Benarkah Wanita yang Jadi Perokok Pasif Berisiko Susah Hamil?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12/02/2020
Bagikan sekarang

Rokok tak hanya bahaya bagi mereka yang merokok secara aktif, tapi juga para perokok pasif. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mencatat bahwa paparan rokok menyebabkan 41.000 kematian pada orang yang tidak merokok. Wanita perokok pasif memang diduga berisiko susah memiliki keturunan alias mandul. Namun, apa benar wanita yang menjadi perokok pasif susah hamil?

Apa benar wanita yang jadi perokok pasif berisiko mandul?

Tahukah Anda bahwa satu batang rokok mengandung 4.000 bahan kimia saat dibakar? Ya, 250 bahan kimia di antaranya bisa menyebabkan kanker. Tak hanya menimbulkan gangguan kesehatan untuk perokok, asap yang timbul juga dapat menimbulkan bahaya gangguan kesehatan untuk perokok pasif.

Pria dan wanita yang berada di sekeliling orang yang merokok akan menjadi perokok pasif dan dampaknya bagi wanita bisa menyebabkan mandul atau susah hamil.

Sebagai contoh, ketika Anda mengobrol dengan rekan kerja yang sedang merokok. Asap rokok tidak hanya dihirup oleh sang perokok, tapi juga Anda sebagai perokok pasif  yang berada di sampingnya.

Selain itu, menurut sebuah laporan yang diterbitkan pada Annals Thoracic Medicine, asap rokok bisa menempel di berbagai benda, seperti pakaian, sofa, karpet, atau tirai. Ini memungkinkan bahan kimia yang ada di dalam rokok berpindah dan terhirup oleh orang lain sekalipun tak lagi berdekatan dengan perokok.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wanita yang menjadi perokok pasif disebut-sebut memiliki risiko mengalami ketidaksuburan alias mandul yang lebih tinggi.

Sebuah studi tahun 2000 yang diketuai oleh W. Christopher L. Ford, PhD, menunjukkan bahwa wanita yang menghirup asap rokok sebagai perokok pasif dari orang di sekitarnya lebih sulit untuk hamil atau mandul. Ford menyebutkan, “Paparan asap rokok pasif ini membuat Anda seolah-olah ikut merokok, bahkan Anda bisa menghirup lebih banyak asap rokok.”

Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, hasilnya menunjukkan bahwa wanita yang selama setahun menghindari paparan rokok, wanita memiliki peluang hamil lebih tinggi dibanding wanita yang menjadi perokok pasif.

Bagaimana rokok bisa memengaruhi kesuburan?

bahaya asap rokok bagi perokok pasif

Merokok dikaitkan dengan berbagai masalah kesuburan, salah satunya mandul pada wanita yang jadi perokok pasif. Diduga, wanita yang menjadi perokok pasif bisa mengalami sulit hamil. Akan tetapi, tidak hanya itu saja efek yang bisa dirasakan oleh perokok pasif wanita.

Beberapa efek asap rokok yang mungkin dirasakan oleh wanita perokok pasif yang tengah merencanakan kehamilan, meliputi:

  • Jumlah sel telur berkurang karena sel telur menua sebelum waktunya.
  • Kerusakan DNA pada folikel ovarium (tempat sel telur berkembang dan matang).

Untuk Anda yang telah hamil, asap rokok juga bisa memengaruhi kehamilan, seperti:

Masalahnya, dampak buruk seperti susah hamil atau bahkan mandul yang dirasakan, sama halnya dengan yang dialami oleh orang yang aktif merokok. Artinya, meski Anda tidak merokok, tubuh Anda bereaksi seolah-olah Anda seorang perokok.

Pasalnya, jika Anda berdekatan dengan perokok aktif, asap rokok yang mereka hisap juga bisa menempel pada pakaian, rambut, dan benda-benda lain yang melekat pada tubuh Anda.

Bagaimana pengaruh asap rokok terhadap kehamilan?

Tidak hanya mandul, bahkan perokok pasif wanita mungkin saja mengalami keguguran dalam percobaan in vitro fertilization (IVF). IVF adalah salah satu prosedur medis untuk mendapatkan seorang anak, biasa juga dikenal sebagai program bayi tabung. Bayangkan, Anda sudah berusaha hingga melakukan prosedur medis tertentu untuk memiliki momongan. Akan tetapi asap rokok yang bahkan tidak Anda hisap bisa mengacaukan segalanya.

Pengaruh asap rokok tidak hanya bisa menyebabkan seorang perokok pasif wanita mandul atau susah hamil. Meski Anda ‘berhasil’ hamil sekali pun, asap rokok juga bisa mempengaruhi kehamilan Anda. Sebagai contoh, meski tidak mandul, Anda akan lebih rentan mengalami keguguran sebagai seorang perokok pasif.

Bahkan saat Anda berhasil melahirkan, ada kemungkinan anak Anda mengalami cacat fisik saat lahir. Oleh sebab itu, daripada Anda menjadi seorang perokok pasif wanita dan mengalami berbagai masalah kesuburan seperti susah hamil, atau masalah kehamilan seperti keguguran dan cacat lahir, sebaiknya Anda menjauhi segala sumber asap rokok.

Apalagi jika Anda seorang perokok aktif, akan lebih baik jika Anda berhenti merokok untuk kesehatan Anda dan lingkungan. Tentu Anda tidak mau kan, menjadi penyebab orang yang menjadi perokok pasif di sekitar Anda mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Cara menurunkan risiko mandul pada wanita perokok pasif

bahaya rokok

Sebenarnya, menghindari paparan asap rokok tidak hanya perlu dilakukan oleh wanita yang khawatir terhadap kesuburannya. Ingat, asap rokok berdampak buruk pada organ tubuh lainnya, bukan hanya membuat perokok pasif wanita susah hamil.

Hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko gangguan kesuburan sebagai perokok pasif adalah mengurangi paparan asap rokok. Anda lebih baik tidak menghabiskan waktu terlalu sering dengan orang lain yang merokok agar mengurangi risiko mandul atau susah hamil.

Tidak hanya itu, Anda juga sah-sah saja untuk meminta orang lain di sekitar Anda untuk mematikan rokok karena hal tersebut bisa menyebabkan Anda mandul sebagai perokok pasif wanita. Namun, jika Anda memang seorang perokok aktif dan bukannya pasif, cobalah untuk berhenti dari kebiasaan tersebut. 

Bila Anda menjadi perokok pasif karena pasangan merokok, cobalah bicarakan hal ini. Apalagi jika Anda tengah dalam program hamil dan mendambakan kehadiran seorang anak. Bantulah pasangan Anda untuk keluar dari kebiasaan buruk ini, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir akan mandul karena menjadi perokok pasif wanita. 

“Anda mungkin perlu mengajak pasangan untuk konsultasi ke dokter kandungan,” saran Sarah Vij, MD, seorang dokter kandungan di Cleveland Clinic.

Dokter dapat memberi pemahaman bagaimana rokok bisa memengaruhi kesuburan Anda sebagai perokok pasif wanita yang berisiko mandul atau susah hamil. Tidak hanya itu, dokter juga akan memberikan saran lebih lanjut untuk melindungi kesehatan sang calon ibu dan bayi.

Sebisa mungkin menjauhi asap rokok dari rekan, anggota keluarga, atau orang lain di sekitar Anda. Agar tidak  mandul karena menjadi perokok pasif wanita, gunakan masker untuk mengurangi paparan rokok sekaligus polusi udara yang dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan Anda.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Rokok Kretek: Kandungan dan Bahayanya untuk Kesehatan

Rokok kretek adalah rokok asli Indonesia yang tak kalah berbahaya dengan rokok filter biasa. Kenali kandungan dan bahayanya dalam ulasan berikut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

11 Cara Berhenti Merokok yang Terbukti Ampuh dan Bebas Risiko “Sakau”

Selain kanker paru, ada banyak penyakit yang mengintai perokok aktif. Segera cari cara berhenti merokok yang paling pas agar tak menyesal di kemudian hari.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

4 Keinginan Pria Saat Pacaran yang Perlu Dimengerti Wanita

Bukan hanya wanita, pria juga juga punya keinginan untuk lebih dimengerti saat pacaran. Apa saja keinginan tersebut? Intip pada ulasan berikut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Shisha, Alternatif Lain dari Rokok yang Tak Kalah Berbahaya untuk Tubuh

Bahaya atau efek samping shisha dianggap lebih aman dari rokok. Pasalnya secara rasa shisha juga cenderung lebih enak dan manis. Namun, bernarkah begitu?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Direkomendasikan untuk Anda

puasa pengaruhi kesuburan

Apakah Puasa Memengaruhi Kesuburan untuk Hamil?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 29/04/2020
ciri ciri subur

8 Ciri Wanita Sedang dalam Masa Subur

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 08/04/2020
penggumpalan darah

Benarkah Rokok Menyebabkan Penggumpalan Darah?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 19/03/2020
cara membersihkan paru-paru perokok pasif

7 Cara Efektif Membersihkan Paru-Paru Perokok Pasif

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 13/02/2020