Cara Mengenali Ciri-ciri Wanita Tidak Subur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/02/2020 . 7 menit baca
Bagikan sekarang

Ada berbagai anggapan yang tidak benar dalam masyarakat yang menyatakan sebagai ciri-ciri wanita tidak subur. Jangan langsung percaya anggapan tersebut. Bagaimana sebenarnya ciri wanita tidak subur? Apakah ketidaksuburan bisa dilihat secara fisik? Ini dia penjelasan yang lengkap dari sisi medis.

Apa saja ciri wanita yang tidak subur?

Sebelum mencari tahu apa saja ciri wanita tidak subur, Anda perlu tahu bahwa tidak ada tanda fisik yang menunjukkan hal tersebut secara kasat mata. Untuk mengetahui subur atau tidaknya seorang wanita, Anda bisa melakukan serangkaian tes yang dilakukan oleh dokter di rumah sakit.

Akan tetapi, memang ada beberapa gejala yang bisa Anda rasakan guna mengetahui adanya masalah dalam tubuh Anda yang berkaitan dengan ketidaksuburan. Simak dengan baik ciri-cirinya di bawah ini.

1. Gangguan siklus menstruasi

Salah satu ciri fisik wanita tidak subur adalah gangguan siklus menstruasi. Ada beberapa gangguan siklus menstruasi yang mungkin terjadi.

Siklus menstruasi tidak teratur

Ciri fisik ini mungkin tidak terlihat, namun bisa dirasakan oleh penderitanya. Normalnya, siklus menstruasi wanita berkisar sekitar 28 hari sampai 35 hari.  Namun, setiap wanita punya siklus dan waktu yang berbeda-beda. Asalkan waktunya konsisten, menstruasi Anda bisa dibilang normal.

Bila siklus menstruasi Anda tidak teratur, hal itu bisa disebabkan karena adanya ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai sindrom ovarium polikistik (PCOS).

PCOS adalah kondisi di mana folikel kecil di ovarium tidak berkembang menjadi folikel matang guna melepaskan telur. Folikel tidak matang ini akan membuat Anda sulit untuk hamil

Jika siklus menstruasi Anda berubah-ubah setiap bulannya, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda mungkin tidak subur.

Warna darah haid terlalu pucat atau terlalu gelap

Warna darah menstruasi yang terlalu pucat atau terlalu gelap juga bisa menjadi salah satu ciri fisik wanita tidak subur. Pasalnya, jika warna darah haid menjadi lebih pucat dari biasanya, Anda mungkin perlu memeriksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter.

Hal ini disebabkan, warna menstruasi yang terlalu pucat tergolong tidak normal. Sementara itu, normalnya, darah menstruasi berwarna merah darah di awal menstruasi dan menjadi semakin gelap seiring waktu. Akan tetapi, jika warna terlalu gelap, hal ini mungkin pertanda Anda mengalami endometriosis.

Oleh karenanya, saat Anda mengalami gejala yang tidak normal mengenai warna menstruasi Anda, akan lebih baik jika Anda segera berkonsultasi pada dokter.

Sakit tak tertahankan saat haid

Selain itu, ciri wanita tidak subur juga bisa ditandai dengan rasa sakit yang tidak tertahankan saat menstruasi. Biasanya, menstruasi yang disertai oleh rasa sakit yang hebat menjadi salah satu ciri wanita tidak subur.

Meski begitu, hal ini tidak bisa menjadi satu-satunya tolak ukur mengenai kesuburan. Sementara itu, pada beberapa kasus, rasa sakit yang tak tertahankan saat menstruasi disebabkan oleh endometriosis. Endometriosis adalah suatu kondisi yang sering dikaitkan dengan ketidaksuburan.

Endometriosis adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika adanya jaringan (endometrium) yang tumbuh di luar rahim Anda. Saat jaringan ini tumbuh di luar rahim Anda, biasanya ditemukan di panggul atau perut. Jaringan ini bisa mencegah sperma berenang mencapai sel telur, sehingga bisa mempersulit proses pembuahan.

2. Menopause dini

Masalah lain yang bisa menjadi ciri wanita tidak subur adalah menopause dini. Mungkin ciri ini tidak bisa dilihat oleh orang lain, tapi orang yang mengalaminya bisa melihatnya. Pasalnya, saat Anda mengalami menopause dini, Anda mungkin tidak akan mengalami menstruasi lagi setiap bulannya.

Tentu hal ini menunjukkan bahwa Anda tidak mengalami ovulasi lagi sehingga Anda pun tidak bisa mengalami kehamilan jika sudah mengalami menopause dini. Umumnya, menopause dini ini akan dialami oleh wanita yang baru memasuki usia 40 tahun.

Hal ini bisa ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, vagina kering, kulit mengering, gairah seks menurun, dan gangguan tidur seperti insomnia.

3. Berat badan naik atau turun secara tiba-tiba

Bila bobot tubuh Anda turun atau naik drastis secara tiba-tiba tanpa alasan jelas, hal ini bisa menyebabkan adanya masalah pada kesuburan. Pasalnya, untuk beberapa wanita, kenaikan berat badan yang tak terduga bisa disebabkan oleh PCOS (sindrom ovarium polikistik). Banyak wanita yang memiliki kondisi PCOS juga memiliki kadar hormon insulin yang tinggi.

Tak jarang juga, PCOS akan menyebabkan tubuh mengalami ketidakseimbangan hormon, di mana berat badan Anda bisa naik atau turun secara tiba-tiba.  

Tak hanya itu, menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal berjudul Reproductive Biology and Endocrinologyobesitas juga bisa menjadi salah satu ciri fisik wanita tidak subur. Maka itu, Anda mungkin ingin mengontrol berat badan Anda agar tetap pada angka normal.

4. Perubahan hormon

Salah satu ciri wanita tidak subur adalah perubahan hormon. Anda mungkin tidak bisa melihat secara langsung bagaimana hormon mengalami perubahan di dalam tubuh Anda. Namun, ada beberapa tanda yang bisa Anda lihat pada fisik Anda jika mengalami perubahan hormon, seperti:

  • berat badan yang meningkat tanpa alasan tertentu.
  • jerawat berlebihan.
  • tangan dan kaki yang terasa dingin.
  • kehilangan gairah seks.
  • keluarnya cairan dari payudara.
  • tumbuh rambut pada wajah.
  • rambut rontok dan menipis di pusat kepala.

Oleh karenanya, jika Anda mengalami salah satu dari gejala tersebut, Anda sebaiknya memeriksakan diri Anda ke dokter.

Bagaimana cara mengetahui wanita subur atau tidak?

Alih-alih memerhatikan ciri fisik wanita yang tidak subur, jika Anda merasa ada gangguan kesuburan, lebih baik Anda memeriksakan diri ke dokter. Ada berbagai pilihan pemeriksaan untuk memastikan kesuburan Anda. 

Tes infertilitas

Untuk mengatasi dan mengetahui adanya masalah pada kesuburan Anda, dokter mungkin akan melakukan beberapa tes. Tes darah dapat dilakukan guna memeriksa kadar hormon dan melakukan biopsi endometrium untuk memeriksa lapisan rahim Anda.

Histerosalpingografi (HSG)

Salah satu cara mengetahui adanya ketidaksuburan pada wanita bisa menggunakan prosedur histerosalpingograf. Prosedur menggunakan alat ultrasound (USG) atau sinar-X pada organ reproduksi Anda.

Nantinya, dokter akan menyuntikkan pewarna atau saline ke bagian serviks Anda, yang melalui saluran tuba Anda untuk mengetahui kondisi saluran tuba Anda apakah paten (mandul) atau tidak.

Laparoskopi

Pada proses laparoskopi, dokter akan menggunakan tabung kecil dengan kamera yang dimasukkan ke dalam perut untuk melihat bagian luar rahim, ovarium, dan saluran tuba. Fungsi lainnya, juga untuk mengetahui Anda untuk adanya sumbatan tuba falopi atau pertumbuhan abnormal pada rahim.

Untuk memastikan ciri wanita tidak subur, tidak dapat dilakukan hanya melihat melalui tampilan fisik saja. Anda dapat memeriksa kondisi kesuburan Anda dan pasangan ke dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Bukanlah hal yang mustahil jika Anda ingin segera kembali hamil setelah mengalami keguguran, tapi ketahui dulu beberapa hal berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kesuburan, Kehamilan 18/05/2020 . 5 menit baca

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Puasa bukan menjadi alasan untuk membatasi ibu memberikan gizi yang tepat untuk janin.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . 4 menit baca

4 Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Membatalkan Puasanya

Ibu hamil boleh puasa. Meski begitu, meneruskan puasa bagi ibu hamil dengan kondisi-kondisi ini tak cuma membahayakan kesehatannya, tapi juga bayinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hari Raya, Ramadan 14/05/2020 . 4 menit baca

Berbagai Jenis Gangguan Makan yang Umum Dialami Ibu Hamil

Gangguan makan yang dialami oleh ibu hamil tentu akan memberikan dampak yang berbahaya bagi keselamatan dan perkembangan janin.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 12/05/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 9 menit baca
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . 5 menit baca
depresi pasca melahirkan ayah

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . 5 menit baca
tanda istri hamil

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . 6 menit baca