Mengenal Kepribadian INFP, Mulai dari Karakter Hingga Karir yang Cocok

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Anda tentu mengenal sosok Julia Roberts. Aktris yang memainkan peran ikonik dalam film Pretty Women ini dikenal memiliki tipe kepribadian INFP. Karir Julia disebut-sebut sesuai dengan kepribadian yang ia miliki. Lantas, apa sebenarnya karakteristik kepribadian INFP  dan karir apa saja yang sesuai? Untuk mengetahui lebih dalam, simak informasinya di sini.

INFP sebagai salah satu dari tes kepribadian MBTI

Kepribadian atau karakter INFP adalah satu dari 16 tipe kepribadian yang merupakan hasil dari tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Tes yang cukup populer di internet ini dirancang untuk mengidentifikasi tipe kepribadian, kekuatan, dan preferensi seseorang. Dengan melakukan tes ini, seseorang dapat lebih memahami kepribadiannya, sehingga bisa melihat kompetensi dan kemungkinan karir yang cocok di masa depan.

MBTI dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan ibunya, Katharine Briggs, berdasarkan teori tipe kepribadian yang dicetuskan oleh Carl G. Jung. Tes ini mengacu pada empat skala, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I)Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P). 

Berdasarkan acuan tersebut, tipe kepribadian Anda akan digambarkan dengan kode empat huruf, seperti INFP, ISFJ, ENTP, INFJ, dan lainnya. Adapun masing-masing kode memiliki penjelasan kepribadian yang berbeda-beda.

Kepribadian Seseorang Bisa Berubah, Benarkah?

Apa arti dari INFP?

INFP adalah singkatan dari introversion, intuition, feeling, dan perceiving. Introversion berarti orang dengan kepribadian ini memiliki sifat introvert atau yang lebih suka menghabiskan waktunya sendirian. Ia cenderung pendiam dan tertutup, serta lebih senang berinteraksi dengan orang tertentu yang dekat dengannya.

Adapun intuition berarti orang ini mengandalkan intuisi serta lebih fokus pada ide dan konsep, atau gambaran besar daripada detail kecil. Ia bisa sangat teliti pada hal-hal yang sedang dikerjakan, tetapi cenderung mengabaikan detail pada hal lainnya.

Intuisinya ini pun digunakan untuk terus mencari nilai dalam hidup dan membuat dunia menjadi lebih baik. Oleh karena itu, orang dengan kepribadian INFP sering mendapat julukan The Idealist karena sifat idealis dan perfeksionis yang dimilikinya dalam mencari nilai dan tujuan hidup tersebut.

Sementara itu, makna dari feeling berarti ia cenderung menggunakan perasaannya untuk membuat keputusan, daripada informasi yang objektif. Ia pun tidak menyukai konflik dan berusaha menghindarinya. Jika berada dalam konflik, ia cenderung lebih emosional daripada memikirkan hal yang rasional.

Namun, dengan perasaannya yang kuat tersebut, ia bisa menjadi mediator yang baik dan membantu orang-orang yang terlibat dalam konflik. Oleh karena itu, ia kerap mendapat julukan The Mediator atau The Healer.

Adapun perceiving artinya ia lebih suka bersikap spontan dan fleksibel. Artinya, ia bersikap terbuka dan fleksibel ketika membuat keputusan. Ia seringkali menunda pengambilan keputusan penting untuk berjaga-jaga jika ada perubahan situasi.

Dilansir dari Ball State University, seseorang dengan karakter INFP cukup banyak dimiliki oleh orang-orang di dunia. Setidaknya ada 4,4 persen dari total populasi di dunia yang memiliki kepribadian ini. Sementara yang terbanyak adalah ISFJ dengan persentase melebihi 12 persen.

Apa tanda-tanda orang yang memiliki karakter INFP?

menolong orang yang menyakiti diri

Seseorang dengan kepribadian INFP memiliki karakteristik yang khas, baik dari sisi positif dan negatif. Berikut adalah karakter positif atau kekuatan yang dimiliki oleh kepribadian INFP:

  • Bijaksana. Orang dengan kepribadian ini peduli, sensitif, dan tanggap terhadap perasaan orang lain. Ketika tindakannya dirasa melukai orang lain, ia akan menyesuaikannya. Ia juga menjadi pendengar yang baik, sehingga banyak orang merasa nyaman dengan ketulusannya.
  • Suka menolong. Orang dengan karakter ini cenderung menghargai kebutuhan orang lain dan suka membantu memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Altruistik. Ia tidak memikirkan diri sendiri. Namun, ia cenderung fokus untuk memperbaiki dan membuat dunia menjadi lebih baik, sambil mencari nilai hidupnya.
  • Setia dan berkomitmen. Ia bisa menjadi teman yang setia dan berempati tinggi karena perhatiannya kepada orang lain. Tak hanya itu, ia juga cenderung menginginkan hubungan yang langgeng dan seumur hidup.
  • Kreatif dan inspirasif. INFP merupakan orang yang kreatif. Ia seringkali melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda (out of the box), dan dengan kemampuan komunikasinya yang baik, ia bisa menginspirasi orang dengan idenya.
  • Fleksibel dan berpikiran terbuka. Ia bersedia mendengarkan serta mempertimbangkan banyak sisi dari suatu masalah sebelum membuat keputusan.

Kelemahan INFP

Di sisi lain, berikut adalah karakter negatif atau kelemahan yang dimiliki oleh kepribadian INFP:

  • Tertutup. Sifat introvert yang dimilikinya membuat ia cenderung pendiam dan tertutup dalam mengungkapkan perasaannya. Orang lain mungkin akan sulit mengetahui lebih dalam tentang dirinya karena cenderung setia pada lingkaran teman dekat.
  • Emosional. Karena terlalu memikirkan perasaan, ia bisa bereaksi sangat emosional bila menghadapi suatu konflik atau situasi lain yang membuatnya stres. Oleh karena itu, ia pun cenderung menghindari konflik.
  • Perfeksionis. Ia menerapkan standar yang tinggi pada setiap apa yang dilakukannya dan berupaya keras untuk mencapai standar tersebut. Kondisi ini justru membuat ia kurang menghargai kondisinya sendiri serta seringkali kecewa dan menyalahkan diri sendiri bila tujuannya tidak tercapai.
  • Sulit meninggalkan hubungan yang buruk. Ini karena sifatnya yang terlalu setia, sehingga sulit meninggalkan hubungan dengan orang lain, meski buruk sekalipun.

Pekerjaan atau kegiatan yang sesuai dengan kepribadian INFP

risiko kesehatan menjadi psikolog

Orang dengan kepribadian INFP biasanya berhasil dalam karir yang membuatnya dapat mengekspresikan kreativitas, tetapi tidak terlalu menekankan pada kerja tim. Sebagai contoh, fotografer, desainer grafis, atau seniman.

Namun, ia juga cocok memilih karir yang berorientasi pada layanan, yang memungkinkannya menggunakan rasa empati serta keterampilan komunikasi yang kuat. Beberapa kemungkinan karir yang cocok untuk INFP meliputi:

  • Seniman
  • Pustakawan
  • Psikolog
  • Terapis
  • Pekerja sosial
  • Penulis
  • Aktor
  • Arsitek
  • Konselor
  • Editor
  • Jurnalis
  • Mediator
  • Musisi
  • Guru

Kalkulator BMI

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Tipe Kepribadian Melankolis, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Ada empat tipe kepribadian jika dibedakan berdasarkan watak, salah satunya adalah melankolis. Apa yang membedakan tipe ini dengan yang lain?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Mental 26 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Serba-Serbi Membesarkan Anak Dengan Kepribadian Introvert

Cari tahu apa itu introvert, apa tanda-tandanya jika si kecil memiliki kepribadian introvert, dan apa yang perlu Anda lakukan sebagai orangtua.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Anak 6-9 tahun, Perkembangan Anak, Parenting 20 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Intip Ciri-Ciri Ambivert, dan Plus Minus Kepribadian Ini

Jika Anda bukan seorang introvert maupun ekstrovert, mungkin Anda adalah seorang ambivert. Seperti apa sih kepribadian ini?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Mental 14 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Mengenal Lebih Dekat Karakteristik dari Seorang Sosiopat

Sosiopat seringkali digambarkan sebagai penjahat yang senang menyiksa dan membunuh korban. Apakah stereotip tersebut benar adanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 14 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cari perhatian

Suka Cari Perhatian? Mungkin Ciri Kelainan Perilaku Histrionik

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
ENFP

Mengenal Kepribadian dan Profesi yang Sesuai untuk ENFP, Sang Komunikator yang Andal

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
kepribadian INTJ

Memahami Karakteristik Kepribadian INTJ, Termasuk Pekerjaan yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
ENTP

Mengenal Kepribadian ENTP, Ekstrovert Visioner yang Berjiwa Pemimpin

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 27 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit