Operasi Carpal Tunnel

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu sindrom carpal tunnel?

Sindrom carpal tunnel adalah kondisi di mana ada peningkatan tekanan pada saraf yang melintasi bagian depan pergelangan Anda (saraf median). Saraf median mengalir melewati lorong padat, bersama dengan tendon yang melenturkan jari-jari Anda.

Apa keuntungan operasi ini?

Tujuan dari operasi carpal tunnel adalah untuk menghilangkan tekanan pada saraf median dengan memotong tekanan ligamen pada saraf. Anda seharusnya akan terbantu dalam mengatasi rasa sakit dan mati rasa pada tangan Anda.

Kapan saya harus menjalani operasi carpal tunnel?

Jika gejala Anda parah atau berkepanjangan setelah mencoba terapi non-operasi, operasi dapat menjadi pilihan selanjutnya. Operasi dipertimbangkan hanya saat gejala-gejalanya tidak membaik setelah beberapa minggu atau bulan dari pengobatan non-operasi. Ini menandakan bahwa Anda memiliki gejala yang berlangsung tapi bukan tanda-tanda kerusakan saraf. Kerusakan saraf dapat membuat operasi lebih mendesak.

Atau jika gejala-gejalanya parah hingga membatasi aktivitas sehari-hari, seperti ketika:

  • mati rasa dan kehilangan kordinasi pada jari atau tangan berlangsung lama dan tak hilang-hilang
  • kekuatan pada jempol berkurang
  • tidur Anda terganggu karena rasa sakit ini
  • ada kerusakan pada saraf median (terlihat dari hasil tes saraf dan kehilangan fungsi tangan, jempol, atau jari) atau risiko kerusakan pada saraf

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani operasi ini?

Tes saraf (uji kecepatan konduksi saraf dan electromyogram) sering kali dilakukan sebelum operasi dilakukan. Operasi lebih mungkin berhasil jika hasil dari pengujian saraf merujuk ke sindrom carpal tunnel.

Tak bisa dipungkiri bahwa operasi untuk sindrom carpal tunnel secara teknis merupakan cedera yang disengaja pada struktur alami pergelangan tangan. Keputusan Anda tentang apakah Anda harus menjalani operasi terbuka atau operasi endoskopik tergantung pada pengalaman dokter Anda dengan prosedur ini. Operasi carpal tunnel endoskopik menggunakan peralatan yang sangat teknis dan lebih tinggi tingkat suksesnya ketika dokternya sudah sering melakukan prosedurnya. Setelah operasi, penting untuk menghindari aktivitas apapun yang dapat menyebabkan sindrom carpal tunnel.

Apakah ada alternatif selain operasi?

Jika gejalanya ringan, alat bantu yang dipakai di pergelangan tangan pada malam hari biasanya membantu. Suntikan steroid dekat carpal tunnel bisa mengurangi mati rasa atau nyeri pada kebanyakan orang.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum melakukan operasi?

Operasi carpal tunnel secara rutin dilakukan dalam prosedur sehari selesai. Ini artinya Anda melakukan prosedurnya dan pulang ke rumah pada hari yang sama, dan biasanya dilakukan di bawah bius lokal. Bius ini akan menghalangi nyeri pada pergelangan  dan telapak tangan Anda, dan Anda akan tetap terbangun saat prosedur berlangsung.

Anda bisa membantu diri Anda sendiri dengan menyiapkan pertanyaan tentang risiko, manfaat, dan prosedur alternatif. Ini akan membuat Anda lebih terinformasi sebelum memberikan izin pada dokter untuk melakukan operasi tersebut, yang biasanya ditandai dengan penandatanganan surat izin.

Apa yang terjadi saat operasi?

Operasi biasanya bisa dilakukan di bawah bius lokal dan memakan waktu 20 menit. Dokter bedah Anda akan menyayat sedikit telapak tangan Anda. Kemudian ia akan memotong ligamen kencang (disebut flexor retinaculum) yang membentuk atap carpal tunnel. Ini akan membebaskan saraf dari tekanan.

Apa yang harus saya lakukan setelah operasi?

Anda seharusnya bisa pulang ke rumah pada hari yang sama. Jaga tangan Anda ke atas dan biarkan diperban selama dua hari. Penting untuk melatih dengan lembut jari-jari, siku, dan bahu Anda untuk mencegah kekakuan.

Olahraga teratur seharusnya membantu Anda untuk mengembalikan aktivitas normal sesegera mungkin. Sebelum memulai olahraga, tanyakan pada perawat kesehatan atau dokter Anda untuk nasihat dan saran. Gejala Anda mungkin akan berlanjut membaik dalam waktu 6 bulan.

Komplikasi

Komplikasi apa yang bisa terjadi?

Komplikasi bisa terjadi saat prosedur sedang, berlangsung atau setelahnya. Komplikasi operasi carpal tunnel biasanya adalah:

    • infeksi – Anda mungkin memerlukan antibiotik untuk mengatasi ini
    • kerusakan saraf, pembuluh darah atau tendon pergelangan Anda – mungkin memerlukan operasi lebih lanjut untuk memperbaiki kerusakan
    • kehilangan kekuatan dan merasa kaku ketika menggenggam objek – biasanya secara sementara saja dan akan membaik seiring penyembuhan pergelangan Anda
    • sakit berkelanjutan pada luka dan mati rasa – kadang-kadang bisa memakan waktu beberapa bulan sampai rasa tidak nyamannya benar-benar hilang
    • kambuh – gejala sindrom carpal tunnel dapat kembali lagi

Jika Anda menjalani prosedur endoskopi, dokter bedah Anda mungkin perlu mengubahnya menjadi operasi terbuka jika ada komplikasi apapun.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Akantosis Nigrikans, Saat Kulit Menebal dan Menghitam Akibat Diabetes

    Akantosis nigrikans adalah gangguan kulit yang ditandai dengan kulit menebal dan menggelap. Kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda diabetes.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Penyakit Diabetes, Diabetes Tipe 2 8 September 2020 . Waktu baca 5 menit

    11 Cara Mencegah Diabetes yang Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini

    Meski tak bisa disembuhkan, ada berbagai macam cara untuk mencegah diabetes. Tindakan pencegahan diabetes ini pun sangat sederhana. Apa saja?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Penyakit Diabetes, Diabetes Tipe 2 8 September 2020 . Waktu baca 9 menit

    Gejala Penyakit Urologi, Dari Nyeri Buang Air Kecil Hingga Impotensi

    Gejala penyakit urologi kerap berhubungan dengan proses kencing yang tidak normal seperti kesulitan atau malah terlalu sering. Apa gejala lainnya?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Urologi 7 September 2020 . Waktu baca 10 menit

    8 Kondisi yang Menjadi Penyebab Sering Buang Air Kecil

    Ada banyak hal yang menjadi penyebab sering buang air kecil, mulai dari kebiasaan minum, konsumsi obat, hingga penyakit. Apakah Anda memiliki salah satunya?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
    Urologi, Kandung Kemih 6 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    pencegahan anemia

    7 Cara Mencegah Anemia yang Perlu Anda Lakukan

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fajarina Nurin
    Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
    terapi urine minum air kencing

    Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
    merawat kulit orang diabetes

    Berbagai Perawatan untuk Menjaga Kesehatan Kulit

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 8 menit
    transplantasi ginjal

    Transplantasi Ginjal

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Dipublikasikan tanggal: 15 September 2020 . Waktu baca 11 menit