home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Stimulasi Puting Susu Bisa Memicu Persalinan, Apa Benar?

Stimulasi Puting Susu Bisa Memicu Persalinan, Apa Benar?

Waktu persalinan Anda sudah dekat atau mungkin sudah tiba namun Anda belum mengalami tanda-tanda persalinan? Anda mungkin mulai mencari berbagai cara untuk menginduksi persalinan secara alami. Dengan persetujuan dokter, Anda dapat melakukan beberapa cara untuk membantu tubuh masuk ke tahap bersalin, seperti berguling atau berhubungan intim dengan pasangan. Ada satu teknik yang dapat dikatakan paling efektif: merangsang puting susu.

Mengapa merangsang puting susu dapat memicu terjadinya persalinan?

Membelai atau memainkan puting susu dapat menstimulasi keluarnya oksitosin dari tubuh Anda. Oksitosin merupakan hormon yang berperan dalam mencetuskan persalinan dan membentuk ikatan antara ibu dan anak. Hormon ini juga membuat uterus berkontraksi setelah proses persalinan, membantunya kembali ke ukuran semula seperti sebelum hamil. Memberi rangsangan pada payudara dapat membantu proses persalinan dengan cara memperkuat dan memperpanjang kontraksi.

Dalam sebuah penelitian, 390 wanita hamil yang ingin melahirkan secara acak dimasukkan ke dalam kelompok: stimulasi puting susu, stimulasi rahim, dan kelompok kontrol (tidak diberikan perlakuan khusus). Hasilnya sangat menarik. Para wanita yang diberikan stimulasi puting susu menjalani persalinan dalam durasi yang lebih singkat. Selain itu, tidak ada satu pun wanita yang diberikan stimulasi puting dan rahim yang harus menjalani operasi caesar.

Di sisi lain, banyak wanita dari kelompok kontrol yang membutuhkan tambahan oksitosin untuk menginduksi persalinan, dan sebanyak 8% dari wanita tersebut harus melahirkan dengan metode caesar.

Stimulasi puting susu untuk memicu persalinan ada aturannya

Stimulasi puting susu untuk memicu persalinan pada prinsipnya hanya dianjurkan pada persalinan normal. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Untuk hasil terbaik, Anda harus menirukan isapan bayi pada puting Anda sebaik mungkin. Anda dapat menggunakan jari-jari atau alat pompa payudara untuk menstimulasi payudara Anda. Jika Anda memiliki buah hati yang sedang menyusui, anak dapat memberikan stimulasi yang baik.
  • Tidak hanya puting, Anda juga perlu memijat bagian areola Anda. Areola merupakan bagian lingkaran berwarna lebih gelap yang terdapat di sekitar puting payudara, yang melingkari puting. Gosokkan jari-jari atau telapak tangan Anda secara perlahan pada bagian areola Anda.
  • Hindari stimulasi yang berlebihan dengan cara hanya berfokus pada satu payudara pada satu saat. Batasi stimulasi selama hanya 5 menit, dan tunggu selama 15 menit sebelum melanjutkan stimulasi. Berhentilah sejenak untuk menstimulasi puting saat terjadi kontraksi. Apabila kontraksi terjadi setiap 3 menit atau kurang dan berlangsung selama 1 menit atau lebih, maka Anda dapat menghentikan stimulasi.
  • Selalu konsultasikan terlebih dulu kepada dokter sebelum melakukan stimulasi puting.

Apakah stimulasi puting susus aman untuk dilakukan di rumah?

Sebuah survei penelitian menanyakan 201 wanita mengenai apakah mereka pernah mencoba menginduksi persalinan secara alami di rumah. Kira-kira setengah dari wanita tersebut menjawab bahwa mereka pernah mencoba setidaknya satu jenis metode induksi persalinan alami seperti memakan makanan pedas atau berhubungan seks.

Anda harus selalu berkonsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum melakukan induksi apa pun terhadap kehamilan Anda. Hal ini disebabkan karena sebagian besar metode induksi yang dapat dilakukan di rumah biasanya tidak memiliki dasar ilmiah yang jelas.

Jika kehamilan Anda berisiko tinggi, stimulasi puting susu mungkin akan berbahaya bagi Anda. Stimulasi puting susu memang memilki beberapa bukti ilmiah yang kuat, namun metode ini juga dapat menjadi berbahaya pada beberapa wanita dengan riwayat medis tertentu.

Kapan harus ke rumah sakit mendekati waktu persalinan?

Jika Anda sudah siap untuk bersalin, maka Anda akan merasakan bayi Anda berada pada bagian bawah panggul Anda, Anda juga akan mengalami kontraksi yang teratur dan mengalami pelepasan sumbatan mukus (mucus plug) yang keluar dari vagina. Pada tahap awal, kontraksi akan terasa seperti tekanan yang tumpul atau rasa sedikit tidak nyaman. Mulailah untuk mengukur durasi kontraksi Anda saat Anda mulai merasakannya.

Pada tahap awal, kontraksi mungkin berselang setiap 15-20 menit dan bertahan selama 60-90 detik. Semakin Anda memasukki kala aktif, maka kontraksi akan semaikin kuat dan sering. Jarak antar kontraksi dapat memendek hingga 3-4 menit dan bertahan antara 45-60 detik.

Jika air ketuban pecah sebelum Anda mengalami kontraksi, segera hubungi dokter. Anda juga perlu memberitahu dokter jika Anda mengalami perdarahan apa pun. Jika tidak, Anda dapat segera pergi ke dokter jika kontraksi Anda sudah berjarak 5 menit antar kontraksi selama lebih dari 1 jam.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Marcin A. 2016. How Nipple Stimulation Works to Induce Labor. http://www.healthline.com/health/pregnancy/nipple-stimulation-to-induce-labor – 1. Accessed 07/02/17.

Chaudhry, Z., Fischer, J., & Schaffir, J. 2011. Women’s use of nonprescribed methods to induce labor: A brief report. Birth, 38(2), 168-71. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1523-536X.2010.00465.x/abstract?deniedAccessCustomisedMessage=&userIsAuthenticated=false. Accessed 07/02/17.

Christensson, K., et al. 1988. Effect of nipple stimulation on uterine activity and on plasma levels of oxytocin in full term, healthy, pregnant women. Acta Obstetricia et Gynecologica Scandinavica, 68(3), 205-10. http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.3109/00016348909020990. Accessed 07/02/17.

Inducing Labor. http://americanpregnancy.org/labor-and-birth/inducing-labor/. Accessed 07/02/17.

Mayo Clinic Staff. 2014. Inducing labor: When to Wait, When to Induce. http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/labor-and-delivery/in-depth/inducing-labor/art-20047557. Accessed 07/02/17.

Natural Ways to Encourage Labor. http://www.obgynnorth.com/patient_education/childbirth_preparation/natural_ways_to_encourage_labor. Accessed 07/02/17.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Priscila Stevanni Diperbarui 15/08/2017
Fakta medis diperiksa oleh Admin HHG
x