Wanita yang Tidak Subur Tetap Perlu Pakai Alat Kontrasepsi. Kenapa?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Alat kontrasepsi biasanya menjadi solusi bagi pasangan yang belum siap atau tidak ingin punya anak. Namun, tahukah Anda ternyata pemakaian KB tetap perlu bagi dipertimbangkan oleh pasangan yang sudah divonis tidak subur? Khususnya, wanita tidak subur tetap perlu pakai alat kontrasepsi, lho! Kenapa, ya?

Wanita tidak subur mungkin masih bisa hamil

alat kontrasepsi wanita menurunkan gairah seksual

Divonis tidak subur bukan berarti Anda tidak bisa punya anak. Wanita tidak subur masih bisa hamil, meski peluangnya mungkin kecil.

Sebagian besar pasangan yang sulit hamil penyebabnya adalah karena salah satu atau keduanya tidak subur, bukan karena mandul. Entah karena jumlah sperma prianya yang rendah atau ovulasi wanitanya yang bermasalah, kemungkinan untuk hamil secara alami (tidak pakai bantuan medis) tetap ada pada pasangan yang tidak subur.

Beda dengan mandul yang artinya Anda sama sekali tidak bisa memiliki anak. Misalnya, jika kedua saluran fallopi wanita benar-benar terblokir, artinya wanita itu mandul. Atau, jika seorang laki-laki memiliki jumlah sperma nol (azoospermia), artinya pria itu mandul. Pembuahan mustahil terjadi pada situasi seperti ini tanpa dibantu dengan teknologi reproduksi buatan, seperti bayi tabung atau inseminasi.

Keputusan pakai KB meski tidak subur, tergantung dari rencana hidup Anda berdua ke depannya

Keputusan untuk pakai kontrasepsi setelah divonis tidak subur mungkin terdengar sedikit aneh. Anda mungkin keheranan, “Lho, kan saya sudah mati-matian berusaha untuk hami, kenapa sekarang harus dicegah?” Beberapa bahkan mungkin merasa bersalah karena berpikir dengan pakai kontrasepsi, mereka sama saja menolak rezeki yang bisa datang sewaktu-waktu.

Namun, ada beberapa alasan yang bisa mendasari pertimbangan banyak pasangan tidak subur untuk pakai kontrasepsi. Ingat, merujuk penjelasan di atas, tidak subur bukan berarti Anda mustahil bisa hamil. Kemungkinan hamil tetap ada, meski kecil.

Bagi pasangan tidak subur yang pernah sukses dikaruniai anak sebelumnya, pakai kontrasepsi bisa membantu mereka agar tidak terlalu cepat hamil lagi. Beberapa pasangan mungkin tidak ingin punya sekaligus dua anak dengan usia yang terlalu dekat. Yang lainnya memilih pakai KB untuk sementara sampai Anda berdua memutuskan apakah mau punya anak lagi atau tidak. Atau mungkin, Anda dan pasangan berpikir bahwa memiliki keluarga kecil dengan satu anak saja sudah cukup.

Sementara bagi pasangan tidak subur yang belum pernah hamil, alasan untuk pakai KB demi mencegah kehamilan bisa didasari oleh rehat sejenak dari stres berkepanjangan setelah berulang kali mencoba hamil. Stres akibat terus-terusan hamil bisa menggerogoti kesehatan fisik serta psikis kedua belah pihak. Atau setelah segala upaya mencoba hamil tak kunjung ada yang sukses, Anda dan pasangan akhirnya sama-sama mantap memilih untuk hidup berdua saja tanpa anak. Penggunaan KB bisa menjamin rencana Anda ke depannya tanpa harus khawatir “kecolongan” hamil yang tidak direncanakan.

Terlepas dari apa pun kondisi Anda, sudah pernah punya anak sebelumna atau tidak, dokter mungkin juga menyarankan Anda untuk tidak hamil karena sejumlah alasan medis tertentu. Nah, pemakaian KB meski wanita tidak subur bisa mencegah risiko kebobolan hamil, yang mungkin bisa merisikokan kesehatan Anda ke depannya.

Apakah KB akan membuat saya jadi makin sulit hamil?

efek samping kontrasepsi darurat

Tidak sedikit wanita yang menolak menggunakan alat kontrasepsi sejak divonis tidak subur. Selain karena merasa baik-baik saja, mereka cenderung merasa takut kalau alat kontrasepsi ini bisa membuatnya menjadi semakin sulit hamil. Benarkah demikian?

Mengutip dari Verywell, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa pemakaian alat kontrasepsi jangka panjang tidak memengaruhi kesuburan wanita. Kebanyakan wanita bisa hamil dalam 3-12 bulan pertama setelah berhenti minum pil KB. Jika Anda pakai IUD alias KB spiral, Anda mungkin saja langsung bisa hamil.

Dilansir dari Everyday Family, dalam beberapa kasus tertentu penggunaan pil KB jangka panjang justru dapat menguatkan kesuburan wanita tidak subur yang disebabkan oleh siklus haid tidak teratur. Pil KB dapat membantu siklus menstruasi wanita jadi lebih teratur, sehingga meningkatkan peluang pembuahan yang optimal.

Pasalnya, penurunan kesuburan wanita lebih dipengaruhi oleh bertambahnya umur dan kondisi kesehatan masing-masing, bukan semata dari jenis KB atau seberapa lama pemakaiannya.

Maka itu, diskusikan dengan dokter Anda mengenai jenis kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Bila Anda masih ragu untuk menggunakan kontrasepsi hormonal, Anda juga bisa memanfaatkan kontrasepsi penghalang fisik, seperti kondom. Terlebih terlepas dari keinginan hamil atau tidak, pria dan wanita tidak subur tetap perlu pakai kondom saat berhubungan seks untuk mencegah penyakit kelamin menular.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kapan Kehamilan Bisa Mulai Terdeteksi dengan Test Pack?

Meski Anda mungkin sudah hamil dua hari setelah berhubungan seks, beberapa test pack pengecek kehamilan mungkin belum bisa langsung mendeteksinya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 11 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit

Apakah Puasa Memengaruhi Kesuburan untuk Hamil?

Apakah Anda khawatir puasa pengaruhi kesuburan Anda dan suami? Sebelum Anda menebak-nebak, baca dulu artikel ini jika Anda sedang mengusahakan kehamilan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hari Raya, Ramadan 29 April 2020 . Waktu baca 3 menit

Apa itu Masa Subur dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual agar cepat hamil adalah pada masa subur. Namun, tahukah bagaimana tanda atau ciri Anda telah memasuki masa subur?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 8 April 2020 . Waktu baca 11 menit

Mungkinkah Mencegah Hamil Setelah Berhubungan Seks?

Anda mungkin pernah melakukan hubungan seks tapi lupa menggunakan pengaman. Lalu, bagaimana cara mencegah hamil setelah berhubungan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kontrasepsi, Hidup Sehat, Seks & Asmara 12 Maret 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

susah hamil lagi

3 Hal yang Membuat Anda Susah Hamil Anak Kedua

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 18 November 2020 . Waktu baca 4 menit
makanan penyubur sperma

10 Makanan Penyubur Sperma agar Pasangan Cepat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 10 November 2020 . Waktu baca 7 menit
premarital check up

Kenapa Perlu Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Pranikah (Premarital Check Up)?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
makan toge

Makan Taoge Bikin Pria Lebih Subur, Fakta atau Mitos?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 3 September 2020 . Waktu baca 3 menit