home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Iridotomy, Prosedur Pencegahan Glaukoma Sudut Tertutup

Iridotomy, Prosedur Pencegahan Glaukoma Sudut Tertutup

Tahukah Anda mengenai prosedur iridotomy? Iridotomy adalah prosedur perawatan dan pencegahan untuk penyakit mata bernama glaukoma sudut tertutup. Salah satu tujuan tindakan medis ini adalah untuk mempertahankan kualitas penglihatan. Bagaimana langkah-langkah pelaksanaan dan apa saja risikonya? Simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Apa itu iridotomy?

Iridotomy atau iridotomi adalah prosedur penggunaan laser untuk membuat lubang di iris (bagian mata yang berwarna) sehingga cairan dapat keluar dari sudut mata dengan lebih mudah.

Nah, laser iridotomi umumnya digunakan untuk pasien yang memiliki risiko glaukoma sudut tertutup akut.

Glaukoma sudut tertutup ini adalah kondisi ketika sudut (ruang antara kornea dan iris) tertutup di sebagian besar area dan mengakibatkan peningkatan tekanan pada mata.

glaukoma

Kondisi ini kemudian dapat menyebabkan kerusakan saraf optik dan peningkatan risiko kehilangan penglihatan.

Selain itu, prosedur iridotomy juga bisa dilakukan pada orang yang mengidap glaukoma sudut tertutup kronis atau glaukoma sudut sempit. Prosedur ini tergolong aman dan minim risiko.

Kapan saya membutuhkan prosedur ini?

Prosedur iridotomy direkomendasikan pada mata yang memiliki sudut tertutup setidaknya setengah mata dan mengidap glaukoma.

Pada mata yang memiliki sudut mata tertutup tetapi tekanan mata normal, prosedur ini bisa dijadikan sebagai upaya pencegahan kerusakan mata yang lebih lanjut.

Apa yang perlu saya persiapkan sebelum iridotomy?

Tidak ada persiapan khusus yang diperlukan sebelum menjalani iridotomy. Namun, dokter akan memberi tahu Anda jika ada instruksi tertentu.

Sebelum menjalani iridotomy, Anda mungkin juga sudah menjalani serangkaian pemeriksaan, termasuk tes penglihatan dan tes sudut mata (gonioscopy).

Apa yang terjadi selama iridotomi?

Prosedur ini biasanya memakan waktu selama 5-10 menit. Anda mungkin akan merasa sedikit sakit atau tidak nyaman.

Dikutip dari Manchester Royal Eye Hospital, iridotomi dimulai dengan petugas kesehatan mengetes penglihatan Anda, kemudian meneteskan obat mata supaya pupil mengecil.

Obat tetes tersebut digunakan untuk mencegah peningkatan tekanan di dalam mata. Efek obat tetes mata tersebut akan tampak dalam waktu sekitar satu jam.

obat tetes mata

Dokter kemudian akan meminta Anda menandatangani persetujuan dan menjawab pertanyaan yang mungkin ingin Anda ajukan.

Setelah itu, berikut langkah-langkah yang akan Anda hadapi dalam prosedur iridotomy.

  1. Dokter akan memberikan anestesi untuk membuat permukaan mata Anda mati rasa.
  2. Anda akan diminta duduk di depan mesin laser yang mirip dengan mikroskop, kemudian lensa khusus akan ditempatkan di permukaan mata Anda.
  3. Dokter mulai melakukan iridotomy menggunakan laser. Saat itu, Anda akan mendengar bunyi bising.
  4. Setelah prosedur laser dilakukan, Anda akan diberikan obat tetes untuk mengurangi peradangan.

Apa yang terjadi setelah iridotomy?

Setelah prosedur iridotomy selesai, penglihatan Anda mungkin akan buram selama beberapa jam, tetapi itu akan hilang dengan segera.

Jika khawatir penglihatan Anda tidak kembali seperti semula, segera hubungi dokter. Ada baiknya, hindari menyetir sendirian ke rumah sakit karena Anda mungkin akan tidak fokus.

Glaucoma Research Foundation menyebutkan bahwa mata Anda mungkin akan tampak sedikit merah, lebih sensitif terhadap cahaya, dan tidak nyaman.

Sakit kepala ringan juga mungkin Anda rasakan karena efek dari obat mata yang diberikan sebelum prosedur laser dilakukan.

Selanjutnya, tekanan pada mata Anda akan diperiksa sekitar satu jam setelah perawatan selesai sebelum Anda pulang. Dokter pun akan memberikan resep obat tetes untuk Anda gunakan di rumah.

Apa risiko yang mungkin terjadi akibat iridotomi?

Prosedur iridotomi biasanya selalu sukses dan minim risiko. Namun, Anda tetap perlu waspada tentang kemungkinan kecil yang bisa terjadi akibat tindakan medis ini.

Risiko iridotomy yang mungkin terjadi di antaranya:

  • peningkatan tekanan mata,
  • perdarahan lokasi laser,
  • peradangan,
  • penutupan iridotomi, serta
  • penglihatan ganda.

Lubang kecil di iris Anda biasanya tersembunyi di bawah kelopak mata atas dan tidak dapat terlihat dengan mata telanjang.

Terkadang, hal itu bisa menyebabkan silau atau masalah lainnya. Pada kasus yang jarang terjadi, sudut mungkin tidak berhasil terbuka.

Jika hal itu terjadi, Anda mungkin membutuhkan prosedur lanjutan, perawatan medis, atau operasi lainnya.

Ingatlah bahwa prosedur ini tidak akan memperbaiki penglihatan Anda yang sudah rusak.

Iridotomy dilakukan untuk mempertahankan penglihatan dan mencegah glaukoma muncul atau berkembang.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Laser Iridotomy: Frequently Asked Questions. (2021). Retrieved 9 July 2021, from https://www.glaucoma.org/treatment/laser-iridotomy-10-commonly-asked-questions.php

Side Effects of Laser Iridotomy. (2018). Retrieved 9 July 2021, from https://www.brightfocus.org/glaucoma/article/side-effects-laser-iridotomy

Temporal laser peripheral iridotomy. (2021). Retrieved 9 July 2021, from https://webeye.ophth.uiowa.edu/eyeforum/atlas/pages/Temporal-LPI/index.htm

Laser Iridotomy Treatment | Calgary Retina Consultants. (2021). Retrieved 9 July 2021, from https://www.calgaryretina.ca/retina-surgery/laser-iridotomy-treatment/index.html

Laser Iridotomy. (2021). Retrieved 9 July 2021, from https://mft.nhs.uk/app/uploads/sites/2/2018/04/REH-127.pdf

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fajarina Nurin Diperbarui 27/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.