Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 9 Minggu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13/02/2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin 9 minggu kehamilan saya?

Di usia 9 minggu kehamilan, ukuran janin sudah sekitar sebesar buah anggur, dengan berat sekitar 28 gram dan panjangnya sekitar 2,54 cm.

Menurut Baby Center, di perkembangan janin 9 minggu kehamilan, ekor punggung bayi telah menyusut dan hampir menghilang pekan ini. Namun, kepala bayi terus tumbuh dan cukup besar dibandingkan bagian tubuh bayi yang lain.

Pada perkembangan janin 9 minggu kehamilan ini kepala bayi Anda beratnya sekitar 3 gram. Hidung juga telah berkembang dan kulit di mata mulai membentuk kelopak mata.

Perkembangan ini biasanya dapat dilihat pada USG. Anda dapat melihat lebih jelas kelopak mata ketika USG dalam beberapa minggu.

Usus janin lebih panjang dan mulai terbentuk anus

Di 9 minggu kehamilan, sistem pencernaan bayi terus berkembang, usus tumbuh lebih panjang dan terbentuklah anus secara bertahap. Selain itu, organ reproduksi (testis atau ovarium) akan mulai terbentuk pekan ini.

Mengingat di fase ini otot telah tumbuh, kemungkinan dapat terjadi beberapa gerakan pertama pada minggu ini.

Janin akan bergerak secara spontan menari mengelilingi rahim. Namun, Anda tidak bisa merasakan gerakan-gerakan ini secara langsung melalui perut, melainkan hanya dapat dilihat saat USG.

Jari-jari kaki sudah mulai terlihat jelas, termasuk organ penting bayi, seperti jantung, otak, hati, dan paru-paru. Ini adalah tanda bahwa perkembangan janin 9 minggu kehamilan dalam keadaan baik.

Detak jantung janin mulai bisa terdengar saat pemeriksaan USG

Menurut What to Expect, detak jantung sudah sangat berkembang dengan baik di 9 minggu kehamilan. Anda dapat mendengarnya dengan memakai alat ultrasonografi saat berkunjung ke dokter.

Bila Anda belum mendengar detak jantung pada 9 minggu kehamilan, tidak perlu khawatir. Ini bisa terjadi karena posisi janin yang memunggungi alat USG sehingga sulit menemukan janin.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan tubuh ibu di di usia 9 minggu kehamilan?

Menurut Kids Health, di usia 9 minggu kehamilan, ibu hamil akan mengalami kondisi aliran darah dalam tubuh yang terus meningkat.

Akibatnya, Anda mungkin mengalami pusing, sering buang air kecil, pembengkakan pembuluh darah pada tangan dan kaki, atau mimisan.

Perdarahan dapat terjadi dalam tiga bulan pertama masa kehamilan dan belum tentu mengkhawatirkan.

Namun, ini juga bisa menjadi tanda kehamilan ektopik atau keguguran. Maka dari itu, segera periksakan ke dokter jika Anda mengalami pendarahan yang dirasa tidak wajar.

Mudah lelah

Di perkembangan janin 9 minggu kehamilan, Anda akan merasa tubuh lebih berat dari biasanya. Beberapa wanita merasa tubuh lebih cepat lelah, bahkan di kondisi yang ekstrem, ibu hamil ada yang sampai tidak bisa beraktivitas seperti biasa.

Tidak perlu khawatir, ini adalah gejala umum di trimester pertama kehamilan. Kabar baiknya, ketika Anda mengalami kelelahan yang dahsyat, janin di dalam rahim sedang bertumbuh dengan sangat cepat.

Apalagi, metabolisme dan kadar hormon dalam tubuh ibu meningkat drastis. Ini memicu penurunan gula darah dan tekanan darah yang membuat Anda lebih cepat lelah saat beraktivitas.

Selera makan masih belum stabil

Di usia 9 minggu kehamilan, nafsu makan ibu hamil masih belum stabil. Mual dan muntah masih sering terjadi yang membuat asupan gizi untuk si kecil kerap tidak terpenuhi secara maksimal.

Cara paling sederhana adalah makan dengan porsi kecil tapi sering, misalnya 6 kali sehari. Jangan lupa untuk memerhatikan kandungan gizi di dalamnya agar janin bisa berkembang dengan maksimal sesuai usianya.

Menjaga perkembangan janin 9 minggu kehamilan

Memasuki usia 9 minggu kehamilan, perut Anda mungkin belum terlalu besar. Namun, jika Anda bekerja dan tubuh sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kehamilan yang jelas, Anda harus segera memberi tahu atasan, rekan kerja, atau tim Anda di kantor.

Beberapa perusahaan mungkin akan meringankan beban pekerjaan para karyawannya selama kehamilan.

Diskusikan dengan pimpinan atau atasan Anda mengenai perubahan ritme kerja selama kehamilan Anda. Ini penting agar perkembangan janin tidak terganggu.

Kunjungan ke Dokter/ Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di 9 minggu kehamilan?

Beberapa wanita mungkin akan lebih sering mengalami serangan migrain di 9 minggu kehamilan.

Para peneliti masih tidak tahu mengapa hal ini bisa terjadi. Jika Anda memiliki riwayat migrain, konsultasikan dengan dokter Anda tentang obat-obatan migrain yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Jika Anda mengetahui penyebab migrain, cobalah untuk menghindari faktor pemicunya. Stres, cokelat, keju, dan kopi adalah penyebab paling umum migrain di masa-masa kehamilan.

Tes yang mungkin dibutuhkan di kehamilan 9 minggu

Ada beberapa kondisi yang membuat Anda harus melakukan tes di perkembangan janin 9 minggu kehamilan.

Bacterial vaginosis adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri berlebih yang hidup di beberapa saluran kecil di vagina.

Bacterial vaginosis mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun. Namun, jika gejalanya muncul, biasanya berupa bau amis (bau ini biasanya muncul setelah berhubungan seks) atau sedikit buih yang keluar dari vagina.

Di usia 9 minggu kehamilan, Anda juga dapat mengalami iritasi atau gatal di sekitar vagina dan vulva.

Meski begitu, setidaknya setengah dari wanita dengan bacterial vaginosis tidak memiliki gejala apa pun. Bacterial vaginosis meningkatkan risiko kelahiran prematur dan ketuban pecah lebih dini.

Jadi, jika Anda memiliki gejala infeksi vagina atau risiko kelahiran prematur, informasikan pada dokter Anda untuk diuji dan diobati dengan antibiotik. Ini penting agar perkembangan janin dalam kandungan tidak terganggu.

Kesehatan & Keselamatan

Apa saja yang perlu saya ketahui untuk menjaga kesehatan perkembangan janin 9 minggu kehamilan?

Beberapa hal yang harus Anda ketahui guna mendukung perkembangan janin 9 minggu kehamilan meliputi:

1. Hindari penggunaan semprotan untuk semut dan kecoa

Apa hubungannya semprotan ini dengan perkembangan janin selama kehamilan? Kebanyakan semprotan semut dan kecoa sering dianggap tidak aman karena mengandung pestisida dan bahan kimia yang berbahaya.

Meski begitu, para ilmuwan belum menemukan bukti yang cukup kuat terkait efek samping yang mungkin ditimbulkan dari pemakaian semprotan semut dan kecoa.

Secara umum, hanya ada sedikit informasi mengenai obat-obatan serangga yang dijual saat ini. Sebagai tindakan pencegahan, cobalah untuk menghindari zat-zat apapun yang sekiranya mengandung bahan kimia berbahaya untuk janin.

2. Btasi konsumsi teh herbal

Belum ada cukup bukti yang menyatakan bahwa minum teh herbal tidak aman untuk ibu hamil dan mengganggu perkembangan janin 9 minggu kehamilan.

Meski begitu, Anda harus menghindari teh yang memiliki efek farmakologis (yang memengaruhi tubuh Anda).

Anda juga harus menghindari teh yang dapat merangsang kontraksi rahim atau menstruasi, seperti black cohosh atau teh hijau. 

Kemudian pada minggu ke-10, janin akan tumbuh seperti apa?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

    Kadang, ibu tidak memperhatikan kapan harus mengganti popok dan cenderung membiarkan bayinya memakai popok terlalu lama. Ini akibatnya pada bayi Anda.

    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Ilmuwan Jepang Ungkap Cara Sempurna Memeluk Bayi

    Baru-baru ini ilmuwan jepang menemukan rahasia cara sempurna memeiuk bayi. Bagaimana caranya agar bayi nyaman dan tenang?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Parenting, Tips Parenting 25/06/2020 . Waktu baca 4 menit

    Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

    Munculnya kista saat hamil adalah hal yang umum terjadi. Walau biasanya tidak berbahaya, ibu hamil perlu memahami apa saja pengaruhnya terhadap kandungan.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

    Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    Masturbasi Saat Hamil

    Masturbasi Saat Hamil, Boleh Atau Tidak?

    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Dipublikasikan tanggal: 12/08/2020 . Waktu baca 3 menit
    cek kehamilan dengan test pack

    Kapan Saya Bisa Mulai Cek Kehamilan dengan Test Pack?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 11/08/2020 . Waktu baca 6 menit
    nafsu seks ibu hamil

    Kenali Perubahan Gairah Seks Ibu Hamil di Trimester Ketiga, Plus Tips Seks yang Aman

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Andisa Shabrina
    Dipublikasikan tanggal: 15/07/2020 . Waktu baca 4 menit
    cara memandikan bayi yang baru lahir

    Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 9 menit