Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Perlukah Memakai Korset Saat Hamil? Kenali Dulu Manfaat dan Bahayanya

Perlukah Memakai Korset Saat Hamil? Kenali Dulu Manfaat dan Bahayanya

Kehamilan sering kali membuat tubuh mudah lelah dan dan tidak nyaman. Itu sebabnya, ada berbagai aksesoris yang dirancang untuk membuat ibu hamil merasa nyaman, salah satunya korset.

Meski lebih umum digunakan setelah melahirkan untuk mengembalikan bentuk tubuh, korset kehamilan ini dinilai bisa membantu merenggangkan otot punggung yang nyeri. Namun, sebenarnya perlukah pakai korset saat hamil?

Apa itu korset untuk ibu hamil?

infeksi saat hamil

Mungkin Anda lebih sering mendengar korset dipakai para wanita untuk membuat tubuh tampak lebih ramping, khususnya saat menggunakan pakaian yang menampakkan lekuk tubuh.

Namun, korset kehamilan tidak ditujukan untuk hal tersebut. Korset yang didesain khusus untuk ibu hamil adalah penyangga perut yang dirancang agar mampu menopang dan memberikan kenyamanan selama kehamilan.

Korset, atau kadang disebut stagen, sebagai penyangga perut untuk ibu hamil biasanya berbentuk sabuk yang cukup lebar sehingga mampu menopang perut saat hamil.

Menurut laman Mother and Baby, korset dipakai dengan cara dilingkarkan pada perut ibu, kemudian direkatkan atau dikaitkan pada sisi tertentu.

Korset biasanya dipakai di bagian bawah perut yang membesar sehingga membantu menopang dan mengurangi beban pada perut dan punggung ibu.

Jika ibu sedang hamil kembar atau hamil satu bayi tapi banyak beraktivitas dan merasa kurang nyaman saat hamil besar, penggunaan korset ini mungkin dapat membantu.

Umumnya, korset hamil banyak digunakan pada kehamilan dengan tipe perut pendular atau menggantung untuk bantu menahan perut.

Bahkan, korset bisa dipakai sebagai cara mengencangkan perut setelah melahirkan dan mengecilkan perut setelah melahirkan.

Apa saja manfaat pakai korset untuk ibu hamil?

ibu hamil kurang gizi

Manfaat utama korset hamil yaitu untuk membantu menopang bagian bawah punggung dan perut selama kehamilan, terutama pada trimester kedua dan trimester ketiga saat ukuran perut sudah cukup besar.

Korset ini bersifat elastis dan fleksibel sehingga juga dapat memberikan banyak manfaat lain bagi wanita hamil.

Sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari korset ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi rasa sakit saat hamil

Postur tubuh wanita hamil cenderung mengalami perubahan daripada saat sebelum hamil, seperti menjadi lebih sulit duduk atau berjalan.

Berbagai aktivitas ini menyebabkan adanya tekanan berlebih pada bagian perut dan memicu nyeri punggung di bagian bawah.

Bila Anda mengalami hal yang sama, ini bisa diatasi dengan menggunakan korset kehamilan.

Menurut sebuah penelitian dari Journal of Pregnancy, rasa sakit pada punggung dan panggul ibu hamil yang menggunakan korset berkurang dibandingkan sebelumnya.

2. Membuat ibu hamil lebih nyaman

Menggunakan korset kehamilan pada prinsipnya sama seperti saat Anda berolahraga dengan memakai sport bra.

Keduanya sama-sama berfungsi untuk melindungi bagian tubuh yang cenderung tidak nyaman saat Anda beraktivitas.

Tak perlu khawatir karena tekanan dari korset penyangga perut yang dipakai ibu hamil tidak selalu berdampak buruk.

Tekanan korset berguna untuk membantu menopang rahim yang sedang mengandung bayi.

Dengan begitu, beban perut yang harus ditopang oleh tubuh akan lebih ringan. Alhasil, Anda menjadi lebih nyaman untuk bergerak.

Namun ingat, terlalu banyak tekanan di daerah perut juga bisa mengganggu sirkulasi darah dan menyebabkan efek negatif pada tekanan darah dan janin.

Jadi, pastikan penggunaan korset tidak terlalu sesak dan hindari bila terlalu menekan daerah perut.

3. Memperbaiki postur tubuh

Prinsip utama korset pada dasarnya adalah untuk memperbaiki postur tubuh.

Menggunakan korset ibu hamil dapat memperbaiki postur tubuh karena ibu tidak perlu menekuk tubuh ke belakang secara berlebihan untuk menopang beban di perut.

Korset juga mampu mencegah terkanan berlebih pada punggung bagian bawah.

Apalagi trimester ketiga merupakan saat-saat ketika tubuh melepaskan berbagai hormon yang melemaskan otot, ligamen, dan sendi di daerah panggul, jadi penggunaan korset bisa sangat membantu.

Adakah risiko pakai korset saat hamil?

isk infeksi saluran kemih pada ibu hamil

Dibalik segudang manfaat dari korset kehamilan, benda yang satu ini juga memiliki risiko yang tidak bisa disepelekan. Ya, terlalu sering pakai korset kehamilan dinilai berisiko kesehatan ibu dan janinnya.

Alih-alih merenggangkan otot punggung, keseringan pakai korset kehamilan justru bisa melemahkan otot punggung dan menimbulkan sakit berkepanjangan.

Selain itu, terlalu sering pakai korset ibu hamil juga dapat membahayakan janin bila ikatannya terlalu erat dan terlalu lama dipakai.

Ini karena tekanan darah di sekitar perut bisa menurun dan menyebabkan gangguan pencernaan. Secara tidak langsung, kondisi ini turut membahayakan janin dalam kandungan.

Kebiasaan pakai korset kehamilan juga dapat mempersulit proses melahirkan karena beban tubuh telah terbiasa ditopang oleh korset.

Hal ini karena ibu hamil akan sulit memberikan tekanan di perut saat hendak melahirkan.

Jadi, seberapa penting pakai alat ini?

perkembangan otak bayi dalam kandungan

Segala perlengkapan kehamilan memang memiliki manfaat dan risikonya masing-masing. Jadi, perlu atau tidaknya pakai korset saat hamil tergantung pada tujuan Anda menggunakannya.

Sebaiknya pertimbangkan kembali apakah penggunaan korset ditujukan untuk mengurangi nyeri kehamilan atau hanya sekedar mengikuti tren yang sedang berkembang.

Hal yang terpenting adalah Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan korset kehamilan terlalu sering.

Gunakan korset ini hanya dua sampai tiga jam per hari agar otot-otot punggung tidak terlalu lemah dan menyulitkan proses melahirkan.

Agar penggunaan korset kehamilan lebih aman, gunakan sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Tanyakan pada dokter Anda untuk mengetahui cara penggunaan korset yang aman tanpa menghambat perkembangan normal bayi Anda.

Alih-alih bergantung pada korset kehamilan, lebih baik luangkan waktu Anda untuk rutin melakukan olahraga untuk ibu hamil guna memperkuat otot punggung.

Tubuh Anda akan menjadi lebih bugar dan jauh dari risiko nyeri punggung akibat pemakaian korset kehamilan.

Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan korset khusus kehamilan ini.


Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai info menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Penambahan Berat Badan Kehamilan

Perhitungan ini dapat digunakan untuk perempuan yang ingin melihat kisaran kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan berdasarkan berat badan mereka sebelum hamil.

28

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The best pregnancy support belts for maximum comfort during your pregnancy. (2022). Retrieved 9 March 2022, from https://www.motherandbaby.co.uk/reviews/maternity-products/best-pregnancy-support-belts/ 

Quintero Rodriguez, C., & Troynikov, O. (2019). The Effect of Maternity Support Garments on Alleviation of Pains and Discomforts during Pregnancy: A Systematic Review. Journal Of Pregnancy, 2019, 1-21. doi: 10.1155/2019/2163790 

Do I Need a Pregnancy Belly Band? – Regional Medical Center. (2022). Retrieved 9 March 2022, from https://rmccares.org/thrive/do-i-need-a-pregnancy-belly-band/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Reikha Pratiwi Diperbarui Apr 08
Ditinjau secara medis oleh dr. Amanda Rumondang Sp.OG