backup og meta
Kategori

7

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

Manfaat Folavit untuk Promil dan Aturan Minumnya

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 13/09/2023

Manfaat Folavit untuk Promil dan Aturan Minumnya

Bagi calon ibu dan ayah yang sedang merencanakan kehamilan, perlu diketahui bahwa Folavit memiliki banyak manfaat untuk program hamil (promil).

Asam folat yang terkandung di dalam Folavit merupakan salah satu asupan penting yang perlu didapat oleh wanita yang berencana hamil, ibu yang sedang mengandung, serta pria yang ingin meningkatkan kesuburannya.

Apa saja manfaat Folavit untuk promil? Berapa lama Anda perlu minum Folavit agar cepat hamil? Ketahui di bawah ini.

Apa kegunaan Folavit untuk program hamil?

Folavit

Folavit adalah suplemen makanan dengan kandungan utama berupa asam folat. Suplemen ini umumnya digunakan untuk membantu mengatasi anemia serta meningkatkan ketahanan sel-sel tubuh.

Selain itu, Folavit juga bisa dijadikan sebagai suplemen tambahan untuk promil. Kandungan asam folat di dalamnya dipercaya bisa membantu meningkatkan kesuburan.

Begitu seorang wanita mengalami kehamilan, kadar asam folat dalam suplemen ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim.

Meski begitu, perlu diingat bahwa penggunaan setiap obat, termasuk suplemen, perlu mengikuti aturan yang tertera pada label kemasan atau anjuran dari dokter.

Terlebih, masa kehamilan merupakan waktu yang rentan, baik bagi calon ibu maupun janin, sehingga penggunaan obat selama masa ini perlu lebih diperhatikan.

Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan Folavit, baik sebelum atau selama hamil.

Apalagi, melansir dari American Pregnancy Association, setiap tubuh memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menyerap asam folat sebagai bentuk sintetis dari vitamin B9.

Oleh karena itu, jika diperlukan, pemeriksaan genetik dapat dilakukan sebagai bagian dari program hamil untuk memastikan kondisi kesehatan calon ibu dan ayah.

Saat sedang merencanakan kehamilan, pertimbangkan untuk menjalani tes genetik. Ini bertujuan untuk memastikan kondisi tubuh Anda sehingga program hamil bisa disesuaikan, termasuk apakah perlu mengonsumsi suplemen asam folat.

Dr. Chris D. dari American Pregnancy Association

Manfaat asam folat dalam Folavit untuk promil

asam folat untuk promil

Mengonsumsi Folavit untuk promil bisa memberi manfaat tersendiri bagi ibu dan janin sebelum dan selama masa kehamilan.

Pasalnya, Folavit mengandung asam folat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh ibu serta tumbuh-kembang janin. Berikut adalah berbagai manfaat asam folat dalam suplemen ini untuk promil.

1. Melancarkan menstruasi

Siklus haid yang tidak lancar bisa menandakan suatu masalah pada sistem hormon atau reproduksi. Kondisi tersebut biasanya juga akan berpengaruh kepada tingkat kesuburan.

Ini karena tidak terjadinya menstruasi artinya tidak ada sel telur yang terbentuk atau matang. Tanpa sel telur tersebut, tidak ada yang bisa dibuahi oleh sperma.

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Ann Epidemiol (2015), asam folat diketahui bisa digunakan untuk memperbaiki siklus menstruasi agar menjadi lebih teratur.

Dengan mengonsumsi asam folat yang cukup, siklus menstruasi pada wanita bisa menjadi lebih lancar.

Maka dari itu, bagi wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur, penggunaan folavit untuk promil mungkin diperlukan.

2. Meningkatkan kesuburan pria 

Asam folat ternyata tidak hanya bermanfaat untuk wanita, tetapi juga bisa meningkatkan kesuburan pria. Jadi, penggunaan Folavit untuk promil mungkin perlu dilakukan oleh kedua belah pasangan.

Pasalnya, kadar folat dalam sperma berkaitan dengan jumlah dan kualitas sperma itu sendiri. Bahkan, kestabilan DNA yang buruk pada pria bisa ditandai dengan kadar folat yang rendah.

Penelitian menunjukan, semakin rendah kadar asam folat di dalam sperma seorang pria, semakin rendah pula jumlah dan kualitas sperma yang dimilikinya.

Oleh karena itu, mengonsumsi asam folat dipercaya bisa membantu meningkatkan kesuburan pria sehingga mempercepat proses terjadinya kehamilan pada pasangan.

3. Menurunkan risiko bayi cacat

Setiap wanita dalam usia reproduksi disarankan untuk mengonsumsi asam folat, baik saat sedang merencanakan kehamilan maupun tidak.

Asam folat bisa membantu pertumbuhan sel baru di dalam tubuh. Setelah pembuahan berhasil, asam folat akan membantu pertumbuhan janin di dalam rahim.

Bukan cuma itu, kecukupan asam folat di dalam tubuh ibu juga bisa membantu mencegah keguguran serta berbagai penyakit atau kelainan bawaan yang mungkin dialami oleh janin.

Utamanya, asam folat berfungsi untuk membantu tumbuh-kembang tulang belakang dan otak janin.

Dilansir dari situs Tommy’s, dengan jumlah asam folat yang cukup, risiko terjadinya cacat tabung saraf (spina bifida) pada bayi bisa turun hingga 70 persen.

Tidak hanya itu, asam folat juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung bawaan dan berat badan lahir rendah (BBLR) pada bayi.

Cara minum Folavit agar cepat hamil

asam folat mencegah anencephaly

Vitamin B9 sebenarnya terkandung secara alami dalam beberapa jenis makanan. Sementara itu, asam folat yang terkandung dalam Folavit merupakan jenis vitamin B9 buatan atau sintetis.

Dalam program hamil (promil), Folavit bisa dikonsumsi sebagai suplemen untuk membantu memenuhi kebutuhan asam folat menjelang dan selama masa kehamilan.

Lantas, berapa lama Anda harus minum folavit agar cepat hamil? Umumnya, suplemen ini perlu dikonsumsi sejak tiga minggu sebelum pembuahan atau dilakukannya program hamil.

Namun, jika kehamilan telah terjadi, Anda bisa segera mulai mengonsumsi asam folat untuk promil hingga kehamilan mencapai usia 12 minggu.

Setelah 12 minggu, pertumbuhan tabung saraf pada janin sudah sempurna sehingga suplemen asam folat biasanya tidak lagi diperlukan.

Lalu, berapa dosis Folavit untuk promil? Gambaran dosisnya secara umum adalah sebagai berikut.

  • 400 mcg per hari untuk pria.
  • 400–1.000 mcg per hari untuk wanita.
  • 600 mcg per hari untuk ibu hamil.

Dosis tersebut bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung kondisi kesehatannya. Dokter mungkin akan menyarankan dosis yang lebih tinggi pada kondisi berikut ini.

  • Anda atau pasangan Anda memiliki cacat tabung saraf.
  • Terjadi cacat tabung saraf pada kehamilan sebelumnya.
  • Ada riwayat cacat tabung saraf di dalam keluarga.
  • Anda mengidap diabetes.
  • Anda sedang mengonsumsi obat antikejang.

Ingatlah untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat selama kehamilan atau ketika berencana hamil.

Penggunaan obat yang salah berisiko menimbulkan efek samping pada Anda dan calon bayi Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 13/09/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan