Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Saat usia kehamilan mencapai trimester ketiga, Anda perlu lebih memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi. Pada trimester ketiga, bayi Anda masih mengalami perkembangan sehingga masih membutuhkan banyak nutrisi penting. Apa saja nutrisi trimester ketiga yang penting untuk dipenuhi ibu hamil?

Perkembangan kehamilan selama trimester ketiga

Trimester ketiga berlangsung sejak usia kehamilan 28 minggu. Pada periode ini, bayi dalam kandungan Anda sudah terlihat bentuknya, organ-organ penting dalam tubuh bayi juga sudah terbentuk dan mulai berfungsi. Pada sekitar minggu ke-32 kehamilan, tulang bayi juga sudah sepenuhnya berkembang. Namun, sistem saraf bayi masih terus berkembang pada trimester ketiga ini.

Pada trimester ketiga, bayi akan terus menambah berat badannya dengan cepat, sekitar 230 gram setiap minggu. Bayi juga mulai menyimpan berbagai kandungan mineral dalam tubuhnya, seperti zat besi dan kalsium. Oleh karena itu, ibu masih perlu untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya yang tinggi selama trimester ketiga ini.

Apa saja nutrisi trimester ketiga yang harus dipenuhi ibu hamil?

Nutrisi trimester ketiga hampir sama dengan nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil selama trimester kedua. Perkembangan janin dalam kandungan yang terus berlanjut dan persiapan janin untuk dilahirkan membuat banyak nutrisi penting yang harus dipenuhi ibu hamil. Berikut ini merupakan nutrisi trimester ketiga yang perlu dipenuhi:

1. Asam lemak omega-3 dan kolin

Perkembangan janin masih berlanjut selama trimester ketiga, termasuk perkembangan otak dan sistem sarafnya. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 dan kolin untuk mendukung perkembangan ini. Anda bisa mendapatkan asam lemak omega 3 dan kolin ini dari ikan berlemak (seperti salmon, tuna, dan sarden) dan telur yang diperkaya omega-3.

2. Kalsium

Perkembangan tulang bayi juga terjadi dengan sangat cepat pada trimester ketiga ini. Oleh karena itu, ibu masih perlu untuk memenuhi kebutuhan kalsium sebesar 1200 mg per hari. Selain itu, bayi juga mulai menyimpan kalsium sebagai cadangan di dalam tubuhnya. Ibu hamil bisa mendapatkan asupan kalsium dari susu dan produk susu, sayuran hijau, ikan bertulang (seperti ikan teri dan sarden), dan kacang kedelai. Pilihlah susu dan produk susu yang rendah lemak jika ibu ingin menjaga berat badannya.

3. Zat besi

Semakin dekat dengan waktu kelahiran, kebutuhan zat besi ibu hamil semakin meningkat. Hal ini karena semakin banyak volume darah yang dibutuhkan ibu hamil dan janin. Kekurangan zat besi saat kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur dan BBLR. Untuk itu, ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan zat besinya yang tinggi ini. Kebutuhan zat besi ibu hamil pada trimester ketiga ini  sebesar 39 mg. Anda bisa memenuhi kebutuhan zat besi ini dari konsumsi sayuran hijau (seperti bayam, brokoli, dan daun kale), daging merah, kuning telur, dan kacang-kacangan.

Kombinasikan dengan makanan yang mengandung vitamin C saat memakan makanan tersebut. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu dan bayi. Anda mungkin juga butuh mengonsumsi suplemen zat besi untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi Anda yang tinggi ini.

4. Zink

Pada trimester ketiga, kebutuhan zink atau zat seng Anda sedikit meningkat dibanding trimester sebelumnya, yaitu sebesar 20 mg. Kebutuhan zat seng yang terpenuhi dengan baik selama kehamilan dapat mencegah bayi dari kelahiran prematur. Anda bisa memenuhi kebutuhan zat seng ini dari daging merah, seafood, sayuran hijau (seperti bayam dan brokoli), dan kacang-kacangan.

5. Vitamin A

Kebutuhan vitamin A juga sedikit meningkat pada trimester ketiga kehamilan daripada trimester sebelumnya. Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan vitamin A sebesar 850 mikrogram pada saat ini. Anda bisa mendapatkan vitamin A dari berbagai buah-buahan dan sayuran (seperti wortel, tomat, ubi jalar, dan bayam), juga susu dan telur.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenali Linea Nigra, Garis Hitam “Khas” di Perut Ibu Hamil

Saat hamil, Anda mungkin akan menemukan garis hitam di perut pada usia kehamilan yang mulai besar. Tapi, tidak semua ibu hamil punya garis ini. Mengapa?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Trimester 2, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Ciri-Ciri Hamil dari yang Paling Sering Muncul Sampai Tak Terduga

Telat haid dan mual-mual adalah tanda-tanda hamil yang paling umum. Namun, tahukah Anda, mimisan dan sakit kepala juga termasuk ciri-ciri hamil muda?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit

Kapan Kehamilan Bisa Mulai Terdeteksi dengan Test Pack?

Meski Anda mungkin sudah hamil dua hari setelah berhubungan seks, beberapa test pack pengecek kehamilan mungkin belum bisa langsung mendeteksinya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Cara Menggugurkan Kandungan Ketika Kehamilan Bermasalah

Aborsi boleh saja dilakukan apabila ada indikasi medis. Apa saja pilihan cara menggugurkan kandungan yang aman? Simak selengkapnya di halaman ini. 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tanda bayi akan lahir

Kenali 5 Tanda-Tanda Bayi Akan Lahir Dalam Waktu Dekat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
bercak darah tanda hamil atau menstruasi

Apa Bedanya Bercak Darah Tanda Hamil atau Menstruasi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
program dan cara cepat hamil

7 Cara Cepat Hamil yang Perlu Dilakukan Anda dan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
obat flu ibu hamil

Obat Flu untuk Ibu Hamil, Mulai dari Obat Medis Sampai Alami

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit