Tak Lagi Repot, Ini 5 Cara Ampuh Mengatur Waktu Saat Punya Bayi

    Tak Lagi Repot, Ini 5 Cara Ampuh Mengatur Waktu Saat Punya Bayi

    Memiliki bayi merupakan pengalaman paling menyenangkan sekaligus menyita waktu. Pasalnya, Anda harus mampu mengatur waktu untuk merawat bayi Anda, mengurus rumah, dan bahkan bekerja. Lantas, adakah tips bagi para ibu yang kewalahan agar bisa mengatur waktu saat punya bayi?

    Cara mengatur waktu saat punya bayi

    Merawat bayi sambil menjalani kesibukan pada awalnya tentu terasa merepotkan. Namun, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menyusun jadwal, menetapkan batas waktu, dan merencanakan setiap kegiatan agar hidup jadi lebih teratur.

    Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mengatur waktu saat punya bayi:

    1. Masukkan seluruh kegiatan dalam susunan rencana

    Menyusun seluruh kegiatan Anda menjadi suatu rencana rutinitas akan menghemat energi dan mengurangi stres. Rutinitas ini tidak hanya mencakup kapan Anda tidur, bangun, dan bekerja, tapi juga aspek lain yang erat kaitannya dengan hidup Anda.

    Contohnya, mengurus pekerjaan rumah, melakukan hobi, berjalan-jalan, hingga berhubungan intim dengan pasangan. Ini adalah cara paling mudah untuk mengatur waktu ketika punya bayi, sebab Anda tidak perlu takut akan lupa melakukan sesuatu.

    2. Menguraikan kegiatan esok hari

    Sebelum tidur, cobalah menguraikan semua kegiatan yang akan Anda lakukan pada esok hari. Tentukan apakah terdapat agenda yang perlu didahulukan, dibatalkan, ataupun ditunda hingga hari berikutnya.

    Selain mengatur waktu secara efektif, hal ini akan membantu Anda menentukan prioritas ketika punya bayi. Di antara deretan kegiatan yang Anda jadikan prioritas, jangan lupa menyertakan interaksi bersama si kecil agar perkembangannya tetap terjaga.

    3. Membagi tugas dengan pasangan

    Sebagian besar ibu kesulitan mengatur waktu ketika punya bayi karena semua tugas dilakukannya seorang diri. Padahal, energi fisik dan mental Anda tidak akan cukup untuk melakukan semuanya tanpa bantuan orang lain.

    Cobalah membagi pekerjaan di rumah dengan pasangan Anda. Jika Anda memiliki anak yang lebih tua, Anda pun bisa memberikan tanggung jawab yang ringan seperti merapikan seprai dan mainannya sendiri, sehingga Anda tak perlu menghabiskan waktu untuk melakukannya.

    Meminta bantuan kepada pasangan atau mungkin anggota keluarga bisa berdampak besar bagi Anda saat tengah bingung mencari cara mengatur waktu saat punya bayi.

    4. Tetap fleksibel terhadap kejadian tak terduga

    Anda memang perlu mengikuti rutinitas yang telah Anda buat agar bisa mengatur waktu dengan baik saat punya bayi. Namun, Anda juga tetap perlu sigap terhadap hal tak terduga, seperti anak sakit, makanan tumpah, dan kunjungan dari teman lama yang tiba-tiba.

    Kejadian tak terduga seperti ini cukup menyita waktu. Jadi, ada baiknya Anda menyediakan slot untuk waktu luang dalam daftar rencana Anda. Baik pula apabila Anda menyiapkan rencana cadangan di antara rutinitas Anda. Dengan begitu, Anda tak harus mengorbankan kegiatan lain hanya karena insiden yang terjadi mendadak.

    5. Berpikir dengan matang sebelum menerima ajakan

    Kadang, Anda menerima ajakan atau undangan dari orang lain. Sebelum mengiakannya, pikirkanlah lagi apa undangan itu akan membuat rencana yang sudah Anda susun jadi berantakan atau tidak.

    Tanyakan lagi pada diri Anda, apakah itu akan menghabiskan waktu Anda? Berkumpul dengan teman dan kerabat memang menyenangkan, tapi melakukannya terlalu sering akan menguras energi Anda.

    Jika Anda punya bayi dan sedang berusaha mengatur waktu, pilihlah kegiatan yang benar-benar berarti bagi keluarga dan diri Anda. Jangan ragu menolak undangan dari teman terdekat sekalipun bila hal ini malah mengganggu rutinitas Anda.

    Bila orang itu berarti bagi Anda (dan sebaliknya), tentu mereka akan mengerti kesulitan yang Anda hadapi.

    Setiap ibu memiliki strategi yang beragam untuk mengatur waktu. Anda pun mungkin harus mencoba beberapa cara sebelum menemukan strategi yang tepat. Namun, semuanya memiliki persamaan, yakni rutinitas yang teratur dan sikap disiplin.

    Walaupun Anda harus pandai mengatur waktu saat punya bayi, jangan lupa menyempatkan untuk beristirahat dengan cukup. Istirahat yang cukup dapat meningkatkan energi dan produktivitas sehingga Anda selalu siap menjalani aktivitas.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Time Management for Parents. https://www.verywellfamily.com/time-management-for-parents-3967769 Diakses pada 31 Juli 2019.

    8 Effective Time Management Tips for Moms. https://www.verywellfamily.com/time-management-tips-for-moms-3145160 Diakses pada 31 Juli 2019.

    11 Quick Time-Management Tips for Crunched Working Moms. https://www.workingmother.com/11-quick-time-management-tips-for-crunched-working-moms Diakses pada 31 Juli 2019.

    Time Management: 6 Tricks For Parents To Stay On Track. https://www.huffpost.com/entry/time-management-for-parents_n_2875834 Diakses pada 31 Juli 2019.

    15 Time-Management Tips. https://www.parents.com/parenting/moms/healthy-mom/time-management-tips/ Diakses pada 31 Juli 2019.

    How Sleep Can Help You Be More Productive at Work. https://www.sleep.org/articles/sleep-and-productivity-at-work/ Diakses pada 31 Juli 2019.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui Aug 12
    Ditinjau secara medis oleh dr. Yusra Firdaus