Dapatkah Akupuntur Membantu Cepat Hamil?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Terkadang bagi beberapa pasangan, untuk dapat mempunyai anak membutuhkan usaha yang lebih dan harus sabar menunggu dalam waktu yang tidak sebentar. Tidak sedikit pasangan yang sudah melakukan segala cara untuk dapat mempunyai anak, tetapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda kehamilan dari sang istri.

Namun, apakah Anda sudah mencoba akupuntur untuk membantu cepat hamil? Akupuntur mungkin dapat menjadi cara terakhir Anda untuk dapat mempunyai anak karena akupuntur dapat meningkatkan kesuburan, baik pada wanita maupun pria.

Akupuntur sebagai usaha untuk cepat hamil

Seperti yang telah kita ketahui, akupuntur merupakan salah satu pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok. Akupuntur dilakukan dengan cara menusukkan jarum tipis ke titik-titik tertentu pada tubuh. Tapi, Anda jangan takut, Anda tidak akan merasakan sakit ketika jarum-jarum tipis tersebut ditusukkan pada tubuh Anda. Dan, kelebihannya lagi adalah akupuntur hanya akan menimbulkan efek samping yang sedikit, misalnya memar yang ringan pada kulit akibat dari penusukan jarum.

Jarum yang ditusukkan pada kulit ini dapat merangsang penyaluran energi sepanjang titik-titik tertentu pada tubuh. Anda mungkin akan merasa lebih tenang, lebih berenergi, atau merasa mengalami perubahan pada tubuh, seperti penurunan atau peningkatan hormon tertentu, atau peningkatan aliran darah ke bagian tubuh tertentu, seperti panggul.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu mengobati masalah ketidaksuburan yang diakibatkan oleh gangguan keseimbangan hormon, seperti sindrom ovarium polikistik/ PCOS, yang membuat Anda sulit hamil.  Selain itu, akupuntur juga dapat meningkatkan keberhasilan dari program bayi tabung yang Anda jalani.

Penelitian di Jerman pada tahun 2002 menemukan bahwa akupuntur dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan pada 160 wanita yang sedang menjalani program bayi tabung. Sebesar 42% wanita yang melakukan akupuntur berhasil hamil, sedangkan 26% yang tidak melakukan akupuntur dinyatakan tidak berhasil hamil. Para peneliti menduga bahwa akupuntur dapat membantu meningkatkan aliran darah ke rahim dan membuat jaringan pada otot rileks, sehingga memberikan kesempatan yang lebih pada sel telur yang telah dibuahi sperma untuk menempel pada rahim.

Selain itu, akupuntur juga terbukti dapat menurunkan tingkat stres. Hal ini tentu berpengaruh pada kesempatan Anda untuk hamil karena hormon stres yang tinggi dapat menurunkan hormon kesuburan, seperti hormon progesteron. Sehingga jika tingkat stres Anda berkurang, maka peluang Anda untuk hamil juga semakin besar.

Kapan saya dapat melakukan akupuntur?

Penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu pasangan dalam menjalani proses bayi tabung, namun apakah akupuntur dapat membantu Anda untuk cepat hamil pada umumnya belum terbukti. Meskipun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat meningkatkan kesuburan.

Jika Anda mempunyai masalah ketidaksuburan yang disebabkan karena gangguan hormon, Anda bisa langsung melakukan akupuntur setelah mengetahui bahwa Anda menderita penyakit tersebut. Bagi Anda yang ingin melakukan program bayi tabung, sebaiknya Anda melakukan akupuntur beberapa bulan (3-4 bulan) sebelum proses bayi tabung dijalani.

Dalam sebuah studi oleh Stener-Victorin, et al dari Departments of Obstetrics and Gynecology Fertility Centre, Skandinavia dan University of Gothenburg, wanita sebaiknya melakukan akupuntur pada saat sebelum dan setelah transfer embrio (sel telur yang telah dibuahi sperma) ke dalam rahim dilakukan.

Akupuntur mungkin dapat menjadi cara Anda dan pasangan untuk mewujudkan harapan cepat memiliki momongan. Jika Anda ingin mencobanya, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter Anda dan carilah ahli akupuntur yang bersertifikat atau Anda juga bisa menemukan dokter spesialis akupuntur. Tidak ada salahnya untuk terus mencoba agar kebahagiaan keluarga kecil Anda menjadi lebih lengkap.

Apakah suami saya perlu melakukan akupuntur juga?

Ya, sebaiknya Anda dan pasangan sama-sama melakukan akupuntur. Selain untuk wanita, akupuntur juga terbukti dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupuntur yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan jumlah dan pergerakan dari sperma.

Penelitian oleh Fertility and Sterility pada tahun 2005 yang dilakukan pada pria yang tidak subur dan mendapatkan akupuntur, menunjukkan bahwa akupuntur berhubungan dengan berkurangnya cacat struktural pada sperma dan meningkatkan jumlah sperma normal. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa akupuntur dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas dari sperma.

BACA JUGA

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

    Ginseng Korea diyakini bisa mengatasi masalah pria, dari impotensi hingga ejakulasi dini. Tapi apakah manfaat ginseng ini sudah terbukti dan teruji klinis?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Seks & Asmara 5 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

    Manfaat Terapi Akupuntur untuk Gangguan Sistem Saraf Tepi

    Terapi akupuntur ternyata dapat memberikan manfaat untuk meringankan gejala dari gangguan sistem saraf tepi. Berikut penjelasan lengkapnya!

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Gangguan Saraf, Health Centers 28 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

    Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

    Munculnya kista saat hamil adalah hal yang umum terjadi. Walau biasanya tidak berbahaya, ibu hamil perlu memahami apa saja pengaruhnya terhadap kandungan.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

    Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

    Tak hanya wanita yang harus memerhatikan perubahan pada dirinya. Sebagai suami Anda juga harus peka melihat tanda istri hamil dan segera mempersiapkan diri.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat 13 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    perkembangan janin 14 minggu

    Kapan Boleh Mencoba Hamil Lagi Setelah Keguguran?

    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 4 menit
    pelumas seks lubrikan bikin susah hamil

    Hati-hati, Pelumas Seks Bisa Bikin Susah Hamil

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 9 September 2020 . Waktu baca 4 menit
    makan toge

    Makan Taoge Bikin Pria Lebih Subur, Fakta atau Mitos?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 3 September 2020 . Waktu baca 3 menit
    cek kehamilan dengan test pack

    Kapan Saya Bisa Mulai Cek Kehamilan dengan Test Pack?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 11 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit