Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Ingin Hamil? Ketahui Dulu Ukuran Lingkar Lengan Atas Anda

Ingin Hamil? Ketahui Dulu Ukuran Lingkar Lengan Atas Anda

Apakah dalam waktu dekat Anda merencanakan untuk hamil? Wanita yang ingin hamil harus memperhatikan beberapa hal seperti status gizi dan status kesehatan mereka. Status gizi yang normal sangat penting bagi wanita yang ingin hamil, karena memperkecil kemungkinan untuk terjadinya komplikasi saat kehamilan nanti. Bahkan status gizi wanita sebelum hamil dapat menentukan status gizi si anak hingga ia usia dewasa.

Tetapi, status gizi tidak hanya diukur dengan cara menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan saja, bisa juga diketahui dari ukuran lingkar lengan atas seseorang, atau yang sering disebut sebagai ukuran LiLA.

Mengetahui ukuran lingkar lengan atas penting bagi Anda yang ingin hamil

Pengukuran LiLA adalah cara pengukuran untuk dilakukan untuk mengetahui status gizi dan apakah seseorang mengalami kekurangan energi kronis (KEK) atau tidak. Tidak seperti berat badan yang dapat berubah dalam waktu yang cepat, ukuran LiLA seseorang membutuhkan waktu yang lama untuk berubah. Karena itu LiLA digunakan untuk mengukur status gizi masa lampau.

LiLA memang lebih sering dilakukan pada wanita usia subur dan ibu hamil. Hal ini disebabkan LiLA dianggap merupakan cara pengukuran yang efisien dan efektif untuk mengetahui risiko kekurangan energi kronis yang lebih banyak terjadi pada kaum wanita, apalagi ibu hamil.

Mengapa pengukuran LiLA penting bagi wanita yang ingin hamil?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa LiLA adalah cara ukur untuk mengetahui risiko KEK pada seorang wanita dan ibu hamil. Kekurangan energi kronis (KEK) adalah masalah gizi yang disebabkan karena kekurangan asupan makanan dalam waktu yang cukup lama, hitungan tahun. Batas nilai normal yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI untuk pengkuran LiLA yaitu 2,35 cm. Jika seorang wanita atau ibu hamil memiliki LiLA kurang dari 23,5 cm maka dianggap status gizinya kurang dan mengalami KEK.

Sementara, apabila KEK dialami oleh seorang ibu hamil maka akan berdampak buruk bagi ia dan janinnya. Ibu hamil yang KEK berisiko untuk mengalami berbagai komplikasi kehamilan seperti, keguguran, pertumbuhan janin tidak maksimal, kesulitan saat melahirkan, bayi lahir cacat, bayi lahir dengan berat badan yang rendah, bahkan kematian bayi saat lahir.

Lemak pada lengan dibutuhkan wanita jika ingin hamil

Pengukuran LiLA menggambarkan jaringan otot dan lapisan lemak di bawah kulit atau lemak subkutan di lengan atas wanita. Lemak subkutan merupakan lemak yang berfungsi sebagai cadangan energi di dalam tubuh. Ketika energi yang didapatkan dari gula sudah habis, tetapi tubuh masih membutuhkan energi untuk melakukan fungsi tubuhnya, maka lemak yang ada di bawah kulit ini yang akan diubah menjadi gula kemudian menjadi bahan dasar dari energi.

Ketika seorang wanita memiliki lingkar lengan atas yang kecil, hal ini menandakan bahwa ia tidak memiliki cadangan lemak yang baik. Padahal cadangan lemak ini sangat ia butuhkan ketika masa kehamilan. Energi yang dibutuhkan saat wanita hamil meningkat dari kebutuhannya sebelum hamil. Dengan adanya cadangan lemak yang ada di LiLA mencegah ibu hamil mengalami kekurangan energi.

Lalu, bagaimana cara mengukur LiLA?

Sebelum merencanakan kehamilan, sebaiknya ketahui dulu berapa lingkar lengan atas Anda. Anda dapat mengetahui dan mengukur lingkar lengan atas Anda sendiri dengan menggunakan meteran jahit – meskipun memang lebih baik untuk menggunakan pita khusus LiLA. Untuk mengukurnya, mintalah bantuan pasangan atau orang lain untuk membantu Anda dan lakukan langkah berikut:

  1. Tentukan lengan mana yang akan diukur. Jika Anda menggunakan tangan kanan sebagai tangan yang dominan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, maka pengkuran LiLA dilakukan pada lengan kiri. Begitu pun sebaliknya.
  2. Kemudian, tekuk lengan membentuk siku-siku. Ukurlah panjang lengan atas, dari tulang bahu hingga siku. Lalu tandai titik tengah dari panjang lengan atas tersebut.
  3. Lingkarkan pita meteran di titik tengah yang sudah ditentukan, namun jangan terlalu ketat dan terlalu longgar melingkarkannya.
  4. Kemudian baca angka yang tertera pada meteran dan Anda pun mengetahui ukuran LiLA Anda.
Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7
Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Chomtho, S., Fewtrell, M., Jaffe, A., Williams, J. and Wells, J. (2006). Evaluation of Arm Anthropometry for Assessing Pediatric Body Composition: Evidence from Healthy and Sick Children. Pediatric Research, 59(6), pp.860-865.

Departemen kesehatan RI. 1994.. Penggunaan Alat Ukur Lingkar Lengan Atas Pada Wanita Usia Subur (WUS). Depkes RI.

Gibson, Rosalind. 2005. Principle of Nutritionl Assessment Second Edition. Oxford University Press. New York.

Martorell R, Yarbrough C, Lechtig A, Delgado H, Klein RE. 1976. Upper arm anthropometric indicators of nutritional status. Am J Clin Nutr.  Jan;29(1):46-53.

Trowbridge FL, Hiner CD, and Robertson DA. 1982. Arm muscle indicators and creatinine excretion in children. Am J Clin Nutr. 36: 691-6.

Who.int. (2017). WHO | Mid-upper arm circumference at age of routine infant vaccination to identify infants at elevated risk of death: a retrospective cohort study in the Gambia. [online] Available at: http://www.who.int/bulletin/volumes/90/12/12-109009/en/  [Accessed 26 Jan. 2017].

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 16/08/2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team