backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi
Konten

7 Manfaat Telur Rebus untuk Ibu Hamil dan Aturan Makannya

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

7 Manfaat Telur Rebus untuk Ibu Hamil dan Aturan Makannya

Telur rebus adalah salah satu sumber protein yang praktis dan mudah diolah. Bumil bisa makan telur rebus untuk memenuhi kebutuhan protein harian saat mengandung calon buah hati. Lalu, apa saja manfaat telur rebus untuk ibu hamil? Simak ulasannya di bawah ini.

Kandungan gizi telur rebus

Salah satu pilihan makanan sehat untuk ibu hamil adalah telur rebus. Makanan ini kaya akan kandungan gizi sehingga baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Dilansir dari FoodData Central U.S. Department of Agriculture, di dalam satu buah telur rebus berukuran besar atau sekitar 50 gram (g), terkandung zat gizi sebagai berikut.

  • Energi: 77,5 kkal.
  • Protein: 6,3 g.
  • Lemak: 5,3 g.
  • Karbohidrat: 0,56 g.
  • Kalsium: 25 miligram (mg).
  • Fosfor: 86 mg.
  • Zat besi: 0,59 mg.
  • Kalium: 63 mg.
  • Vitamin A: 74,5 mikrogram (mcg).
  • Vitamin D: 1,1 mcg.
  • Vitamin E: 0,52 mg.
  • Vitamin K: 0,15 mcg.

Umumnya, telur rebus lebih baik daripada telur ceplok atau telur dadar. Ibu hamil pun lebih dianjurkan untuk makan telur rebus. Kenapa demikian?

Telur ceplok dan dadar yang digoreng dengan minyak goreng, mentega, atau margarin tentu mengandung lebih banyak kalori (sekitar 90,2 kkal) dan lemak (sekitar 6,81 g).

Asupan kalori dan lemak yang terkontrol, misalnya dari mengonsumsi makanan seperti telur rebus, akan membantu mengelola kenaikan berat badan saat hamil.

Manfaat telur rebus untuk ibu hamil

makan telur rebus saat hamil

Berikut adalah beberapa manfaat telur rebus untuk ibu dan janin.

1. Membantu memperkuat tubuh ibu dan janin

Telur adalah salah satu sumber protein yang terjangkau dan mudah diperoleh. Satu buah telur rebus ukuran besar mengandung sekitar 6,3 g protein yang berkualitas tinggi.

Protein merupakan blok bangunan utama bagi tubuh manusia. Bagi janin Anda, protein sangat penting untuk mendukung proses pertumbuhan otot, tulang, dan organ tubuhnya.

Sementara itu, konsumsi makanan penguat kandungan bagi ibu hamil ini juga akan membantu pertumbuhan dan perbaikan rahim, plasenta, dan pembuluh darah.

2. Mendukung perkembangan otak janin

Kandungan kolin dalam telur rebus memainkan peran penting dalam perkembangan otak janin.

Kolin mendukung pembentukan pusat memori serta fungsi otak secara keseluruhan pada janin yang sedang berkembang di dalam kandungan Anda.

Sebuah penelitian dalam jurnal Cureus (2023) bahwa asupan kolin yang terpenuhi ketika hamil dapat mengurangi risiko kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi.

3. Menjaga kesehatan mata janin

Selain bagian putihnya, ibu hamil juga dianjurkan untuk makan kuning telur rebus. Bagian telur ini diketahui tinggi akan kandungan antioksidan yang disebut lutein dan zeaxanthin.

Senyawa ini berperan dalam mendukung perkembangan indra penglihatan janin. Keduanya juga dapat mengurangi risiko penyakit mata bagi ibu dan janin di  kemudian hari.

4. Membangun tulang dan gigi janin

Kandungan kalsium dan vitamin D dalam telur rebus tidak hanya menjaga kesehatan ibu hamil, tetapi juga membantu mendukung perkembangan tulang dan gigi janin.

Kalsium bermanfaat untuk membentuk struktur tulang dan gigi janin, sedangkan vitamin D akan membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

5. Membantu meningkatkan mood

isi piringku ibu hamil

Manfaat telur rebus untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meningkatkan suasana hati (mood).

Kandungan vitamin B12 dan protein dalam telur rebus berperan penting dalam proses produksi serotonin yang juga dikenal sebagai hormon kebahagiaan. 

Dengan tingkat serotonin yang cukup di dalam tubuh, Anda bisa merasakan peningkatan mood serta berkurangnya gejala stres dan depresi saat hamil.

6. Meredakan morning sickness

Studi dalam jurnal Nutrients (2023) menemukan bahwa pola makan tinggi protein yang berasal dari telur dan produk susu dapat menurunkan risiko morning sickness sebesar 58 persen.

Gejala mual dan muntah ini tentu bisa menjadi tantangan bagi ibu selama menjalani kehamilan.

Telur rebus yang tinggi protein dapat menjadi pilihan sarapan sehat untuk ibu hamil, membantu mengurangi morning sickness, dan memenuhi kebutuhan gizi harian.

7. Memerangi kelelahan saat hamil

Kekurangan zat besi adalah salah satu masalah umum selama kehamilan. Hal ini bisa menyebabkan anemia yang ditandai dengan kelelahan saat hamil.

Telur merupakan salah satu sumber zat besi yang baik. Dalam satu butir telur rebus berukuran besar, terdapat kandungan zat besi sebesar 0,59 mg.

Kadar zat besi yang cukup dapat membantu mencegah kelelahan dan membuat ibu hamil tetap berenergi sepanjang hari.

Apakah telur rebus bisa menambah Hb ibu hamil?

Sebagai sumber zat besi, makan telur rebus saat hamil memiliki manfaat untuk menambah Hb atau hemoglobin ibu hamil. Studi menemukan konsumsi telur ayam kampung rebus selama 14 hari dapat meningkatkan kadar Hb rata-rata sebanyak 2,75 gram per desiliter (g/dL) selama trimester kedua kehamilan.

Aturan aman makan telur rebus saat hamil

alergi pada telur

Meskipun telur rebus bermanfaat untuk bumil, tentu Anda tidak boleh makan telur rebus secara berlebihan.

Secara umum, ibu hamil diperbolehkan untuk makan hingga dua telur rebus dalam sehari. Hal ini sudah mencukupi 13–20% kebutuhan protein harian selama masa kehamilan.

Hal penting lainnya yang perlu ibu hamil perhatikan saat mengonsumsi sumber protein ini yaitu memastikan bahwa telur matang sempurna.

Pasalnya, makan telur setengah matang ketika hamil dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri Salmonella yang berbahaya bagi ibu dan janin.

Rebuslah telur dalam air mendidih selama 10–12 menit. Pastikan bahwa bagian kuning telur sudah padat sebelum mengonsumsinya.

Imbangi juga kebutuhan gizi saat hamil dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti sayuran, buah-buahan, karbohidrat kompleks, dan protein tanpa lemak.

Untuk mendapatkan saran terbaik, selalu konsultasikan dengan dokter maupun ahli gizi Anda.

Kesimpulan

  • Telur rebus adalah sumber protein praktis yang kaya zat gizi lain, seperti vitamin B12, vitamin D, kalsium, zat besi, dan kolin.
  • Beberapa manfaat telur rebus untuk ibu hamil yakni mendukung perkembangan janin, mencegah kelelahan, mengurangi morning sickness, dan meningkatkan mood.
  • Batas konsumsi telur yang dianjurkan selama kehamilan adalah satu atau dua telur per hari.
  • Untuk mencegah infeksi Salmonella, pastikan telur yang dimakan matang sempurna dengan merebusnya dalam air mendidih selama 10–12 menit.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan