Definisi

Apa itu biopsy transbronchial?

Biopsi  transbronchial  meliputi  pengambilan  sebagian  kecil  jaringan  dari  paru‐paru. Biopsi transbronchial  adalah  cara  yang  efektif  untuk  mengetahui  permasalahan  pada paru‐paru.

Kapan saya perlu menjalani biopsi transbronchial?

Anda  akan  diminta  dokter  Anda  untuk  melakukan  biopsi  paru‐paru  jika  diperlukan untuk mendiagnosis penyakit Anda. Biopsi paru‐paru biasanya dilakukan untuk:

● mendiagnosis  kondisi  paru‐paru  tertentu,  seperti  sarcoidosis  atau  pulmonary fibrosis. Pada kasus tertentu, biopsi paru‐paru dilakukan pada pneumonia parah, terlebih apabila diagnosis tidak jelas

● mendiagnosis adanya kanker paru‐paru

● mengevaluasi  kelainan  yang  muncul  pada  hasil  tes  lain,  seperti  X‐ray  atau  CT  scan.

Biopsi  paru‐paru  biasanya  dilakukan  apabila  tes  lain  tidak  dapat mengidentifikasi penyebab permasalahan paru‐paru.

Pencegahan & peringatan

Apa yang perlu saya ketahui sebelum menjalani biopsi transbronchial?

Biopsi paru‐paru umumnya adalah prosedur yang aman. Risiko tergantung pada apakah Anda  memiliki  penyakit  paru‐paru  dan  seberapa  parah  penyakit  tersebut.  Jika  Anda memiliki  masalah  pernapasan,  pernapasan  Anda  mungkin  dapat  memburuk  sesaat setelah biopsi.

Selain  biopsi  transbronchial,  rontgen  atau  scan  dapat  menunjukkan  adanya  masalah pada paru‐paru.

 

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani biopsi transbronchial?

Anda akan diberi instruksi sebelum operasi, seperti apakah Anda diperbolehkan makan sebelum operasi.

Bagaimana proses biopsi transbronchial?

Dokter akan memberikan sedatif untuk membantu Anda merasa rileks. Biopsi transbronchial pada umumnya berlangsung kurang dari 30  menit. Dokter akan memasukan teleskop yang fleksibel (bronchoscope) melewati hidung  sampai ke paru‐paru  Anda.  Dokter  akan menggunakan  bronchoscope  untuk  memeriksa  bronchi. Kemudian  forceps  akan  dimasukkan  ke  paru‐paru  untuk  mengambil  sampel  jaringan paru‐paru.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani biopsi transbronchial?

Anda diperbolehkan pulang setelah Anda pulih dari pengaruh sedatif. Tim  medis  akan  menjelaskan  hasil  dari  biopsi  transbronchial  dan  mendiskusikan dengan Anda tentang pengobatan dan tindakan lebih lanjut yang Anda perlukan. Anda dapat kembali bekerja keesokan harinya kecuali jika disarankan sebaliknya. Biasanya Anda dilarang untuk berpergian dengan pesawat selama 1 bulan.

Komplikasi

Komplikasi apa yang bisa terjadi?

Biopsi  transbronchial  paru  dilakukan  dengan  sedatif  ringan  atau  anestesi  lokal. Komplikasi dapat meliputi, namun tidak terbatas pada:

● pneumothorax  atau  udara  yang  terperangkap  pada  rongga  pleura  yang menyebabkan paru‐paru mengempis

● pendarahan pada paru‐paru

● infeksi

Jika Anda sedang dalam kondisi hamil, pastikan Anda menginformasikan pada dokter.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca