Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Tepatkah Minum Susu Ibu Hamil untuk Menambah Berat Badan?

Tepatkah Minum Susu Ibu Hamil untuk Menambah Berat Badan?

Menaikkan bobot badan kadang bukan persoalan yang mudah untuk sebagian orang. Anda yang sudah mencoba berkali-kali mungkin tergoda dengan cara menambah berat badan dengan cepat, seperti minum susu ibu hamil. Namun, benarkah kandungan susu ibu hamil bisa menggemukan tubuh orang biasa?

Efektifkah minum susu ibu hamil untuk menambah berat badan?

Terlalu kurus membuat tulang tubuh semakin terlihat menonjol.

Di samping mengurangi penampilan tubuh, terlalu kurus juga bisa membuat seseorang jadi gampang sakit, cepat lelah, dan rentan mengalami masalah tulang.

Anda yang menghadapi masalah demikian tentu perlu menaikkan berat badan.

Di antara banyaknya cara untuk menambah berat badan, ada beberapa orang yang sengaja minum susu hamil walaupun pada saat itu sedang tidak hamil.

Mereka percaya meminum susu hamil secara rutin dapat menambah berat badan. Namun, apakah ampuh?

Susu hamil memiliki perbedaan dengan susu biasa karena mengandung lebih banyak zat gizi yang dibutuhkan wanita selama masa kehamilan, seperti vitamin D, protein, kalsium, fosfor, dan asam folat.

Studi pada Journal of Translational Medicine menunjukkan konsumsi susu selama kehamilan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan protein, serta meningkatkan berat badan ibu hamil.

Perlu Anda ketahui bahwa ibu hamil harus mencapai berat badan yang sesuai untuk mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan.

Jika tidak, risiko kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah semakin meningkat.

Nah, manfaat susu hamil ini sepertinya disalahpahami oleh beberapa orang yang ingin menggemukkan badan.

Minum susu hamil padahal tidak hamil untuk menambah berat badan sebenarnya tidak berbahaya, hanya saja tidak tepat guna.

Pasalnya, zat gizi pada susu ibu hamil mungkin tidak perlukan tubuh dalam jumlah yang banyak sehingga pada akhirnya tubuh akan membuangnya bersama urine.

Sejauh ini tidak ada studi yang mengamati efektivitas minum susu hamil untuk menambah berat badan pada wanita yang tidak hamil.

Penting Anda Pahami

Efektivitas minum susu hamil untuk menaikkan berat badan belum terbukti secara ilmiah. Oleh sebab itu, lebih baik tidak mengandalkan cara ini untuk menaikkan berat badan.

Berbagai faktor yang mempengaruhi kenaikan berat badan

manfaat susu full cream

Memang hasil penelitian menyebutkan adanya efek kenaikan berat badan pada ibu hamil yang minum susu hamil.

Namun tidak lantas membuat susu hamil jadi satu-satunya makanan penambah berat badan.

National Institutes of Health menyebutkan beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kenaikan berat badan.

  • Penerapan pola makan dan seberapa besar aktivitas yang dilakukan.
  • Kebiasaan terkait kebiasaan makan yang sering dilakukan.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu yang mempengaruhi nafsu makan.
  • Riwayat keluarga dan genetik.
  • Kualitas tidur di malam hari.

Semua faktor di atas tidak hanya berlaku untuk ibu hamil saja, tapi juga untuk orang-orang pada umumnya, termasuk Anda.

Mengetahui faktor ini cukup penting karena bisa membantu Anda memilih cara yang tepat untuk menaikkan berat badan.

Kebiasaan jarang makan bisa membuat tubuh cenderung kurus. Nah, itu artinya, Anda perlu membiasakan diri untuk lebih sering makan sehingga asupan kalori yang didapat meningkat.

Cara menaikkan berat badan yang sehat

makanan buah dan sayur yang baik dan bagus untuk pasien kanker ovarium

Minum susu hamil untuk menambah berat badan sudah dijelaskan sebelumnya belum terbukti secara ilmiah menunjukkan hasil yang efektif.

Ketimbang mengikuti cara yang masih “abu-abu”, lebih baik Anda mengikuti diet sehat untuk menaikkan berat badan berikut ini.

  • Tingkatkan konsumsi buah dan sayur. Setiap harinya, makan porsi buah dan sayur sebanyak 150 gram dan 250 gram.
  • Lebih sering makan, setidaknya 5 – 6 kali sehari dan jangan lupa ngemil sehat.
  • Pilih kentang, roti, nasi, pasta atau karbohidrat bertepung lainnya sebagai menu makanan utama untuk meningkatkan asupan kalori.
  • Minum susu dan makan produk susu, sperti keju, yoghurt, dan kefir. Minum susu full cream sampai berat badan Anda kembali naik. Jenis susu ini lebih baik dipilih untuk menambah berat badan ketimbang susu ibu hamil.
  • Variasikan menu makan dengan berbagai jenis kacang-kacangan, ikan, telur, daging dan protein lainnya.
  • Minum cukup air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengendalikan berat badan.
  • Imbangi dengan olahraga rutin, contohnya melakukan latihan kekuatan otot atau latihan angkat beban untuk menambah berat badan.

Cara-cara yang disebutkan umumnya ampuh untuk menaikkan berat badan.

Namun jika Anda kesulitan, terutama dalam menentukan menu makanan dan porsinya, jangan sungkan untuk konsultasi ke ahli gizi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mayo Foundation for Medical Education and Research. (2022, February 9). Pregnancy weight gain: What’s healthy? Mayo Clinic. Retrieved April 25, 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-weight-gain/art-20044360

NHS. (n.d.). NHS choices. Retrieved April 25, 2022, from https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/managing-your-weight/advice-for-underweight-adults/

Melnik, B.C., John, S.M. & Schmitz, G. Milk consumption during pregnancy increases birth weight, a risk factor for the development of diseases of civilizationJ Transl Med 13, 13 (2015). https://doi.org/10.1186/s12967-014-0377-9

U.S. Department of Health and Human Services. (n.d.). Factors affecting weight & health. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Retrieved April 26, 2022, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/weight-management/adult-overweight-obesity/factors-affecting-weight-health

Nutrition during pregnancy. ACOG. (n.d.). Retrieved April 26, 2022, from https://www.acog.org/womens-health/faqs/nutrition-during-pregnancy

Katherine Zeratsky, R. D. (2020, August 27). Underweight? healthy tips for adding pounds. Mayo Clinic. Retrieved April 26, 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/underweight/faq-20058429

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui May 24
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan