7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Klinik Chika Medika


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 21/02/2023

    7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil

    Beragam minyak esensial dipercaya memiliki manfaat penting selama kehamilan. Salah satu jenis minyak yang sering digunakan ialah minyak kelapa. Lantas, apa saja manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil? Yuk, simak pembahasan di bawah ini!

    Ragam manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil

    Khasiat minyak kelapa telah dikenal secara turun-menurun untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

    Selain untuk keperluan memasak, salah satu jenis minyak nabati ini juga dapat digunakan untuk membantu merawat kulit dan rambut wanita selama masa kehamilan.

    Beberapa orang pun terkadang mengonsumsi langsung minyak kelapa karena dianggap membantu memperlancar proses persalinan nantinya.

    Lantas, apakah hal tersebut benar adanya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut merupakan ragam manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil menurut studi ilmiah.

    1. Mendukung perkembangan janin

    makan timun saat hamil

    Selama kehamilan, asupan lemak yang tercukupi dapat membantu mendukung perkembangan janin, mulai dari kulit, otak, hingga organ penting dalam tubuhnya.

    Kebutuhan lemak saat hamil pun mengalami peningkatan. Anda membutuhkan 65–67 gram (g) lemak per hari menurut Angka Kecukupan Gizi dari Kemenkes RI.

    Penggunaan minyak kelapa dalam menu harian Anda bisa membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Sebagai gambaran, satu sendok makan minyak kelapa setidaknya mengandung 11,5 g lemak di dalamnya.

    Anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk memasak makanan sehari-hari. Selain itu, tambahkan juga sedikit minyak kelapa dalam salad yang Anda buat.

    2. Meredakan gatal eksim

    Salah satu masalah kulit yang sering terjadi selama kehamilan yakni eksim. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang meradang, kemerahan, dan terasa gatal.

    Gejala eksim tersebut sering kali muncul pada trimester kedua. Gangguan ini bisa terjadi pada ibu yang memiliki riwayat eksim sebelum hamil maupun tidak.

    Pada ibu hamil dengan eksim, manfaat minyak kelapa adalah untuk membantu penyembuhan luka sekaligus melembapkan kulit yang kering.

    Sebaiknya, pilih minyak kelapa dengan label virgin coconut oil. Oleskan minyak tersebut pada area kulit yang bermasalah sesuai kebutuhan Anda.

    3. Mencegah dan mengurangi stretch mark

    Minyak kelapa membantu mengikat kelembapan kulit dan diklaim bisa mencegah stretch mark.

    Beberapa ibu hamil mengoleskan minyak kelapa murni ke bagian tubuh yang rentan mengalami stretch mark, mulai dari perut, paha, bokong, dan lengannya.

    Selain mencegah, studi yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences (2017) menyebutkan bahwa minyak kelapa juga bisa digunakan untuk memudarkan stretch mark.

    Kandungan minyak kelapa merangsang produksi kolagen kulit. Hal ini membantu mengurangi dan memperbaiki tampilan stretch mark akibat kehamilan.

    4. Mengurangi kerusakan rambut

    Meningkatnya kadar hormon estrogen terkadang menyebabkan rambut ibu hamil rusak. Rambut Anda mungkin akan jadi lebih kering, rapuh, dan tipis dari biasanya.

    Efek melembapkan dari minyak kelapa nyatanya juga memiliki manfaat pada rambut ibu hamil.

    Manfaat ini diperoleh dari kandungan asam lemak rantai sedang (medium-chain fatty acid/MCFA) dalam minyak kelapa yang disebut asam laurat.

    Asam laurat dapat meresap jauh ke dalam batang rambut Anda. Selain menjaga kelembapan, senyawa ini juga mencegah rambut rusak akibat hilangnya protein di dalamnya.

    5. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

    obat sakit gigi untuk ibu hamil

    Teknik oil pulling dengan minyak kelapa bisa membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Hal ini juga membantu mencegah munculnya sakit gigi pada ibu hamil akibat gigi berlubang atau radang gusi.

    Untuk melakukannya, Anda cukup mengambil satu sendok makan minyak kelapa, lalu gunakan minyak tersebut untuk berkumur setidaknya selama 20 detik.

    Buang minyak dari dalam mulut setelah dirasa cukup. Anda bisa segera menyikat gigi ataupun berkumur dengan air garam untuk menghilangkan sensasi lengket pada mulut.

    Oil pulling paling baik Anda lakukan pada pagi hari saat perut kosong. Namun, hal ini mungkin terasa berat bila ibu hamil mengalami mual akibat morning sickness.

    6. Mengobati ambeien saat hamil

    Ambeien atau juga dikenal sebagai wasir sering terjadi pada ibu hamil. Bahkan, ada sekitar 50% ibu hamil yang pernah mengalami gangguan ini.

    Sebuah studi yang dimuat dalam Iranian Journal of Obstetrics, Gynecology and Infertility (2020) menemukan salep berbahan minyak kelapa bisa meringankan gejala ambeien saat hamil.

    Meski begitu, pengobatan ambeien pada ibu hamil perlu dibarengi dengan perubahan gaya hidup, termasuk makan makanan rendah serat, minum air, dan aktif bergerak setiap hari.

    Penelitian tersebut hanya menjelaskan pengobatan pada ambeien yang ringan hingga sedang. Jika Anda mengalami gejala yang parah, lebih baik konsultasikan dengan dokter Anda.

    7. Membantu pijat perineum

    Perineum merupakan area di antara anus dan vagina. Area ini akan meregang saat Anda melahirkan normal.

    Melakukan pijat perineum dengan minyak kelapa memiliki manfaat untuk mencegah robekan dan nyeri perineum saat ibu hamil melakukan persalinan.

    Pijat perineum juga dianjurkan untuk mengurangi kemungkinan ibu melakukan episiotomi atau gunting vagina untuk memperbesar lubang keluarnya bayi.

    Biasanya, pijat perineum bisa dilakukan secara teratur selama 3–4 minggu terakhir kehamilan. Anda dapat melakukan pijatan sendiri atau dengan bantuan dari pasangan Anda.

    Apakah benar minum minyak kelapa bisa memperlancar persalinan?

    Hingga saat ini, tidak ada penelitian yang membahas mengenai manfaat minum minyak kelapa untuk memperlancar persalinan pada ibu hamil. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terkait metode induksi persalinan yang tepat untuk melancarkan kelahiran buah hati Anda.

    Tips menggunakan minyak kelapa selama kehamilan

    minyak kelapa untuk rambut

    Meski minyak kelapa punya beragam manfaat untuk ibu hamil, pastikan Anda tidak memgonsumsi atau menggunakan bahan alami ini secara berlebihan.

    Perhatikan juga jenis minyak kelapa yang Anda gunakan. Pilihlah virgin coconut oil (VCO) yang lebih baik karena melalui lebih sedikit tahap pengolahan daripada minyak kelapa biasa.

    Tidak semua ibu hamil bisa menggunakan minyak kelapa. Jangan menggunakan bahan ini bila Anda mengalami reaksi alergi, seperti gatal, ruam, kesulitan bernapas, dan pembengkakan.

    Segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter Anda bila gejala tersebut tidak lekas membaik.

    Apabila memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil, lebih baik konsultasikan dengan dokter untuk memperoleh solusi yang tepat.

    Kesimpulan

    • Asupan lemak dari minyak kelapa bermanfaat untuk mendukung perkembangan janin.
    • Penggunaan minyak kelapa juga membantu mengatasi penyakit kulit, gangguan gigi dan mulut, serta ambeien yang terjadi selama kehamilan.
    • Minum minyak kelapa tidak bisa melancarkan persalinan, tetapi bahan ini dapat dipakai sebagai pelembap saat melakukan pijat perineum.
    • Untuk mengetahui risiko dan manfaat minyak kelapa bagi ibu hamil, konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter kandungan.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

    General Practitioner · Klinik Chika Medika


    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 21/02/2023

    Iklan
    Iklan
    Iklan