kegiatan yang bisa dilakukan berbarengan

menghadapi sahabat naksir kita

Menurut American Psychological Association, salah satu ciri hubungan sehat adalah saling menghargai privasi masing-masing. Hanya karena Anda berada dalam sebuah hubungan, bukan berarti Anda berdua wajib melakukan semuanya bersama-sama.

Anda berdua tentu memiliki kehidupan sendiri, bahkan sebelum Anda berdua mengenal satu sama lain. Jika salah satu dari Anda berdua tidak dapat memenuhi privasi tersebut, akan sulit untuk membangun hubungan yang sehat.

Menghargai privasi tersebut dapat dilakukan dengan mengizinkan Anda bertemu dengan teman Anda (begitu juga sebaliknya). Setelahnya, Anda mungkin dapt pergi bersama dengan pasangan Anda.

Memang benar, jika dilakukan terlalu sering hal ini bisa jadi sangat melelahkan. Itu sebabnya, cobalah bijak dan kembali lagi, tentukan prioritas Anda.

Membagi waktu dengan pacar dan teman adalah salah satu tantangan yang wajib Anda lewati ketika berada di sebuah hubungan. Namun, di tengah kesulitan itu, bisa saja beberapa teman Anda mengerti bahwa prioritas Anda yang kini berubah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Happy couples: how to keep your relationship healthy https://www.apa.org/helpcenter/healthy-relationships accessed July 4, 2019. 

How to keep your friends and your significant other https://www.huffpost.com/entry/how-to-keep-your-friends_b_2947992 accessed July 4, 2019. 

Balancing time vs. apart https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-pleasures-sex/201212/balancing-time-together-vs-apart accessed July 4, 2019. 


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 27/07/2019
x