Hemangioma

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Definisi

Apa itu hemangioma?

Hemangioma adalah tumor jinak yang disebabkan oleh pertumbuhan pembuluh darah. yang tidak normal. Umumnya, kondisi ini merupakan bawaan lahir yang berupa benjolan merah atau sering disebut juga strawberry mark.

Benjolan dapat muncul pada bagian tubuh mana pun, tapi biasanya sering ditemukan pada kulit kepala, wajah, dada, atau punggung, dengan ukuran yang berbeda-beda pada setiap orang.

Benjolan ini biasanya timbul saat bayi masih berada dalam kandungan atau ketika bayi berusia beberapa minggu, dan menghilang dengan sendirinya saat bertumbuh dewasa.

Seberapa umumkah hemangioma?

Hemangioma adalah kondisi yang sangat umum terjadi dan sering ditemukan pada pasien dengan usia berapapun, tapi biasanya muncul pada masa awal kelahiran bayi.

Sebanyak sepertiga kasus menunjukkan bahwa benjolan mulai terlihat sejak bayi lahir. Pada beberapa kasus lainnya, benjolan tidak langsung muncul saat bayi lahir, tetapi kemudian akan terlihat saat usia bayi memasuki empat hingga enam minggu.

Apakah hemangioma berbahaya?

Kondisi ini biasanya tidak berbahaya dan akan menghilang secara perlahan seiring dengan bertambahnya usia pasien. Benjolan yang ditimbulkan dari hemangioma pun tidak mengandung sel yang berpotensi menjadi kanker.

Perawatan secara medis umumnya tidak diperlukan, tapi pada beberapa kasus di mana benjolan menimbulkan masalah seperti gangguan penglihatan, pernapasan, dan pencernaan, maka pasien membutuhkan penanganan yang serius.

Jenis

Apa saja jenis-jenis hemangioma?

Kondisi yang disebut dnegan strawberry mark ini terbentuk akibat pertumbuhan pembuluh darah yang tidak normal dan menimbulkan benjolan. Terdapat beberapa tipe dan karakteristik, yang paling sering ditemukan adalah sebagai berikut:

Hemangioma kapiler

Ini adalah tipe yang paling banyak terjadi. Tipe kapiler terbentuk dari kumpulan pembuluh darah terkecil (kapiler) dan disatukan oleh jaringan-jaringan ikat yang tipis. Umumnya, jenis yang satu ini terlihat menonjol dan berwarna merah cerah karena letaknya yang dekat dengan permukaan kulit.

Hemangioma kavernosa

Berbeda dengan kapiler, jenis kavernosa terbentuk dari pembuluh darah yang lebih besar dan lebar. Ketika pertama kali muncul, bentuknya terlihat seperti biru lebam di bawah kulit karena letaknya yang lebih dalam. Ukuran dan letaknya di tubuh pun bervariasi.

Hemangioma campuran

Dalam beberapa kasus, ada benjolan yang merupakan campuran dari tipe kapiler dan kavernosa.

Hemangioma kapiler lobular (granuloma piogenik)

Bentuknya sedikit berbeda dengan tipe-tipe lainnya. Tipe yang satu ini berupa benjolan-benjolan kecil berwarna merah yang biasanya muncul di tangan, lengan, dan wajah. Oleh karena terdapat pembuluh darah yang banyak di benjolannya, jenis kapiler lobular lebih mudah berdarah dibanding jenis lainnya.

Jenis yang satu ini juga kadang disebut sebagai “tumor kehamilan” karena biasanya muncul pada masa kehamilan.

Hemangioma pada bayi

Hemangioma merupakan kondisi yang paling sering terjadi pada bayi. Umumnya, benjolan sudah terlihat sejak bayi baru lahir, tapi sering kali benjolan baru muncul pada saat bayi berusia beberapa minggu atau bulan. Jenis yang paling sering dialami bayi baru lahir adalah kapiler, walaupun jenis kavernosa dan campuran juga ditemukan di beberapa kasus.

Benjolan pada kulit bayi biasanya bertambah besar dengan cepat pada satu tahun pertama, lalu kemudian akan mengecil dengan sendirinya. Waktu yang diperlukan mulai dari muncul hingga mengecilnya benjolan pada bayi berbeda-beda, namun biasanya benjolan akan berhenti mengecil ketika anak sudah memasuki masa pubertas.

Hemangioma pada otot, tulang, dan organ dalam

Benjolan hemangioma tidak hanya muncul pada kulit. Dalam beberapa kasus, kondisi ini juga dapat terjadi di bagian tubuh lainnya, termasuk otot, tulang, dan organ dalam.

  • Hemangioma intramuskular

Jenis yang satu ini berkembang di jaringan-jaringan otot, dan biasanya berupa hemangioma kapiler. Karena terletak di bagian otot, kadang benjolan akan terasa sakit dan membutuhkan penanganan khusus.

  • Hemangioma tulang

Umumnya terdapat di tulang belakang atau rangka kepala, dan sering terjadi pada pasien berusia 50 hingga 70 tahun. Jenis yang paling sering dijumpai di hemangioma tulang adalah kapiler dan kavernosa.

  • Hemangioma organ dalam

Walaupun sangat jarang terjadi, hemangioma juga dapat berkembang di organ dalam tubuh, seperti hati dan usus.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala hemangioma?

Hemangioma biasanya muncul pada bayi. Terdapat area berwarna merah pada kulit, biasanya pada wajah, dada, atau punggung. Seiring berjalannya waktu, bekas kemerahan akan berkembang cepat menjadi benjolan pada kulit.

Benjolan ini terasa lembut dan tidak sakit saat disentuh, namun hemangioma dengan jenis lain memiliki tanda-tanda yang berbeda pula. Jenis kavernosa terlihat seperti bekas memar biru di dalam kulit, sedangkan kapiler lobular berupa benjolan tipis yang lebih mudah terluka. Kondisi ini biasanya akan menghilang sejalan dengan bertambahnya usia.

Pada keadaan-keadaan tertentu di mana benjolan tumbuh di organ dalam tubuh, terdapat tanda-tanda dan gejala yang meliputi:

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Apakah hemangioma dapat membesar?

Ukuran benjolan sangat beragam pada setiap kasus, namun biasanya akan bertambah besar dan kemudian mengecil dengan sendirinya, terutama pada kasus hemangioma pada bayi. Berikut adalah fase pertumbuhannya yang paling sering ditemui:

  • Pada rentang usia 0 sampai 12 bulan, benjolan akan bertambah besar secara cepat. Teksturnya lebih menonjol dan berwarna merah terang.
  • Saat bayi berusia 1-2 tahun, benjolan tidak akan mengalami perubahan apapun.
  • Setelah memasuki tahun kedua, ukurannya mulai mengecil. Dalam 50% kasus yang diteliti, tumor akan menghilang saat anak berusia lima tahun, namun terkadang tumor baru menghilang ketika anak berusia sepuluh tahun.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Penyakit ini dapat terdeteksi melalui tes atau diagnosis. Apabila benjolan mulai berdarah, menyebabkan rasa sakit atau tanda-tanda pembengkakan yang parah, konsultasikan dengan dokter. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab hemangioma?

Berdasarkan jenisnya, hemangioma memiliki penyebab yang berbeda-beda, walaupun hingga saat ini pemicunya masih belum diketahui secara pasti.

Belum ada bukti yang menunjukkan bahwa makanan dan obat-obatan yang dikonsumsi, serta aktivitas ibu selama kehamilan dapat memengaruhi kemunculannya pada saat bayi lahir.

Namun, para ahli meyakini bahwa faktor genetik memiliki pengaruh dalam anomali pertumbuhan pembuluh darah. Beberapa penelitian mendukung hipotesis bahwa estrogen juga berperan dalam perkembangan hemangioma.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk hemangioma?

Ada banyak faktor yang meningkatkan risiko menderita penyakit ini, yaitu:

  • Anda seorang wanita. Jenis kelamin perempuan terbukti lebih berisiko terkena penyakit ini dibanding laki-laki.
  • Anak Anda lahir prematur.
  • Bayi berkulit putih lebih berisiko terlahir dengan kondisi ini daripada bayi berkulit hitam.

Komplikasi

Apa saja masalah atau komplikasi yang bisa disebabkan oleh hemangioma?

Walaupun umumnya tidak berbahaya dan akan menghilang dengan sendirinya, sebanyak 25% dari kasus penyakit ini berakibat pada komplikasi yang perlu ditangani secara khusus.

  • Memengaruhi fungsi organ

Keberadaannya baik di kulit maupun organ dalam memiliki kemungkinan mengganggu fungsi organ di sekitarnya. Apabila benjolan tumbuh di dekat area mata, maka penglihatan Anda akan bermasalah. Area lain yang perlu diwaspadai terkena efek pertumbuhan benjolan adalah mulut dan area kelamin.

  • Luka dan borok

Kulit yang benjol berisiko terluka dan menimbulkan borok. Hal ini tentunya menyebabkan rasa tidak nyaman, terutama pada bayi dan anak-anak. Apabila tidak segera diobati, borok tersebut dapat menyebabkan infeksi.

Apakah hemangioma dapat membekas pada kulit?

Bentuk dan ukurannya pada setiap orang berbeda-beda, dan tentunya memiliki hasil akhir yang berbeda setelah mengecil. Terdapat beberapa area kulit yang lebih mudah meninggalkan bekas karena memiliki elastisitas rendah, seperti hidung, bibir, dahi, dan telinga.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk hemangioma?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kondisi ini cenderung dapat menghilang seiring bertambahnya usia, sehingga biasanya dokter tidak akan memberikan perawatan khusus yang malah akan memberikan efek samping pada kulit.

Namun, apabila benjolannya mulai memengaruhi kesehatan tubuh dan kemampuan dalam beraktivitas, dokter dapat memberikan beberapa jenis pengobatan:

  • Pengobatan penghambat beta atau beta blocker (dengan timolol sebagai perawatan utama) yang berupa gel dan dioleskan ke kulit. Namun, jenis obat ini dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, glukosa tinggi dan wheezing.
  • Obat kortikosteroid adalah pilihan alternatif dari obat-obatan beta blocker. Obat ini dapat diberikan melalui suntikan, pil atau krim kulit. Obat ini berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan hemangioma dan menghentikan peradangan. 
  • Selain obat-obatan di atas, dokter juga biasanya akan meresepkan pengobatan antiinfamasi, yang ditujukan untuk area vital seperti hidung, bibir, dan kelopak mata.
  • Laser dapat digunakan untuk menghilangkan benjolan, meringankan rasa sakit, dan nyeri.

Pada beberapa kasus, pasien juga dapat memilih operasi untuk mengangkat benjolan. Tetapi, prosedur ini juga memiliki risiko dan komplikasi tertentu. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui tindakan apa yang perlu diambil dan sesuai dengan keadaan tubuh Anda.

Diagnosis

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk mendiagnosis hemangioma?

Umumnya, penyakit ini dapat dikenali dengan dilihat secara langsung oleh dokter. Namun, karena terdapat banyak jenis benjolan di kulit dengan karakteristik yang berbeda-beda, tidak jarang diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk diagnosis.

  • CT scan

Untuk mengetahui apakah Anda mempunyai benjolan tumor di bagian tubuh yang lebih dalam, Anda memerlukan pemeriksaan melalui x-ray atau CT scan.

  • MRI scan

Tidak berbeda jauh dengan CT scan, prosedur ini dilakukan untuk mengetahui letak benjolan yang berada di bagian dalam kulit. Dengan MRI scan, dokter juga dapat memeriksa struktur benjolan secara jelas.

  • Biopsi

Ada kalanya hemangioma sulit dibedakan dengan jenis tumor lainnya, sehingga prosedur biopsi perlu dilakukan. Melalui biopsi, jaringan dari benjolan akan diambil dan diperiksa secara langsung agar mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih akurat.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi hemangioma?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi kondisi tersebut:

  • Kenali kondisi dan perawatan yang tersedia
  • Diskusikan dengan dokter sebelum melakukan perawatan untuk mengatasinya

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber