backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi
Konten

Manfaat Sawo untuk Ibu Hamil, Cegah Sembelit hingga Depresi

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 03/01/2024

Manfaat Sawo untuk Ibu Hamil, Cegah Sembelit hingga Depresi

Buah-buahan merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Salah satu buah yang sering kali diabaikan tetapi kaya akan kandungan gizi adalah sawo. Bahkan, makan sawo dinilai memberikan banyak manfaat untuk ibu yang sedang hamil.

Apa saja manfaat tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Bolehkah ibu hamil makan buah sawo?

Tentu saja, ibu hamil bisa mengonsumsi sawo. Beberapa orang menyukai buah tropis ini karena daging buahnya yang lembut dengan rasa manis legit dan sedikit sepat.

Buah yang memiliki nama latin Manilkara zapota ini banyak tumbuh di Amerika Tengah. Namun, buah sawo juga tumbuh subur dan banyak dibudidayakan di Indonesia.

Sawo mengandung beragam zat gizi yang dapat memberikan manfaat kesehatan untuk ibu dan janinnya.

Di balik rasanya yang manis, sawo juga tinggi kandungan serat yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Buah ini juga mengandung vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan ibu hamil, termasuk vitamin C, vitamin A, zat besi, kalium, tembaga, magnesium, zinc, dan kalsium.

Ragam manfaat buah sawo untuk ibu hamil

hamil triplet

Berikut ini adalah beberapa manfaat konsumsi buah sawo saat hamil yang perlu Anda ketahui.

1. Meredakan sembelit

Dalam satu buah sawo segar dengan bobot sekitar 170 gram (g), ada kandungan 9 g serat atau setara dengan 25% kebutuhan harian ibu hamil.

Kandungan serat yang tinggi membantu mencegah dan meredakan sembelit saat hamil. Serat juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak ngemil berlebihan.

2. Menurunkan risiko komplikasi kehamilan

Penelitian dalam jurnal Molecules (2019) menunjukkan senyawa asam galat dan kuersetin bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Nah, dua senyawa yang tergolong antioksidan kuat ini terkandung dalam sawo. Secara tidak langsung, mengonsumsi buah ini dapat membantu menurunkan risiko komplikasi kehamilan terkait kedua masalah kesehatan tersebut.

3. Mendukung perkembangan janin

Buah sawo mengandung berbagai zat gizi mikro atau mikronutrien yang baik untuk perkembangan janin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan folat.

Vitamin A membantu menjaga kesehatan mata janin. Sementara itu, folat mendukung perkembangan otak dan mencegah cacat tabung saraf pada janin.

4. Memperkuat tulang dan gigi

Manfaat lainnya dari makan sawo untuk ibu hamil adalah menambah asupan mineral yang penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi janin, seperti kalsium, fosfor, dan magnesium.

Tak hanya itu, mineral esensial ini juga diperlukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan jaringan otot, saraf, dan hati janin selama di dalam kandungan.

Berapa kebutuhan mineral janin?

Pada akhir masa kehamilan cukup bulan, rata-rata janin memperoleh sekitar 30 g kalsium, 20 g fosfor, dan 0,8 g magnesium untuk memineralisasi tulang kerangka dan mempertahankan perkembangan organ yang normal.

5. Menambah energi tubuh

nafsu makan menurun saat hamil

Ibu hamil bisa makan buah sawo bila merasa kurang berenergi. Pada satu buah sawo berbobot 170 g, terkandung sekitar 141 kalori dan 34 g karbohidrat yang baik untuk tubuh.

Sawo mengandung karbohidrat sederhana yang mudah diserap tubuh. Namun, perlu Anda ingat bahwa sawo termasuk buah tinggi gula yang dapat menyebabkan kenaikan gula darah pada ibu hamil.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh Anda cenderung menurun saat hamil. Nah, konsumsi sawo yang tinggi vitamin C ini dapat membantu meningkatkan imunitas.

Tak hanya itu, kandungan flavonoid, saponin, dan tanin dalam sawo juga punya sifat antibakteri.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Food Research (2019) menunjukkan flavonoid dalam sawo efektif untuk melawan bakteri, seperti Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

7. Mengurangi risiko depresi saat hamil

Manfaat lainnya dari buah sawo adalah membantu menurunkan risiko depresi pada ibu hamil. Pasalnya, buah ini membantu memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks harian.

Buah sawo mengandung beberapa vitamin B kompleks, seperti niasin (B3), piridoksin (B6), dan folat (B9).

Ketiga jenis vitamin B ini berperan dalam memproduksi kimia otak yang memengaruhi suasana hati. Rendahnya asupan vitamin B diketahui dapat meningkatkan risiko munculnya depresi.

Aturan konsumsi buah sawo saat hamil

manfaat khasiat buah sawo

Untuk merasakan manfaat sawo untuk ibu hamil, sebaiknya Anda mengonsumsinya sebanyak satu hingga dua buah dalam sehari.

Pastikan buah yang Anda makan dalam kondisi matang sempurna. Pasalnya, sawo yang belum matang memiliki rasa yang sepat dan tekstur yang keras.

Selain itu, getah dari buah yang masih mentah juga dapat menimbulkan efek samping, di antaranya mulut kering, gatal-gatal, hingga terasa kebas atau kesemutan.

Pastikan bahwa sawo yang Anda pilih sudah matang dengan memerhatikan ciri-ciri berikut. 

  • Buah terasa empuk dan mengandung banyak air.
  • Kulit buah berwarna cokelat muda dan agak kekuningan.
  • Buah lebih mudah terlepas saat dipetik langsung dari pohon.
  • Buah tidak lengket karena getahnya lebih sedikit daripada buah mentah.

Buah sawo bisa Anda konsumsi langsung dalam kondisi segar. Beberapa orang juga mengonsumsi buah ini dalam berbagai olahan, seperti jus maupun selai.

Secara umum, konsumsi buah saat hamil baik untuk kesehatan ibu dan janin. Jangan lupa juga dengan asupan karbohidrat, protein, dan lemak sehat dari sumber makanan lainnya.

Jika Anda masih ragu dengan manfaat dan risiko makan buah sawo saat hamil, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Kesimpulan

  • Buah sawo kaya akan serat, vitamin C, vitamin A, kalium, magnesium, dan kalsium.
  • Sejumlah manfaat sawo untuk ibu hamil di antaranya mencegah sembelit, menambah energi, mendukung perkembangan janin, dan mengurangi komplikasi kehamilan.
  • Pastikan untuk makan sawo dalam porsi wajar, yakni satu atau dua buah per hari.
  • Sawo matang cenderung tinggi gula sehingga bisa meningkatkan kadar glukosa dan risiko diabetes gestasional bila dikonsumsi secara berlebihan.

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 03/01/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan