Tidak Pernah Mual dan Muntah Selama Hamil, Apa Ini Normal?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Salah satu gejala kehamilan yang khas muncul pertama kali adalah mual dan muntah alias morning sicknessMenurut WHO, sekitar 7 dari 10 wanita akan mengalami morning sickness selama tiga bulan pertama kehamilannya, dan bisa berlanjut hingga ke trimester kedua. Uniknya, ada beberapa wanita yang sama sekali tidak mual muntah saat hamil. Apakah ini normal, atau justru pertanda bahaya? Simak ulasannya di sini.

Apa penyebab morning sickness?

Penyebab pasti dari morning sickness belum diketahui pasti. Namun, beberapa ahli percaya hal ini terkait dengan peningkatan hormon estrogen, progesteron, dan HCG selama kehamilan.

Selain perubahan hormon kehamilan, ada beberapa hal lain yang diduga memengaruhi risiko mual muntah saat hamil, yaitu:

  • Penurunan tekanan darah
  • Penurunan gula darah (hipoglikemia) — kadar gula darah rendah di pagi hari dapat memicu sensasi mual setelah bangun tidur
  • Perubahan metabolisme karbohidrat
  • Indera penciuman menajam — sensitivitas indera penciuman biasanya meningkat selama hamil sehingga tubuh dapat bereaksi berlebihan terhadap suatu aroma atau bau tertentu, yang memicu mual muntah saat hamil.

Sejumlah orang percaya bahwa morning sickness bisa dipicu oleh kombinasi perubahan fisik dan stres emosional yang menimbulkan ketidaknyamanan fisik.

Apakah normal kalau tidak mual muntah saat hamil?

Hampir kebanyakan ibu hamil akan mengalami morning sickness. Namun tidak mengalaminya bukan berarti ada yang salah pada tubuh atau kehamilan Anda. Tenang, tidak mengalami morning sickness bukan merupakan gejala keguguran yang mungkin selama ini Anda dengar dari kabar burung. Anda sebenarnya justru patut bergembira jika sama sekali tidak mual muntah saat hamil.

Setiap wanita memiliki caranya tersendiri untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi selama kehamilan. Morning sickness merupakan cara yang paling umum untuk tubuh “mengganti rugi” setiap perubahan-perubahan ini. Nah, wanita yang tidak pernah mengalami mual muntah saat hamil diduga memiliki toleransi yang lebih tinggi dan lebih tahan banting terhadap perubahan yang terjjadi selama kehamilan.

Sederhananya, mual muntah saat hamil adalah hal yang umum dan wajar. Begitu pula sebaliknya. Tidak pernah mengalami morning sickness bukan berarti ada masalah. Namun jika Anda tidak yakin dengan kondisi yang Anda alami, alangkah lebih baik untuk memeriksakannya ke dokter kandungan Anda.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca