Mimpi Basah

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/01/2020
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu mimpi basah?

Mimpi basah atau emisi nokturnal adalah pengeluaran sperma atau ejakulasi saat Anda tidur di malam hari. 

Emisi nokturnal terutama terjadi saat Anda mengalami mimpi mengenai hubungan seks saat sedang tidur, tidak akan terjadi masturbasi dan Anda mungkin bahkan tidak akan mengingat mimpi tersebut. 

Kebanyakan emisi nokturnal terjadi pada remaja laki-laki dan pria muda, dan terkadang juga terjadi saat beranjak dewasa atau mulai pube. Terkadang, laki-laki terbangun ketika mimpi basah, tapi terkadang pula tidak. 

Kondisi ini mulai saat pubertas ketika tubuh mulai memproduksi testosteron lebih banyak. Beberapa remaja laki-laki merasa malu atau bahkan cemas. Namun, kondisi tersebut normal terjadi dan merupakan bagian dari pertumbuhan. 

Studi respon fisiologi terhadap mimpi basah sulit dilakukan karena orang yang mengalami emisi nokturnal biasanya tidak terbangun dan tidak bisa mengingat apa yang terjadi. 

Seberapa seringnya seseorang mengalami emisi nokturnal sangat tergantung pada individu masing-masing. Seseorang mungkin:

  • Tidak pernah mengalaminya
  • Hanya mengalami saat masa remaja
  • Sering mengalami saat remaja, tetapi tidak saat dewasa
  • Rutin mengalaminya di sepanjang hidup mereka. 

Apa saja hal yang perlu saya perhatikan soal mimpi basah?

Informasi soal mimpi basah sulit didapat karena tidak banyak orang ditanyai soal hal tersebut. Dikutip dari Psychology Today, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal mimpi basah, yaitu:

  • Kebanyakan emisi nokturnal adalah normal, umum, dan tidak termasuk penyimpangan seksual. 
  • Masturbasi mungkin dapat menurunkan frekuensi atau menyetop emisi nokturnal. Jika Anda ingin merasakan mimpi basah, berhentilah masturbasi. 
  • Hanya karena seseorang mimpi tentang berhubungan seksual dengan bayi, sepupu, atau adik, bukan berarti mereka mengidap pedofilia, inses, bestialitas, homoseksualitas, heteroseksualitas, atau eksibisionisme
  • Tidak perlu merasa bersalah, malu, atau berdosa karena mengalami emisi nokturnal. 
  • Nikmati kondisi tersebut selagi bisa, karena kecenderungan emisi nokturnal akan berkurang seiring dengan kematangan dan aktivitas seksual.  

Apa saja mitos dan fakta seputar mimpi basah?

Berikut daftar mitos dan fakta seputar kondisi tersebut:

Mimpi basah tidak mengurangi jumlah sperma

Emisi nokturnal merupakan cara bagi testis untuk mengeluarkan sperma yang lebih tua dan membantu pembentukan alami sperma sehat yang baru di dalam tubuh. 

Emisi nokturnal tidak mengurangi sistem kekebalan tubuh seseorang

Emisi nokturnal dapat membantu mengurangi kelebihan sperma di testis, yang merupakan fungsi sehat untuk sistem reproduksi laki-laki.

Emisi nokturnal bukan tanda sebuah penyakit

Emisi nokturnal adalah kejadian normal dan mungkin merupakan tanda fungsi seksual yang sehat. 

Emisi nokturnal tidak akan mengecilkan ukuran penis

Tidak ada bukti ilmiah soal mitos bahwa emisi nokturnal dapat mengecilkan ukuran penis. 

Tidak ada penyakit, kondisi, atau proses alami yang akan menyebabkan organ reproduksi laki-laki mengecil. 

Seberapa umumkah mimpi basah?

Mimpi basah sangatlah umum terjadi,  pada remaja laki-laki dan pria muda. Mimpi basah dapat mengenai pasien pada usia berapa pun. Tidak ada usia yang tepat untuk mengalami kondisi ini, tapi biasanya terjadi saat pubertas, yaitu 9-13 tahun.   

Kondisi tersebut bisa saja terjadi di sepanjang hidup setelah pubertas. Namun, kondisi tersebut lebih umum terjadi pada masa remaja atau periode pantang seksual. 

Diperkirakan bahwa 38% anak laki-laki remaja mengalami mimpi basah sebelum mengetahui definisi kondisi tersebut. 

Remaja laki-laki sangat wajar sering mengalami mimpi basah, tapi tidak untuk laki-laki dewasa. Namun, itu bukan berarti pertanda buruk juga. 

Ketika Anda menua, kadar hormon akan berkurang, yang akan memengaruhi seberapa sering Anda mimpi basah. Namun, itu bukan berarti Anda tidak akan mengalaminya ketika dewasa. 

Jika Anda khawatir karena merasa terlalu sering mimpi basah, diskusikan pada dokter tentang kemungkinan yang mungkin terjadi. Jika tidak terjadi apa-apa, tapi Anda tetap khawatir, Anda bisa menghubungi konselor. 

Hal ini dapat dikendalikan dengan mengurangi faktor risiko Anda. Diskusikanlah dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Apakah perempuan juga bisa mengalami mimpi basah?

Banyak yang beranggapan bahwa mimpi basah hanya bisa terjadi pada laki-laki. Namun faktanya, perempuan juga mengalami emisi nokturnal dan itu umum terjadi.

Meskipun perempuan tidak dapat berejakulasi, mereka dapat mengalami orgasme pada saat bermimpi. Meskipun begitu, perempuan tidak mengalami mimpi syur sesering yang dialami laki-laki.

Nyatanya, penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar perempuan mengalami orgasme tidur pertamanya sebelum mereka berusia 21 tahun. 

Dikutip dari Healthline, perempuan tidak selalu orgasme saat mimpi basah. Laki-laki mengetahui mereka orgasme saat tidur karena ada bekas pada pakaian atau tempat tidur mereka. 

Namun, untuk perempuan, keberadaan cairan vagina tidak selalu berarti Anda sedang orgasme. Sebaliknya, sekresi bisa berarti Anda terangsang secara seksual tanpa mencapai orgasme. 

Dikutip dari International Society for Sexual Medicine,  seorang peneliti seks, Alfred Kinsey, pada 1953 menemukan bahwa 70% perempuan pernah bermimpi erotis dalam masa hidupnya. 

Pada usia 45 tahun, 37% perempuan dalam kelompok studinya memiliki mimpi erotis atau seksual yang menyebabkan mereka orgasme. Para perempuan yang mengalami emisi nokturnal cenderung mengalaminya sekitar tiga atau empat kali setahun. 

Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala mimpi basah?

Gejala umum dari emisi nokturnal adalah noda basah dan lengket pada pakaian dalam, yang ditemukan di pagi harinya. Anda mungkin tidak akan ingat apa yang telah Anda mimpikan.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran akan gejala tertentu, konsultasikanlah pada dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter jika mengalami satupun dari berikut:

  • emisi nokturnal yang berlebihan
  • masalah psikologis
  • masalah fisik
  • kelelahan, keletihan

Penyebab

Apa penyebab mimpi basah?

Mimpi basah dikendalikan oleh hormon pria yang disebut testosteron, yang diproduksi pada masa pubertas. Sebagai hasil dari produksi testosteron, penis Anda dapat melepaskan sperma. 

Ini berarti Anda akan mampu membuahi telur jika Anda memutuskan untuk memiliki bayi di masa depan. Mimpi basah terjadi saat Anda mengalami mimpi yang merangsang secara seksual saat sedang tidur. Hampir semua pria mengalami setidaknya satu mimpi basah sepanjang hidup mereka.

Apa yang terjadi dalam mimpi basah belum tentu mencerminkan pengalaman yang terjadi pada siang hari. Sifat seksual dari mimpi juga tidak selalu mencerminkan keinginan, atau mungkin tidak sesuai hasrat pada siang hari. 

Mimpi basah terjadi secara normal tanpa penyebab yang jelas. Dikutip dari Very Well Health, ada beberapa hubungan antara peningkatan frekuensi mimpi basah dan kurangnya aktivitas seksual atau masturbasi dengan orgasme. 

Apakah mimpi basah berhubungan dengan mimpi erotis?

Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa mimpi basah berhubungan langsung dengan mimpi erotis atau sejenisnya. Tidak jelas apakah kondisi itu dapat dikaitkan dengan keinginan atau kebutuhan seksual yang tidak terpenuhi. 

Fakta bahwa Anda akan semakin sering mimpi basah ketika tidak aktif dalam kegiatan seksual juga sulit untuk dibuktikan. 

Tidak semua remaja laki-laki atau pria muda mengalami mimpi basah. Jika tidak terbangun atau tanpa ejakulasi, mereka mungkin tidak akan sadar. Untuk alasan yang sama terkait bukti fisik, perempuan mungkin juga tidak menyadari fenomena tersebut. 

Dikutip dari Healthline, mimpi erotis tidak selalu membuat Anda orgasme pada saat tidur. Anda juga tidak selalu mimpi basah karena mimpi erotis. 

Anda mungkin bermimpi tentang sesuatu yang erotis, tapi bukan berarti Anda akan berakhir dengan mengalami orgasme. Begitu juga dengan mimpi erotis yang membuat Anda mencapai klimaks, tetapi tidak menyebabkan Anda mengalami ejakulasi. 

Tekanan atau sensasi alas tidur pada alat kelamin Anda juga dapat memicu orgasme. Itu semua tergantung pada apa yang tubuh Anda rasakan. 

Frekuensi mimpi basah sangat bervariasi dan mungkin dikaitkan dengan seberapa lama seseorang tidak aktif melakukan kegiatan seksual. 

Apa yang meningkatkan risiko mimpi basah?

Seorang remaja laki-laki berusia 9-19 tahun, biasanya selama tidur REM (rapid eye movement).

Studi Alfred Kinsley juga menunjukkan seorang remaja lajang berusia 15 tahun akan mengalami emisi nokturnal setiap tiga minggu. Sementara itu, laki-laki menikah berusia 40 tahun mengalami hal tersebut setiap dua bulan sekali. 

Meskipun banyak pria tidak sering mengalami mimpi basah setelah masa remaja, beberapa pria terus mengalaminya sampai menjadi dewasa.

Diagnosis

Bagaimana mimpi basah didiagnosis?

Dokter mungkin akan menanyakan mengenai kesehatan Anda, tanda-tanda yang Anda alami, dan melakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan kondisi kesehatan ini.

Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Apa saja pengobatan atau pencegahan untuk mimpi basah?

Emisi nokturnal selama pubertas merupakan tanda yang sangatlah normal bahwa sistem reproduksi Anda berfungsi dengan baik. Mimpi basah merupakan bagian normal dari tumbuh dewasa. Tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan atau menghentikan emisi nokturnal.

Beberapa pria mengalami emisi nokturnal beberapa kali dalam seminggu. Yang lain mungkin hanya mengalami emisi nokturnal beberapa kali dalam sepanjang hidup mereka. 

Setelah Anda mulai melepaskan sperma melalui masturbasi atau melakukan hubungan seks dengan pasangan, Anda bisa saja mengalami lebih sedikit mimpi basah. 

Jika Anda merasa emisi nokturnal adalah hal yang memalukan dan membuat Anda tak nyaman, Anda mungkin dapat melakukan metode di bawah ini. Namun, keberhasilan menghentikan kondisi tersebut tidak dapat terjamin. 

Masturbasi atau berhubungan seks lebih sering

Walaupun masturbasi dapat mengurangi frekuensi mimpi basah yang dialami, itu tidak menjamin bisa menyetopnya secara keseluruhan. 

Tidak ada bukti yang menghubungkan masturbasi dan emisi nokturnal, tapi seseorang dapat bereksperimen untuk melihat apakah hal itu benar-benar dapat membantu mereka. 

Cobalah masturbasi sebelum tidur selama seminggu atau lebih, diikuti dengan waktu yang sama tanpa melakukan masturbasi. Cara itu untuk melihat apakah ada perbedaan dalam frekuensi emisi nokturnal. 

Mengurangi kontak dengan alat kelamin

Mengurangi kontak dengan alat kelamin dapat dilakukan dengan tidur miring ke samping atau terlentang. Hindari tidur tengkurap juga dapat membantu. 

Obat-obatan 

Dalam kasus yang langka, emisi nokturnal bisa menjadi menyusahkan. Obat-obatan, seperti antidepresan, mungkin digunakan untuk mengurangi frekuensi kondisi tersebut. 

Obat-obatan tersebut juga dapat menekan ejakulasi selama Anda tidur. 

Cara lain

Beberapa cara lain yang disebutkan oleh Medical News Today, yaitu meditasi atau latihan teknik relaksasi sebelum tidur serta diskusi tentang mimpi dengan psikolog atau konselor. 

Seseorang yang mengalami emisi nokturnal perlu mengetahui bahwa kejadian tersebut sangat alami dan klimaks saat tidur adalah reaksi yang tidak disengaja dan tidak dapat dicegah. 

Mengalami emisi nokturnal bukan tanda bahwa seseorang tidak mendapatkan seks yang cukup atau tidak bahagia dengan kehidupan seksnya bersama pasangan. 

Seseorang yang mengalami emisi nokturnal rutin saat dewasa dianjurkan terbuka dan merasa nyaman berdiskusi dengan pasangan mereka. Hal ini dapat mengurangi risiko kecemasan dan rasa malu terhadap apapun. 

Jika Anda mengalami emisi nokturnal berlebihan yang berulang lebih dari tiga kali dalam periode tujuh hari, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan hormon, produksi sperma abnormal. Masalah ini harus diobati oleh dokter.

Tergantung pada masalahnya Anda bisa berkonsultasi dengan spesialis lain, seperti ahli urologi atau ginekolog. Pemeriksaan lebih lanjut mungkin diperlukan. Ini mungkin memberikan ketenangan dan istirahat yang lebih baik. 

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan di rumah yang dapat dilakukan untuk mengatasi mimpi basah?

Perubahan gaya hidup dan pengobatan di rumah berikut dapat membantu Anda mengatasi mimpi basah:

Santailah

Jangan merasa stres atau bersalah. Emisi nokturnal terkadang bisa saja terjadi sampai dewasa. Jika Anda merasa tidak nyaman karena mengalami mimpi basah, bicaralah pada orang dewasa yang Anda percaya—orang tua, konselor sekolah, dokter Anda.

Membicarakan mengenai masalah tersebut adalah cara terbaik untuk membuat Anda merasa lebih nyaman mengenai bagian alami dari pertumbuhan Anda ini.

Bersihkan penis

Bersihkanlah penis dan testis Anda dengan air dan sabun, termasuk daerah di bawah kulup jika Anda tidak disunat.

Makan makanan bergizi

Tingkatkanlah asupan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral untuk keuntungan sistem reproduktif. 

Makanlah bawang putih untuk memperkuat organ reproduksi. Selain itu, makan almond untuk meningkatkan masalah kelemahan mental, misalnya, pelupa.

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter untuk memahami solusi terbaik untuk Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Rutin Berhubungan Seks Bisa Memperlambat Datangnya Menopause

    Menurut penelitian, lebih sering berhubungan seks bisa membantu perempuan memperlambat datangnya masa menopause. Bagaimana penjelasannya?

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha

    Berbagai Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Melakukan Aborsi Sendiri

    Tahukah Anda, bahwa melakukan aborsi sendiri dapat menyebabkan munculnya penyakit ganas pada sang ibu? Itulah penyebab utama dari kematian ibu di dunia.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Adinda Rudystina
    Melahirkan, Kehamilan 01/04/2020

    Membandingkan Kecepatan Sperma saat Dikeluarkan di Dalam Tubuh dan Air

    Siapa sangka kecepatan sperma ketika berhubungan seks dengan saat ejakulasi di luar tubuh ternyata berbeda. Simak faktanya di sini!

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi

    Setelah Bertengkar Hebat, Dapatkah Seks Menyelesaikan Masalah?

    Benarkah melakukan hubungan suami-istri setelah bertengkar itu termasuk seks terbaik? Lalu apakah masalahnya terselesaikan? Temukan jawabannya di sini!

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki

    Direkomendasikan untuk Anda

    cara membersihkan vibrato mainan seks sex toys

    Begini Cara yang Benar Membersihkan Vibrator

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020
    puasa pengaruhi kesuburan

    Apakah Puasa Memengaruhi Kesuburan untuk Hamil?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
    Dipublikasikan tanggal: 29/04/2020
    efek samping pakai vibrator terlalu sering

    Kalau Terlalu Sering Pakai Vibrator, Apa Efek Samping yang Ditimbulkan?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020
    mencegah mimpi basah saat puasa

    3 Cara Jitu Mencegah Mimpi Basah Saat Puasa

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020