Minum Paracetamol Saat Hamil, Apakah Aman?

Oleh

Obat-obatan tertentu mungkin tidak aman digunakan saat hamil. Dosis tinggi dari obat tertentu mungkin dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Hal ini tentu bisa menyebabkan kerugian sampai bayi lahir dan tumbuh dewasa. Tentu Anda tidak ingin, bukan? Tidak hanya obat keras, namun obat-obatan ringan mungkin saja bisa menyebabkan hal buruk pada bayi Anda. Lalu, bagaimana dengan minum paracetamol saat hamil, apakah berbahaya?

Risiko minum paracetamol saat hamil

Paracetamol merupakan obat untuk menurunkan demam dan juga untuk meringankan rasa sakit dan nyeri. Karena fungsinya tersebut, mungkin Anda sering membutuhkan obat ini, tak terkecuali saat Anda sedang hamil. Namun, apakah aman minum paracetamol saat hamil?

Banyak penelitian sudah dilakukan untuk mencari tahu hal tersebut. Pada umumnya, penelitian menunjukkan bahwa minum paracetamol saat hamil adalah aman. Tidak ada bukti yang benar-benar dapat menunjukkan bahwa minum paracetamol saat hamil dapat membahayakan janin Anda.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada hubungan antara minum paracetamol saat hamil dan peningkatan risiko asma pada anak. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa ada hubungan antara minum paracetamol saat hamil dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder  (ADHD) pada anak. Namun, bukti ini belum kuat dan penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

Oleh karena itu, jangan sembarangan ketika minum paracetamol saat hamil. Anda disarankan untuk minum paracetamol dalam dosis yang paling rendah. Anda juga tidak disarankan untuk minum paracetamol dalam waktu yang lama. Anda juga perlu memerhatikan penggunaan obat paracetamol yang dikombinasikan dengan obat lainnya, seperti obat untuk mengobati batuk dan flu. Anda harus memastikan bahwa obat lain yang dikombinasikan dengan paracetamol juga aman digunakan selama kehamilan.

Berapa dosis paracetamol yang baik selama kehamilan?

Walaupun paracetamol mungkin tidak berbahaya bagi ibu hamil, namun Anda harus memerhatikan dosis harian paracetamol Anda. Dosis paracetamol yang baik Anda ambil selama kehamilan adalah satu atau dua tablet (total 500 mg atau 1000 mg). Paracetamol maksimal diminum sebanyak empat kali dalam sehari (setiap 4-6 jam). Namun, sebelum minum paracetamol saat hamil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Anda mungkin dianjurkan untuk mengambil paracetamol dengan dosis lebih rendah dari itu.

Jika Anda minum obat yang lain, perhatikan kandungan obat tersebut yang mungkin juga mengandung paracetamol. Konsultasikan selalu dengan dokter Anda setiap Anda ingin mengambil obat. Jika Anda sudah menggunakan paracetamol dan efeknya tidak efektif bekerja pada Anda, Anda juga harus membicarakan hal ini dengan dokter Anda.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca