backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

7 Buah Penambah Darah yang Dapat Dikonsumsi Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Atifa Adlina · Tanggal diperbarui 05/10/2021

7 Buah Penambah Darah yang Dapat Dikonsumsi Ibu Hamil

Pada masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan nutrisi dan gizi yang cukup, khusunya bagi Anda yang rentan mengalami kondisi tertentu seperti anemia. Anemia biasa terjadi saat tubuh kekurangan zat besi. Selain suplemen, Anda juga bisa mengonsumsi asupan makanan lainnya seperti sayur dan buah. Berikut adalah buah penambah darah atau hb yang dapat dikonsumsi untuk ibu hamil.

Macam-macam buah penambah darah untuk ibu hamil

buah penambah darah untuk ibu hamil

Mengonsumsi makanan yang mengandung gizi dan nutrisi saat hamil tidak hanya bermanfaat untuk perkembangan janin, tetapi juga kesehatan ibu.

Mengutip Pregnancy, Birth, and Baby, mengonsumsi buah serta sayuran dapat membantu mencegah terjadinya keluhan pada ibu hamil. Salah satu keluhan tersebut adalah anemia pada ibu hamil sejak trimester pertama hingga trimester ketiga.

Anemia merupakan kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah serta tidak mengandung cukup hemoglobin (hb). Tidak hanya dengan suplemen, Anda juga bisa mengonsumsi buah penambah penambah darah atau hb untuk ibu hamil seperti di bawah ini.

1. Strawberry

buah untuk ibu hamil

Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui bahwa zat besi merupakan kandungan yang dibutuhkan untuk mengatasi kondisi tubuh seperti anemia.

Namun, Anda juga memerlukan asupan lainnya untuk membantu zat besi dapat terserap dengan baik. Salah satunya adalah buah yang mempunyai kandungan vitamin C tinggi seperti strawberry.

Buah yang kaya vitamin C ini dipercaya dapat meningkatkan penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, strawberry juga mempunyai kandungan zat besi, folat, kalium yang bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah.

2. Bit

buah bit penambah darah untuk ibu hamil

Anda juga bisa memanfaatkan buah bit untuk penambah darah atau hb untuk ibu hamil. Buah bit kaya akan kandungan kalium, vitamin C, folat, serta zat besi.

Sebagian kandungan ini merupakan komponen penting dari sel darah merah sehingga bermanfaat untuk orang yang mengalami kondisi anemia termasuk ibu hamil.

Selain itu, buah bit juga berfungsi menurunkan tekanan darah, mencegah hipertensi kehamilan, serta mengurangi peradangan.

3. Alpukat

buah untuk penambah darah ibu hamil

Penyebab anemia tidak hanya karena Anda kekurangan zat besi saja, tetapi juga karena kurangnya asupan asam folat. Maka dari itu, Anda juga bisa memanfaatkan alpukat sebagai buah penambah darah atau hb untuk ibu hamil.

Hal ini karena alpukat mempunyai kandungan folat yang berperan penting dalam memproduksi hemoglobin. Tubuh menggunakan folat untuk menghasilkan heme, komponen hemoglobin yang membantu membawa oksigen.

4. Jeruk

jeruk

Buah jeruk dikenal sebagai buah yang mempunyai kandungan vitamin C tinggi.

Selain itu, buah jeruk juga mempunyai kandungan senyawa anti-oksidan yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan serta melawan berbagai macam penyakit.

Salah satunya adalah membantu mencegah serta mengatasi anemia. Sama seperti stoberi, jeruk yang kaya vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Maka dari itu, dapat dikatakan jeruk menjadi salah satu buah penambah darah atau hb untuk ibu hamil.

Anda dapat mengonsumsinya setelah minum obat anemia yang sudah diresepkan dokter.

5. Kismis

kismis
Sumber: Leaf

Kismis mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh Anda karena merupakan sumber nutrisi seperti vitamin, mineral, serta menambah energi.

Tidak hanya itu saja, kismis juga merupakan buah kering penambah darah untuk ibu hamil karena mengandung zat besi, kalium, tembaga, dan vitamin.

Mengonsumsinya dengan takaran yang tepat dapat membantu mencegah anemia. Hal ini karena kismis juga bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah sekaligus membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh.

6. Kurma

kurma

Sebagian orang menganggap bahwa kurma dengan kandungan gula yang cukup tinggi tidak mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Padahal, kurma juga menjadi buah penambah darah atau hb serta penyerapan zat besi untuk ibu hamil.

Hal ini karena kurma mempunyai kandungan zat besi, vitamin A, kalium, serta vitamin B6 yang dapat membantu meningkatkan kadar sel darah merah.

7. Aprikot

Vitamin A dan beta karoten juga dapat membantu untuk meningkatkan penyerapan zat besi yang dibutuhkan tubuh saat terjadi anemia.

Anda juga bisa memanfaatkan aprikot sebagai menjaga kadar hb pada ibu hamil. Hal ini karena aprikot mengandung vitamin A yang dapat membantu tubuh memproses zat besi dengan baik.

Apa saja pengobatan anemia pada ibu hamil?

Walaupun umum terjadi, anemia pada ibu hamil sebaiknya tidak disepelekan karena bisa mengakibatkan kondisi kesehatan yang berbahaya untuk ibu dan janin.

Dokter akan memberikan pengobatan serta menyarankan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan. Salah satunya adalah dengan memberikan suplemen zat besi serta memberitahu apa saja makanan serta buah untuk membantu penyerapan dan penambah darah untuk ibu hamil.

Suplemen yang biasanya diberikan oleh dokter adalah yang mempunyai kandungan zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Selain suplemen yang diberikan dokter, Anda dapat menambah konsumsi makanan yang mengandung protein hewani seperti daging, ikan, dan ayam. Maupun mengonsumsi sayur-sayuran hijau dan buah-buahan.

Selalu konsultasikan dengan dokter mengenai apa saja asupan yang sebaiknya Anda konsumsi terkait kesehatan termasuk dalam mengatasi anemia.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Damar Upahita

General Practitioner · None


Ditulis oleh Atifa Adlina · Tanggal diperbarui 05/10/2021

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan