home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Tes Kehamilan dengan Gula, Apakah Hasilnya Akurat?

Tes Kehamilan dengan Gula, Apakah Hasilnya Akurat?

Saat jadwal menstruasi terlewatkan dan Anda telah melakukan persiapan kehamilan, sudah seharusnya untuk mencoba tes. Tes kehamilan di rumah perlu Anda lakukan untuk mengetahui apakah Anda benar hamil atau tidak. Selain menggunakan test pack, ada pula yang pernah mencoba tes kehamilan dengan gula. Apakah tes kehamilan tersebut akurat? Ini penjelasan lengkapnya.

Cara tes kehamilan dengan gula

Tes kehamilan dengan gula

Tes kehamilan di rumah yang umum dilakukan sebagian besar orang adalah dengan menggunakan test pack. Terlebih saat ini banyak alat test pack yang mengklaim dapat menghasilkan hasil dengan akurat. Tak hanya penggunaannya yang mudah, mengutip dari Medline Plus, alat tes kehamilan ini pun gampang Anda temukan.

Namun, selain menggunakan test pack ada pula yang cukup ramai menjadi perbincangan di media sosial yaitu melakukan pemeriksaan kehamilan dengan gula. Ini merupakan tes kehamilan do it yourself (DIY) yang memanfaatkan penggunaan urine serta gula.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan tes kehamilan dengan menggunakan gula.

  • Masukkan beberapa sendok gula ke dalam mangkuk.
  • Pada pagi hari, masukka urine pertama ke dalam wadah lainnya.
  • Lalu, tuangkan urine ke dalam mangkuk yang berisi gula.

Hasil tes kehamilan dengan gula

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, hal yang perlu Anda lakukan setelahnya adalah menunggu hasil tes kehamilan dengan gula. Hampir sama dengan penggunaan test pack ada dua hasil yang nantinya akan terlihat, yaitu hasil positif dan juga negatif.

Apabila hasilnya positif, Anda akan melihat gula tidak larut atau menggumpal pada bagian dasar. Katanya, ini terjadi karena Anda mempunyai hormon hCG.

Sebaliknya, hasil tes kehamilan pun menjadi negatif saat gula larut dengan sendirinya dalam urine.

Apakah hasil tes kehamilan dengan gula akurat?

tes kehamilan dengan gula

Tentunya, Anda akan bertanya-tanya apakah tes kehamilan dengan menggunakan gula ini tergolong akurat? Walaupun mudah, sayangnya cara ini tidak akurat.

Hal ini karena belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan hubungan kadar hormon hCG dalam urine dengan larut atau tidaknya gula adalah tanda terjadinya kehamilan.

Maka dari itu, saat Anda menginginkan hasil tes kehamilan yang akurat, gunakan alat tes yang terpercaya atau bisa langsung pergi ke dokter. Alat tes kehamilan yang Anda beli di apotek atau supermarket umumnya terbukti dapat mendeteksi hormon hCG meskipun tingkatnya bervariasi.

[embed-community-8]

Apa saja tes kehamilan yang akurat?

Ketika Anda dan pasangan sangat mengharapkan kehamilan, sebaiknya tidak perlu membuang-buang waktu melakukan tes kehamilan dengan gula.

Ada dua tes kehamilan yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi hormon hCG baik dalam urine maupun darah.

1. Menggunakan test pack

Sebelum pergi ke dokter, Anda bisa mencoba tes kehamilan yang mudah dengan menggunakan test pack di rumah. Anda cukup meneteskan atau mencelupkan stik ke dalam wadah yang berisi urine lalu menunggu hingga beberapa menit kemudian.

Perlu Anda ketahui bahwa pada masa awal kehamilan, konsentrasi hormon hCG dapat meningkat dua kali lipat. Sebaiknya, tunggu 2–3 hari setelah masa menstruasi lewat sebelum melakukan tes agar hormon hCG dapat terdeteksi.

Mengutip Mayo Clinic, alat test pack mempunyai klaim keberhasilan hingga 99%. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan saat berpikir Anda hamil, tetapi hasil tes adalah negatif.

Untuk itu, apa pun hasil dari penggunaan tes pack, Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan hasil yang lebih akurat.

2. Tes darah

Anda perlu bertemu dokter untuk melakukan melakukan tes kehamilan dengan menggunakan darah. Berbeda dengan alat tes pack, Anda tidak perlu menunggu hingga periode menstruasi telah lewat beberapa hari.

Tes darah dapat mengetahui Anda hamil atau tidak sejak 6–8 hari Anda melewati masa subur atau ovulasi. Ketahui waktu tersebut dengan menggunakan kalkulator masa subur.

Ada dua jenis tes darah untuk mengecek kehamilan yang akan dokter lakukan, seperti:

  • Tes darah kuantitatif, mengukur jumlah pasti hormon hCG walaupun dalam jumlah kecil.
  • Tes darah kualitatif, hanya memeriksa apakah ada hormon kehamilan atau tidak.

Sebagian besar pemeriksan kehamilan yang langsung dokter lakukan sangat jarang memberikan hasil tidak akurat atau salah.

Umumnya, apabila tidak akurat hal ini karena adanya kesalahan di laboratorium.Namun, tes kehamilan yang dokter lakukan hasilnya jauh lebih akurat daripada tes rumahan. Selain itu, bila hasil test pack atau test darah Anda positif, ada baiknya tetap konsultasi ke dokter untuk memastikan kondisi dan melakukan USG.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7
Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sugar Pregnancy Test: How It Works and What Results Look Like. (2021). Retrieved 13 April 2021, from https://www.healthline.com/health/pregnancy/sugar-pregnancy-test#takeaway

When to Take a Pregnancy Test | Options, Cost and Accuracy. (2021). Retrieved 13 April 2021, from https://www.plannedparenthood.org/learn/pregnancy/pregnancy-tests

Home pregnancy tests: Can you trust the results?. (2021). Retrieved 13 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/home-pregnancy-tests/art-20047940

Tests, M. (2020). Pregnancy Test: MedlinePlus Medical Test. Retrieved 13 April 2021, from https://medlineplus.gov/lab-tests/pregnancy-test/

Knowing if you are pregnant | womenshealth.gov. (2016). Retrieved 13 April 2021, from https://www.womenshealth.gov/pregnancy/you-get-pregnant/knowing-if-you-are-pregnant

Pregnancy testing | betterhealth.vic.gov.au. (2021). Retrieved 13 April 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/pregnancy-testing

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita