home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenali Dakriosistitis, Infeksi Penyebab Sudut Dalam Mata Bengkak

Kenali Dakriosistitis, Infeksi Penyebab Sudut Dalam Mata Bengkak

Dakriosistitis adalah jenis infeksi yang menyerang saluran air mata. Hal ini ditandai dengan bengkak di daerah sudut dalam mata (yang dekat dengan hidung) dan air mata yang terus mengalir. Bengkak terjadi di daerah sudut dalam mata karena saluran keluar air mata terletak di daerah tersebut. Apa saja pemeriksaan yang akan dilakukan dan bagaimana cara mengobati sudut dalam mata bengkak? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Apa pemicu terjadinya dakriosistitis?

Infeksi yang membuat sudut dalam mata bengkak ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Ada yang penyebabnya cukup sepele dan ada juga yang mengkhawatirkan. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab dakriosistitis.

  • Bentuk dari saluran air mata. Bentuknya yang lebih sempit pada wanita menyebabkan wanita lebih rentan utuk menderita penyakit ini daripada pria.
  • Infeksi berulang pada mata dengan jumlah kotoran mata yang banyak.
  • Sumbatan pada saluran air mata oleh polip atau tumor.
  • Kurang menjaga kebersihan diri, terutama bagian mata atau tangan.

Mengenal gejala dan ciri-ciri infeksi saluran air mata

Terdapat beberapa gejala lain yang dapat timbul pada fase awal penyakit seperti demam dan juga rasa nyeri pada daerah sudut dalam mata. Pada fase yang lebih lanjut, bengkak dan kemerahan dapat menyebar ke kelopak mata bawah, bahkan hingga ke daerah pipi.

Sedangkan pada sebagian besar kasus yang tidak menjalani pengobatan akan terbentuk lubang di daerah sekitar bawah kelopak mata. Ini bisa terjadi akibat dari nanah yang tertahan.

Pemeriksaan apa saja yang perlu dilakukan?

Pemeriksaan dengan dokter spesialis mata secara umum saja sudah cukup untuk memastikan penyakit ini. Pemeriksaan lebih lanjut seperti dacryocystography baru akan dilakukan pada Anda yang menderita dakriosistitis berulang atau pada Anda yang dicurigai memiliki kelainan bentuk saluran air mata.

Melalui pemeriksaan ini dapat diketahui lokasi dan penyebab pasti sumbatan dengan cara menyuntikkan cairan khusus ke dalam rongga saluran air mata.

Bagaimana cara mengobati sudut dalam mata bengkak akibat infeksi?

Pengobatan sudut dalam mata bengkak akan dilakukan sesuai dengan kondisi Anda masing-masing. Berikut panduannya.

  • Fase kemerahan. Pada fase ini, Anda mungkin diresepkan antibiotik minum dan obat pereda nyeri. Anda juga bisa kompres hangat mata untuk meredakan gejala-gejalanya.
  • Fase bengkak (sudah mengandung nanah). Selain pemberian obat antibiotik, akan dilakukan operasi kecil untuk mengeluarkan nanah.
  • Fase penyembuhan. Saat kemerahan dan bengkak sudah hilang, akan dilakukan tindakan operasi untuk menutup daerah berlubang yang tadinya terisi oleh nanah. Tindakan ini perlu dilakukan untuk mencegah infeksi terjadi lagi.

Apa yang akan terjadi bila tidak diobati?

Jangan sepelekan infeksi saluran air mata yang bisa bikin sudut dalam mata bengkak. Pasalnya, hal-hal ini mungkin saja timbul sebagai komplikasi kalau kondisi ini tidak segera ditangani.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber
  1. Khurana AK. Comprehensive Ophthalmology. Anshan; 2008.
  2. Ophthalmology AAO 2014-2015 Basic and Clinical Science Course (BCSC): Section 7: Orbit, Eyelids, and Lacrimal System. MD HDS, editor. American Academy of Ophthalmology; 2014
  3. Dacryocystitis [Internet]. Demyelinating Optic Neuritis – EyeWiki. 2017 [cited 2018May21]. Available from: http://eyewiki.aao.org/Dacryocystitis
Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh dr. Laura Agnestasia Dj.
Tanggal diperbarui 18/07/2018
x