backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Tipe Kepribadian ESTJ, Sosok Pemimpin yang Terorganisasi

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 04/10/2023

Tipe Kepribadian ESTJ, Sosok Pemimpin yang Terorganisasi

Pernahkah Anda berinteraksi dengan orang yang mempunyai kepribadian ESTJ? Nah, mereka dikenal sebagai sosok pemimpin yang bisa diandalkan. Simak informasi tentang karakteristik hingga kelebihan dan kekurangan dari tipe kepribadian ini dalam artikel berikut!

Apa itu tipe kepribadian ESTJ?

ESTJ adalah tipe kepribadian berdasarkan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang terdiri dari extraversion (E), sensation (S), thinking (T), dan judging (J).

Orang dengan kepribadian ini cenderung menjadi individu yang sangat terorganisasi, berorientasi pada proses, dan dapat diandalkan.

Dengan karakteristik tersebut, tidak heran seorang ESTJ kerap dijadikan sebagai pemimpin. Hal ini berkebalikan orang bertipe kepribadian INFP yang kurang suka memimpin orang lain.

ESTJ adalah tipe kepribadian yang ekstrover. Itu artinya, mereka akan memperoleh energi saat menghabiskan banyak waktu dengan orang lain di sekitarnya.

Dalam mengambil keputusan, mereka cenderung mengandalkan bukti konkret dan mengambil pendekatan logis untuk menyelesaikan masalah dengan tepat.

Ciri-ciri orang dengan kepribadian ESTJ

pemimpin yang baik

Beberapa karakteristik seperti di bawah ini bisa Anda lihat untuk mengetahui apakah diri Anda ataupun orang lain memiliki tipe kepribadian ESTJ.

1. Terorganisasi

Orang dengan tipe personality ESTJ tergolong sangat terorganisasi. Mereka sangat merasa nyaman dengan menjaga rutinitas dan suka mengatur jadwal aktivitasnya dengan baik. 

Keteraturan memberikan mereka ketenangan. Hal ini membuat mereka bisa menjalani kegiatan sehari-hari dengan efisien dan tanpa kecemasan berlebihan.

2. Perhatian pada detail

ESTJ cenderung sangat memerhatikan detail. Dengan begitu, mereka menyukai tipe pekerjaan yang membutuhkan tingkat akurasi atau ketelitian tinggi.

Beberapa pekerjaan tersebut misalnya akuntan, dokter, teknisi, programmer, hingga supervisor.

Tidak hanya memahami pentingnya detail, mereka juga berkomitmen untuk memastikan bahwa semua pekerjaan berjalan dengan lancar dan hasilnya memuaskan.

3. Terikat pada tradisi dan aturan

Tipe kepribadian ini patuh kepada tradisi dan aturan yang telah ditetapkan. Itu sebabnya, ESTJ sangat dapat diandalkan dalam mengerjakan kewajibannya.

Namun, hal ini kerap kali membuat ESTJ dipandang sebagai pribadi yang kaku. Mereka sering merasa kewalahan saat menghadapi situasi yang tidak sesuai dengan rencana awal.

4. Berpikir logis

Seseorang dengan tipe personality ESTJ lebih suka mengumpulkan fakta serta melakukan analisis yang kuat daripada terpengaruh oleh emosi saat harus mengambil keputusan.

Kehati-hatian ini membuat mereka menjadi pengambil keputusan yang objektif dan logis. Meski begitu, mereka mungkin kesulitan saat menghadapi situasi yang membutuhkan kecepatan.

5. Senang bersosialisasi

Pada dasarnya, ESTJ adalah seseorang dengan kepribadian ekstrover. Mereka sangat senang bersosialisasi dan sering kali muncul sebagai sosok pemimpin dalam kelompoknya.

ESTJ cenderung sangat aktif berbicara, mampu berkolaborasi, serta selalu memastikan bahwa semua tugas pribadi dan kelompok telah terselesaikan dengan baik.

6. Tegas dan lugas

kecerdasan emosional di tempat kerja

Orang dengan kepribadian ini umumnya sangat tegas ketika berinteraksi. Mereka tidak ragu mengungkapkan pendapatnya dengan terbuka, bahkan bila itu dapat menimbulkan konfrontasi.

Sikap tegas dan lugas dari ESTJ mungkin dianggap sebagai kelebihan dalam beberapa situasi.

Namun, karakteristik ini bisa juga membuat mereka terlihat kurang sensitif terhadap perasaan orang lain bila tidak diimbangi dengan empati di dalamnya.

7. Sulit menerima perubahan

Karena keteraturan dan kepatuhannya terhadap aturan, orang-orang ESTJ umumnya mengalami kesulitan untuk menghadapi perubahan yang tiba-tiba.

Mereka mungkin juga enggan menerima ide baru yang tidak sesuai dengan pemikirannya. Hal ini tentu bisa membatasi peluang inovasi dan ruang untuk bertumbuh.

Tahukah Anda?

Menurut data PersonalityData.org, tipe kepribadian ESTJ mempunyai persentase paling besar, yakni dimiliki oleh 9,3% populasi umum. Hal ini berbanding terbalik dengan kepribadian INTJ yang langka dan hanya dimiliki oleh 4,1% populasi umum.

Kelebihan dan kekurangan kepribadian ESTJ

kepribadian ambivert

Setiap tipe kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari orang dengan kepribadian ESTJ.

Kelebihan kepribadian ESTJ

Apabila Anda memiliki teman atau rekan kerja dengan kepribadian ESTJ, mungkin Anda dapat merasakan beberapa kelebihan seperti berikut ini.

  • Dapat diandalkan sebagai sosok pemimpin yang baik dan efektif.
  • Memiliki ketegasan dalam mengambil keputusan dan menjalankan tugas.
  • Mampu merencanakan jadwal dengan sangat baik sehingga pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
  • Selalu siap siaga untuk membantu orang lain ketika menghadapi situasi sulit.

Kekurangan kepribadian ESTJ

Di sisi lain, Anda mungkin juga akan berhadapan dengan kekurangan tipe personality ESTJ seperti berikut ini.

  • Tidak pandai mengungkapkan perasaan terhadap orang lain.
  • Sulit beradaptasi dengan perubahan hidup yang tiba-tiba.
  • Kurang fleksibel untuk menerima ide baru yang mengarah ke inovasi yang lebih baik.
  • Terkadang terlalu kritis terhadap diri sendiri maupun orang lain.
  • Cenderung fokus pada fakta sehingga bisa kurang peka pada perasaan orang lain.

Namun, tidak semua orang dengan kepribadian ESTJ punya kelebihan dan kekurangan di atas. Perlu diingat bahwa kepribadian dan karakter manusia dipengaruhi oleh banyak faktor.

Pekerjaan yang cocok dengan kepribadian ESTJ

Salah satu manfaat mengenal tipe kepribadian adalah untuk menentukan jenis pekerjaan yang tepat sesuai dengan karakteristik pada diri Anda.

Melalui pembahasan di atas, diketahui bahwa tipe kepribadian ESTJ sangat mampu diandalkan sebagai sosok pemimpin yang tegas dan terorganisasi dalam pekerjaannya.

Dilansir dari Ball State University, beberapa contoh pekerjaan yang cocok untuk ESTJ meliputi:

  • akuntan,
  • teknisi,
  • pelatih olahraga,
  • manajer perbankan,
  • dokter,
  • dokter gigi,
  • apoteker,
  • agen asuransi,
  • hakim,
  • pengacara,
  • politikus,
  • polisi,
  • tentara,
  • guru, dan
  • spesialis hubungan masyarakat (humas).

Perlu diingat bahwa hingga saat ini belum ada studi yang memadai mengenai akurasi tes MBTI. Bahkan, Anda bisa saja mendapatkan hasil yang berbeda setiap kali mengikuti tes ini.

Maka dari itu, jangan menjadikan MBTI sebagai satu-satunya cara untukmenentukan kepribadian.

Apabila Anda belum mampu memahami karakteristik dan potensi dalam diri Anda, cobalah pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan orang yang ahli, misalnya psikolog.

Kesimpulan

  • Kepribadian ESTJ dalam tes MBTI terdiri atas extraversion (E), sensation (S), thinking (T), dan judging (P).
  • Orang dengan tipe kepribadian ini dikenal sebagai sosok pemimpin yang baik dan terorganisasi.
  • Namun, mereka juga dikenal sebagai pribadi yang terlalu kritis, kurang fleksibel, serta sulit menerima perubahan yang tiba-tiba.
  • Berbekal kemampuan ini, orang-orang ESTJ sangat cocok untuk bekerja di lingkungan yang butuh akurasi dan ketepatan tinggi, seperti akuntan, manajer, dan pengacara.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 04/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan