Hydrosalpinx, Sumbatan Pada Tuba Fallopi yang Bisa Bikin Sulit Hamil

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/04/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Tuba fallopi adalah dua pipa yang menjadi jalur perjalanan sel telur dari indung telur (ovarium) ke rahim. Adanya sumbatan pada saluran tersebut dapat mengganggu fungsi tuba fallopi. Sumbatan pada tuba fallopi adalah sebuah kondisi yang dinamakan hydrosalphinx. Padahal agar kehamilan bisa terjadi, sel telur harus dibuahi dulu oleh sperma di tuba fallopi sebelum akhirnya menempel di rahim. Itu sebabnya gangguan pada fungsi tuba fallopi bisa menyebabkan wanita sulit hamil.

Mengenal hydrosalphinx dan efeknya terhadap fungsi tuba fallopi dan kesuburan wanita

Hydrosalpinx adalah gangguan fungsi tuba fallopi akibat adanya sumbatan cairan. Kondisi ini dapat dipicu oleh banyak hal, mulai dari infeksi, peradangan, hingga efek samping dari prosedur bedah di sekitar organ reproduksi.

Sumbatan cairan tersebut dapat menghalangi sel telur bertemu sperma sehingga pembuahan tidak dapat terjadi, atau menghalangi zigot (hasil pembuahan) untuk turun ke rahim sehingga kehamilan tidak dapat terjadi.

Dari dua pasang pipa tuba fallopi, biasanya hanya salah satu sisi saja yang melepaskan sel telur. Maka sebenarnya jika sumbatan hanya ada pada satu pipa, kehamilan masih mungkin untuk terjadi dari pipa yang tidak mengalami sumbatan. Namun, bukan berarti kehamilan tersebut tanpa risiko dan komplikasi.

Hydrosalphinx tetap dapat menyebabkan gangguan kehamilan, karena cairan yang menyumbat bisa merembes hingga ke dalam rahim dan menyulitkan proses penempelan zigot alias proses implantasi.

Berbagai hal yang dapat menyebabkan hydrosalphinx

Sumbatan pada tuba fallopi bisa timbul akibat berbagai hal. Sebagian besar dari kasus hydrosalphinx disebabkan oleh:

Penyebab hidrosalphinx tidak hanya berakar dari masalah organ reproduksi saja. Infeksi atau peradangan yang terjadi pada organ lain yang berdekatan dengan organ reproduksi atau di sekitar area panggul bisa ikut mengganggu fungsi tuba fallopi untuk membantu proses kehamilan. Kenapa?

Sel pemicu radang yang menjadi bagian dari pertahanan tubuh bisa menyebar hingga ke tuba fallopi. Proses penyembuhan radang tersebut dapat merusak jaringan fimbria yang membantu perjalanan sel telur di sepanjang tuba falopi serta menyebabkan penutupan dari saluran tersebut.

Bagaimana hydrosalphinx dapat dikenali?

Pada umumnya hydrosalphinx tidak menunjukan gejala yang jelas. Banyak perempuan yang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki sumbatan pada tuba falopi. Hydrosalphinx baru terdeteksi ketika mereka memeriksakan diri ke dokter karena terus gagal mencoba hamil, atau karena masalah kesuburan.

Jika disebabkan oleh infeksi atau peradangan, hydrosalphinx dapat ditandai dengan rasa nyeri di sekitar perut dan area panggul serta keluarnya cairan dari vagina.

Untuk meresmikan diagnosis, kemungkinan dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti:

  • Sonohysterosalpingography – menggunakan cairan yang dialirkan dari serviks ke dalam rahim.
  • Ultrasound – untuk memeriksa keabnormalan pada organ reproduksi, namun tingkat deteksinya tidak terlalu baik.
  • Hysterosalpingogram – pemeriksaan sumbatan pada area tuba falopi dengan menggunakan rontgen.
  • Laparoskopi – pemeriksaan yang cukup efektif untuk mendeteksi gangguan fertilitas lainnya yang dilakukan dengan membuat luka kecil dan dangkal di sekitar perut untuk memasukkan kamera agar dokter bisa melihat ke dalam organ reproduksi dan mengeluarkan cairannya jika ditemukan.

Apa yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kesuburan?

Karena hydrosalphinx bisa disebabkan oleh banyak hal, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah kesuburan yang mungkin diakibatkannya.

Diskusikan dengan dokter Anda metode mana yang paling sesuai dengan masalah yang dialami.

  • Pembedahan untuk mengangkat tuba falopi yang telah rusak akibat sumbatan. Hal ini terkadang bukan metode yang paling baik karena dapat mengganggu aliran darah serta mengurangi keberhasilan peluang hamil lewat bayi tabung (IVF).
  • Sclerotherapy. Metode pengobatan dengan menyuntikkan cairan penyebab iritasi pada tuba falopi sehingga mengalami pembengkakan dan mendorong cairan keluar. Meskipun efektif namun ada peluang penumpukan cairan kembali lagi.
  • Perbaikan saluran yang tersumbat. Dilakukan dengan pembedahan disekitar organ reproduksi untuk mengeluarkan cairan dari dalam tuba falopi. Meskipun efektif dan dilakukan tanpa menghilangkan tuba falopi namun terdapat peluang penyumbatan cairan terjadi lagi.

Program bayi tabung bisa dilakukan setelah menjalani salah satu metode di atas untuk mencoba hamil. Peluang sukses hamil dari metode ini adalah sekitar 40 persen

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ingin Segera Hamil? Coba Berhubungan Seks Saat Liburan

Sudah coba berbagai cara tapi belum hamil juga? Yuk, kemas koper dan cari tiket untuk liburan! Seks saat liburan rupanya bisa tingkatkan peluang hamil, lho.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesuburan, Kehamilan 17/04/2019 . 4 menit baca

Kupas Tuntas Hipogonadisme, Gangguan Hormon Pemicu Masalah Kesuburan

Hipogonadisme adalah gangguan hormon yang dapat membuat pria atau wanita menjadi tidak subur. Lantas, apa saja penyebab dan gejalanya? Cari tahu disini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 19/10/2018 . 5 menit baca

Minum Aspirin Bisa Meningkatkan Peluang Hamil, Kata Penelitian

Penelitian menemukan bahwa wanita dengan peradangan, bisa memiliki peluang hamil lebih besar dengan minum aspirin. Namun, benarkah demikian?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 29/09/2018 . 3 menit baca

5 Mitos Seputar Penyakit PCOS yang Sebenarnya Keliru

Lima dari 10 wanita didiagnosis memiliki penyakit PCOS. Penyakit ini cukup umum terjadi, tapi masih banyak yang salah kaprah soal penyakit ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 19/09/2018 . 3 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . 5 menit baca
tanda istri hamil

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . 6 menit baca
puasa pengaruhi kesuburan

Apakah Puasa Memengaruhi Kesuburan untuk Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 29/04/2020 . 3 menit baca
tes kesuburan wanita

Mengenal Beragam Tes Kesuburan dan Pemeriksaan Organ Reproduksi Pada Wanita

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 04/11/2019 . 4 menit baca