backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi
Konten

Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Susu Beruang?

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 20/05/2024

Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Susu Beruang?

Minum susu beruang adalah salah satu cara mudah untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. Namun, salah satu pertanyaan yang mungkin kerap muncul yakni apakah susu beruang aman untuk ibu hamil?

Untuk mengetahui manfaat dan aturan konsumsi produk yang satu ini, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Apakah susu beruang aman untuk ibu hamil?

Susu beruang merupakan sebutan untuk merek susu yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Produk ini berasal dari 100% susu sapi murni yang disterilisasi dengan suhu tinggi.

Untuk menghasilkan produk susu steril ini, susu murni akan dipanaskan dengan suhu 110–120 derajat Celsius (℃) dalam waktu sekitar 20 hingga 40 menit.

Proses ini bertujuan untuk membuat susu bebas dari patogen atau mikroorganisme yang berbahaya.

Karena sifatnya yang steril, susu beruang pada dasarnya aman untuk diminum oleh ibu hamil asalkan ibu hamil tidak mempunyai riwayat alergi susu sapi atau intoleransi laktosa.

Namun, Anda tetap dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum menambahkan makanan atau minuman apa pun ke dalam menu harian Anda.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa apa yang Anda tambahkan tersebut sesuai dengan kebutuhan gizi selama hamil dan kondisi kesehatan Anda.

Manfaat susu beruang untuk ibu hamil

manfaat susu full cream

Tidak hanya bermanfaat sebagai sumber kalsium, susu merupakan sumber zat gizi utama bagi ibu hamil dan janin yang sedang berkembang.

Berikut ini adalah beberapa manfaat susu beruang untuk ibu hamil yang perlu Anda perhatikan.

1. Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin

Kombinasi kalsium dan vitamin D pada susu dapat mempermudah penyerapan kalsium di dalam tubuh. Nah, asupan kalsium sangatlah penting untuk mendukung pertumbuhuan tulang dan gigi janin.

Selain itu, mencukupi kebutuhan kalsium untuk ibu hamil juga bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan hati, saraf, dan otot janin yang sehat.

2. Membantu pembentukan darah dan cairan ketuban

Protein pada susu berperan dalam meningkatkan suplai darah di dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa tubuh ibu hamil butuh volume darah dua kali lipat lebih banyak dari biasanya.

Selain itu, studi di dalam jurnal Nutrients (2021) menyebutkan bahwa asupan protein yang cukup juga membantu meningkatkan kualitas cairan ketuban selama masa kehamilan.

3. Membantu penyerapan gizi dalam tubuh

Lemak yang terkandung di dalam susu membantu penyerapan vitamin larut lemak, yaitu vitamin A, D, E, dan K. 

Beberapa vitamin tersebut berfungsi untuk mendukung perkembangan indra penglihatan janin dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh selama kehamilan.

Tak hanya itu, lemak membantu memenuhi kebutuhan energi tubuh ibu hamil yang meningkat.

4. Menjaga keseimbangan cairan tubuh

merk susu kedelai untuk ibu hamil

Konsumsi susu beruang selama hamil juga bermanfaat bagi ibu hamil muda yang sering mual dan muntah.

Susu mengandung elektrolit yang penting untuk mengembalikan keseimbangan cairan tubuh yang hilang akibat keluhan kehamilan tersebut.

5. Mencegah preeklampsia

Sebuah tinjuan pada 27 penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cochrane (2018) menemukan bahwa konsumsi suplemen kalsium dapat menurunkan risiko preeklampsia.

Mengonsumsi susu beruang secara teratur membantu mengurangi risiko komplikasi kehamilan serius yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan protein dalam urine.

Aturan minum susu beruang selama masa kehamilan

Susu tergolong minuman sehat untuk ibu hamil. Akan tetapi, penting untuk tidak mengonsumsi susu beruang dalam jumlah yang berlebihan.

Konsumsi susu beruang 1–2 kaleng per hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan zat gizi harian selama kehamilan tanpa berisiko menyebabkan kelebihan kalori atau lemak.

Sebagai catatan, Anda pun lebih disarankan untuk minum susu khusus ibu hamil daripada susu biasa karena susu hamil telah melalui proses fortifikasi.

Fortifikasi bertujuan untuk memperkaya susu dengan berbagai zat gizi yang diperlukan saat hamil, seperti asam folat dan asam lemak omega-3.

Susu beruang memang memiliki manfaat tersendiri untuk ibu hamil. Akan tetapi, perlu diingat bahwa susu tidak boleh menjadinya satu-satunya sumber gizi selama kehamilan.

Pastikan Anda mendapatkan zat gizi yang cukup dari berbagai sumber makanan, di antaranya sayuran, buah-buahan, serta protein hewani dan nabati.

Kesimpulan

  • Susu beruang aman untuk ibu hamil karena berasal dari susu sapi dan telah melalui proses sterilisasi untuk membunuh seluruh patogen berbahaya.
  • Sama dengan susu biasa, susu beruang dapat membantu mendukung pertumbuhan tulang janin, mendukung penyerapan nutrisi, dan mencegah preeklampsia.
  • Ibu hamil boleh minum susu beruang sebanyak 1–2 kali per hari.
  • Pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum menambahkan makanan atau minuman apa pun selama masa kehamilan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 20/05/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan