Penyebab Muncul Bintik-Bintik Cokelat (Freckles) di Mata, Plus Tanda-Tandanya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kemunculan bintik-bintik cokelat alias freckles di wajah adalah hal yang terbilang umum. Namun, ternyata freckles juga bisa muncul di bola mata. Kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara mengenali gejalanya?

Apa itu freckles mata?

gambar mata bagian mata

Freckles pada dasarnya adalah bintik yang mirip dengan tahi lalat. Kondisi ini muncul saat melanosit (pigmen pewarna pada kulit) berkumpul menjadi satu.

Pada mata, freckles disebut juga dengan nevus. Namun, kondisi ini bisa juga memiliki sebutan yang berbeda tergantung pada letaknya, seperti:

  • Nevus konjungtiva, berada di permukaan mata (bagian putih mata)
  • Nevus iris, berada di bagian mata yang berwarna
  • Nevus koroid, ada di bawah retina atau belakang mata

Kemunculan freckles di mata umumnya tidak berbahaya. Namun, kondisi ini juga bisa berkembang menjadi kanker mata. Oleh karenanya, kondisi ini perlu diawasi secara teratur oleh dokter.

Penyebab freckles di mata

lensa kacamata antisilau

Penyebab freckles di permukaan bola mata tidak diketahui secara pasti. Namun yang jelas nevus terdiri dari sel-sel melanosit. Sel ini menghasilkan pigmen yang memberi warna pada rambut, kulit, dan mata.

Biasanya melanosit tersebar merata di seluruh jaringan tubuh. Namun terkadang, sel ini juga dapat menggumpal dan membentuk nevi atau nevus.

Meski penyebab kemunculannya tidak diketahui, ada beberapa faktor yang diduga kuat menjadi pemicu kemunculan freckles di mata, seperti:

Ras

Nevus koroid khususnya, biasanya jauh lebih sering muncul pada orang kulit putih dibandingkan dengan kulit hitam. Namun, tidak diketahui secara pasti mengapa ras bisa memengaruhi kondisi ini.

Paparan sinar matahari

Sinar matahari diduga bisa meningkatkan peluang seseorang untuk terkena kondisi mata yang satu ini. Dilansir dari penelitian yang diterbitkan dalam Investigative Ophthalmology & Visual Science, ada sekitar 6 dari 10 orang yang memiliki kondisi ini. Artinya, kondisi ini cukup umum terjadi dan bukan kondisi yang langka.

Penelitian juga mengaitkan ada bahwa paparan sinar matahari bisa memunculkan bercak nevus iris baru pada seseorang. Namun, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan hal ini.

Tanda dan gejala freckles pada mata sesuai dengan tipenya

bintik kuning pada mata

Nevus konjungtiva

Bintik freckles biasanya muncul pada bagian mata yang berwarna putih tanpa disertai gejala lainnya. Warnanya berkisar dari mulai kekuningan hingga cokelat.

Bentuk dan warnanya cenderung stabil, artinya tidak berubah seiring dengan berjalannya waktu. Namun perubahan warna terkadang terjadi selama seseorang berada di masa pubertas dan kehamilan.

Nevus iris

Freckles di bagian iris terkadang cukup sulit dilihat dengan mata telanjang, terutama pada orang dengan iris yang gelap. Oleh karenanya, dokter akan melihat kondisi ini melalui tes mata.

Namun, dibandingkan dengan orang yang irisnya gelap, freckles jenis ini lebih sering muncul pada orang bermata biru atau terang. Biasanya nevus iris ditandai dengan kemunculan bintik cokelat gelap atau hitam muncul pada bagian mata yang berwarna.

Nevus koroid

Kondisi ini muncul di bagian dalam mata, tepatnya di bawah retina pada lapisan jaringan yang disebut koroid. Nevus koroid hanya dapat dilihat saat mata diperiksa. Biasanya freckles di bagian ini cenderung berwarna abu-abu, kuning, cokelat, atau banyak warna lainnya.

Freckles jenis ini umumnya tidak menimbulkan gejala lain. Namun jika sudah bermasalah, biasanya muncul cairan dari retina yang disertai dnegan pertumbuhan pembuluh darah abnormal. Bahkan, ada beberapa kasus di mana nevus koroid membuat seseorang mengalami kebutaan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mata Kering

Pemakai lensa kontak sudah biasa mengalami mata kering. Tapi tahukah bahwa penyebab mata kering Anda mungkin adalah pil KB yang Anda gunakan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Mata 22 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit

Punya Mata Silinder? Begini Cara Mengobatinya dengan Tepat

Seperti gangguan penglihatan lain, mata silinder juga dapat menganggu aktivitas Anda. Lantas, bagaimana cara mengobati mata silinder? Bisakah ini dicegah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Kesehatan Mata, Gangguan Penglihatan 22 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Mata Silinder (Astigmatisme)

Mata silinder (astigmatisme) bisa menyebabkan penglihatan menjadi buram. Ketahui gejala, penyebab, dan pengobatan dari kelainan refraksi mata ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Kesehatan Mata, Gangguan Penglihatan 22 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Ciri-Ciri Ada Cacing di Mata Anda dan Cara Mengobatinya

Cacing loa-loa adalah jenis cacing yang sering bersarang di mata Anda. Apa penyebab cacing di mata? Seperti apa gejala dan cara mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kedutan kelopak mata

Kelopak Mata Berkedut Tiba-tiba, Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit
menonton tv terlalu dekat

Benarkah Nonton TV Terlalu Dekat, Bisa Bikin Mata Anak Rusak?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
cara membaca resep kacamata

Begini Cara Membaca Resep Kacamata dari Dokter dan Optik Anda

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 23 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
mempertajam penglihatan mata

Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 23 Desember 2020 . Waktu baca 11 menit