Umumnya ketika Anda merasa tidak enak badan, dokter ataupun orang terdekat akan menganjurkan berbagai hal dan pantangan saat demam. Salah satu pantangan yang harus diperhatikan adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi. Kira-kira, apa saja makanan yang harus dihindari agar demam tidak tambah parah?

Makanan dan minuman pantangan saat demam

1. Minuman berenergi

Sebagian besar minuman pembangkit energi pasti mengandung gula tambahan, yang berfungsi sebagai energi bagi para atlet. Tapi saat demam, kandungan gula tersebut juga menyebabkan peradangan pada sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, baiknya hindari minuman yang mengandung gula tinggi. Baiknya konsumsi cairan mineral melalui air, buah sayur dan sup hangat guna menghindari demam jadi tidak semakin parah.

2. Roti tawar

Roti tawar merupakan salah satu makanan yang mudah untuk menaikkan kadar gula dalam darah. Mengapa harus menghindari roti tawar saat demam? Saat sedang demam, tubuh akan menaikkan tingkat peradangannya jika tubuh mengasup makanan mengandung gula. Selain itu roti tawar juga meningkatkan molekul tubuh yang bernama sitokin untuk keluar lebih banyak.

3. Es krim

Saat demam kadang lidah ingin merasakan berbagai makanan untuk mengembalikan mood diri. Tidak jarang juga es krim menjadi salah satu sasaran makanan yang diidam-idamkan saat demam. Sayangnya, kombinasi lemak padat dan gula dalam es krim tidak sebanding dengan rasa sejuk dan menenangkan di tenggorokan Anda.

Lalu, kombinasi dari peradangan tubuh dan rasa dingin ini akan membuat sistem kekebalan tubuh makin terbebani. Sebagai gantinya, coba makan yoghurt polos rendah lemak ditambah dengan buah segar untuk memuaskan selera makan makanan manis saat demam.

4. Permen

Makan permen saat demam hanya akan merangsang peradangan dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa gula mengurangi efektivitas sel darah putih dengan mengurangi kemampuan mereka untuk menghancurkan sel bakteri di tubuh. Sementara itu kalau makan permen saat flu atau pilek bisa membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi bakteri lainnya.

5. Makanan yang digoreng

Salah satu makanan pantangan saat demam ini memang susah ditolak bagi kebanyakan orang. Ya, makanan yang digoreng seperti aneka gorengan, ayam goreng, telur goreng dan lainnya memang enak. Tapi sayangnya di situlah sebagian besar lemak jenuh padat berada.

Menurut sebuah makalah tinjauan tahun 2014 dari National Institutes of Health, lemak jenuh yang berlebihan dapat membingungkan pertahanan penting dalam sistem kekebalan tubuh, yang disebut DPT. Kebingungan ini dapat menyebabkan peradangan, yang menekan sistem kekebalan tubuh berlebih, sehingga sulit untuk tubuh melawan virus penyebab infeksi.

6. Daging

Daging meskipun mengandung protein dan seng, tapi daging menjadi salah satu pantangan demam yang harus dihindari. Pasalnya, daging yang berlemak bisa meningkatkan peradangan dan menekan sistem kekebalan tubuh. Sebagai gantinya, pilihlah makanan laut atau sup ayam tradisional untuk menggantikan daging dan tubuh bisa tetap memperoleh protein dan seng.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca