Terapi Sel Punca (Stem Cell Therapy), Pengobatan Baru Bagi Pria Tidak Subur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 17/02/2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Masalah sulit punya momongan bukan hanya diakibatkan oleh pihak wanita. Faktanya, sekitar 30 persen masalah kesuburan pada pasangan suami istri bersumber dari pihak pria yang tidak subur. Program bayi tabung ICSI adalah solusi paling umum untuk memiliki anak apabila pihak suaminya yang tidak subur. Akan tetapi, kini para pakar kesehatan sedang berlomba-lomba untuk mengembangkan terapi sel punca untuk membalikkan masalah kesuburan pria. Berikut informasi lengkapnya seputar terapi sel punca alias stem cell therapy.

Apa itu sel terapi punca (stem cell therapy)?

Tubuh manusia memiliki banyak sel-sel berbeda yang bekerja membantu semua organ tubuh Anda berfungsi dengan baik. Nah, sel punca alias sel induk atau sel stem adalah sel yang masih “polos”, murni, dan belum memiliki fungsi apapun.

Sel punca tidak memiliki tanggung jawab apapun dalam tubuh karena tidak melewati proses diferensiasi. Proses diferensiasi terjadi sejak perkembangan zigot dalam kandungan. Zigot adalah sel gabungan antara sel telur dengan sperma yang kemudian membelah menjadi dua, lalu empat sel, dan seterusnya. Setelah membelah, sel-sel tersebut akan secara alami ditugaskan peran dan tanggung jawabnya masing-masing  lewat proses diferensiasi. Misalnya, sel otot berfungsi untuk mempertahankan fungsi otot.

Karena masih kosong dan tidak memiliki fungsi apapun, sel punca juga berkemampuan untuk dan dapat membelah sebanyak-banyaknya sesuai dengan kebutuhan. Kedua kemampuan ini membuat sel stem dianggap ‘spesial’ dan bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dengan kata lain, stem cell merupakan sel induk yang berpotensi untuk dijadikan sel tertentu. Pada akhirnya, sel yang baru dan sehat tersebut dapat berkembang menjadi sebuah jaringan sehat.

Sel punca dapat diambil dari darah dalam tali pusat atau sumsum tulang belakang.

Bagaimana terapi sel punca dapat mengatasi masalah ketidaksuburan pria?

Selain dari darah dalam tali pusat atau sumsum tulang belakang, sel punca juga dapat diambil dari salah satu bagian sistem reproduksi pria bernama tubulus seminiferus. Setelah diambil, sel tersebut kemudian akan dikembangkan di lab hingga menjadi kumpulan sel dengan fungsi khusus, yaitu sel sperma.

Sel induk yang kini telah mendapatkan tugas sebagai sel sperma matang akan dimasukkan kembali ke dalam testis pria. Pada binatang percobaan, sperma hasil pembiakkan dari stem cell terbukti mampu membuahi sel telur perempuan dan menghasilkan keturunan.

Apakah efektif?

Percobaan-percobaan terkait terapi sel punca untuk mengatasi masalah kesuburan pria sejauh ini baru terbatas pada hewan. Hal ini dipengaruhi oleh sulitnya melakukan pembiakkan induk sel tersebut.

Akan tetapi, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun mendatang teknik stem cell sperma akan menjadi salah satu harapan untuk mengatasi masalah kesuburan pria. Beberapa peneliti juga terus mengombinasikan pembiakkan di luar dan di dalam tubuh manusia agar hasilnya lebih maksimal.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kapan Masa Subur Pria dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Mengetahui kapan saat masa subur pria dapat meningkatkan kemungkinan hamil. Ketahui cara menghitung masa subur pria dalam artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Kesuburan, Kehamilan 05/11/2019 . Waktu baca 7 menit

Sperma Berwarna Kuning, Apakah Masih Normal dan Subur?

Sperma berwarna kuning bisa saja normal, tapi mungkin juga menandakan penyakit pada beberapa kasus. Begini penjelasan lengkapnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesuburan, Kehamilan 26/10/2019 . Waktu baca 4 menit

Sulit Punya Anak, Mungkin Anda Memiliki Varikokel

Varikokel disebut-sebut sebagai salah satu penyebab seorang pria menjadi tidak subur. Lantas, apa seorang pria dengan varikokel masih bisa memiliki anak?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Jessica Yulianti
Kesuburan, Kehamilan 14/04/2019 . Waktu baca 4 menit

Jumlah Sperma Rendah (Oligospermia)

Oligospermia merupakan kondisi jumlah sperma sedikit/rendah pada seseorang. Ini menjadi salah satu penyebab ketidaksuburan. Bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 06/12/2018 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat ginseng buat pria

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit
penyebab pria tidak subur

6 Faktor yang Dapat Menjadi Penyebab Pria Tidak Subur

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 11/04/2020 . Waktu baca 9 menit
infertilitas pada pria akibat kanker prostat

Benarkah Pria Tidak Subur atau Infertil Setelah Operasi Kanker Prostat?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 01/04/2020 . Waktu baca 4 menit
sel punca ilegal

Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Mencoba Pengobatan Sel Punca

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 15/01/2020 . Waktu baca 4 menit