5 Pertanyaan yang Mesti Diajukan Sebelum Setuju Melakukan Induksi Persalinan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Induksi persalinan biasanya akan ditawarkan oleh dokter jika bayi tak kunjung lahir meski sudah lewat hari perkiraan lahirnya. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk melakukah induksi melahirkan, ada beberapa pertanyaan yang mesti Anda tanyakan dulu pada sang dokter. Apa saja, ya?

1. Kenapa saya harus diinduksi?

pergi ke dokter kandungan

Pertanyaan ini merupakan hal pertama yang harus Anda tanyakan pada dokter. Dengan melontarkan pertanyaan ini, Anda otomatis akan mengetahui dengan pasti kondisi kesehatan Anda dan si janin.

Pasalnya, sebagian ibu yang melakukan induksi melahirkan memiliki masalah pada kehamilannya atau komplikasi tertentu saat persalinan. Lalu, apakah Anda benar-benar butuh induksi persalinan?

Berikut adalah kondisi ibu hamil yang dianjurkan melakukan induksi persalinan:

  • jadwal melahirkan Anda sudah melebihi 40 minggu.
  • jika air ketuban pecah lebih awal, lebih dari 24 jam sebelum persalinan dimulai.
  • jika Anda atau bayi Anda memiliki kondisi kesehatan yang mengancam dan melahirkan lebih cepat dan aman bagi keduanya seperti kondisi plasenta Anda yang tidak berfungsi dengan baik akibatnya cairan ketuban menjadi sedikit, dan adanya preeklampsia.

2. Apakah ada tindakan lain sebelum induksi?

melahirkan normal dengan mata minus

Umumnya, ada serangkaian tes medis atau tindakan lain yang dilakukan sebelum induksi persalinan dilakukan. Nah, tugas Anda untuk menanyakan dengan detil apa-apa saja yang akan dilakukan beserta persiapan dan risiko dari tindakan tersebut.

Jadi, tak hanya mempersiapkan diri untuk induksi saja, tapi Anda sudah tahu tindakan lain yang akan dilakukan. Biasanya, dokter meminta Anda untuk melakukan uji profil biofisik atau pengujian non stres tes (NST). Tes medis tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi dan respon sang bayi.

3. Metode induksi apa yang saya butuhkan?

minyak jarak

Anda perlu perlu mengetahui dengan jelas induksi apa yang Anda butuhkan, sebab metode ini dilakukan berdasarkan kondisi tubuh. Jika serviks belum juga melunak atau terbuka, tandanya Anda belum siap untuk melahirkan.

Dalam kondisi ini, dokter bisa menggunakan obat ataupun metode mekanis untuk membuat serviks benar-benar siap.

Jika persalinan Anda tidak juga mulai, Anda akan diberikan infus oksitosin. Obat ini (sering disebut dengan nama merek Pitocin) mengandung hormon oksitosin buatan yang diproduksi tubuh secara alami selama persalinan spontan.

Tanyakan dengan detail apa tahap-tahap yang akan Anda lewati nantinya saat melakukan induksi.

4. Apa yang harus dilakukan jika induksi tidak berhasil?

berapa kali operasi caesar bisa dilakukan

Induksi melahirkan tidak selalu sukses. Kalau sudah begini, dokter kandungan atau bidan Anda akan mengobservasi keadaan ibu dan bayi yang dikandungnya terlebih dahulu.

Kemungkinan dokter akan menawarkan metode induksi melahirkan yang lain. Atau, jika tidak juga berhasil persalinan caesar akan dilakukan.

Anda akan diberi kesempatan terlebih dahulu untuk mendiskusikan keadaan ini dengan dokter kandungan yang menangani persalinan Anda.

5. Seperti apa rasanya diinduksi?

masalah ibu hamil

Pertanyaan ini memang bisa buat beberapa dari Anda jadi takut. Namun, Anda jadi lebih bisa memperkirakan apa yang akan terjadi pada diri Anda sendiri.

Memang pada kenyataannya induksi persalinan lebih menyakitkan daripada permulaan persalinan yang terjadi secara alami.

Namun biasanya wanita yang melakukan induksi melahirkan diberikan suntikan epidural. Suntikan epidural yakni suntikan khusus di bagian belakang tubuh untuk mengurangi rasa sakit

Pilihan pereda nyeri selama persalinan tidak dibatasi bagi wanita hamil yang melakukan induksi melahirkan.

Pastikan kembali ke dokter kandungan Anda mengenai penanganan nyeri yang nantinya akan Anda rasakan. Seperti apa obat akan diberikan, berapa kali obat diberikan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca