Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tidak Pernah Mual dan Muntah Selama Hamil, Apa Ini Normal?

Tidak Pernah Mual dan Muntah Selama Hamil, Apa Ini Normal?

Salah satu gejala kehamilan yang khas muncul pertama kali adalah mual dan muntah alias morning sickness. Menurut WHO, sekitar 7 dari 10 wanita akan mengalami morning sickness selama tiga bulan pertama kehamilannya, dan bisa berlanjut hingga ke trimester kedua. Uniknya, ada beberapa wanita yang sama sekali tidak mual muntah saat hamil. Apakah ini normal, atau justru pertanda bahaya? Simak ulasannya di sini.

Apa penyebab morning sickness?

Penyebab pasti dari morning sickness belum diketahui pasti. Namun, beberapa ahli percaya hal ini terkait dengan peningkatan hormon estrogen, progesteron, dan HCG selama kehamilan.

Selain perubahan hormon kehamilan, ada beberapa hal lain yang diduga memengaruhi risiko mual muntah saat hamil, yaitu:

  • Penurunan tekanan darah
  • Penurunan gula darah (hipoglikemia) kadar gula darah rendah di pagi hari dapat memicu sensasi mual setelah bangun tidur
  • Perubahan metabolisme karbohidrat
  • Indera penciuman menajam — sensitivitas indera penciuman biasanya meningkat selama hamil sehingga tubuh dapat bereaksi berlebihan terhadap suatu aroma atau bau tertentu, yang memicu mual muntah saat hamil.

Sejumlah orang percaya bahwa morning sickness bisa dipicu oleh kombinasi perubahan fisik dan stres emosional yang menimbulkan ketidaknyamanan fisik.

Apakah normal kalau tidak mual muntah saat hamil?

Hampir kebanyakan ibu hamil akan mengalami morning sickness. Namun tidak mengalaminya bukan berarti ada yang salah pada tubuh atau kehamilan Anda. Tenang, tidak mengalami morning sickness bukan merupakan gejala keguguran yang mungkin selama ini Anda dengar dari kabar burung. Anda sebenarnya justru patut bergembira jika sama sekali tidak mual muntah saat hamil.

Setiap wanita memiliki caranya tersendiri untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi selama kehamilan. Morning sickness merupakan cara yang paling umum untuk tubuh “mengganti rugi” setiap perubahan-perubahan ini. Nah, wanita yang tidak pernah mengalami mual muntah saat hamil diduga memiliki toleransi yang lebih tinggi dan lebih tahan banting terhadap perubahan yang terjjadi selama kehamilan.

Sederhananya, mual muntah saat hamil adalah hal yang umum dan wajar. Begitu pula sebaliknya. Tidak pernah mengalami morning sickness bukan berarti ada masalah. Namun jika Anda tidak yakin dengan kondisi yang Anda alami, alangkah lebih baik untuk memeriksakannya ke dokter kandungan Anda.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

WHO. 2001. Healthy Eating During Pregnancy and Breastfeeding. [Online] Tersedia pada: http://www.euro.who.int/__data/assets/pdf_file/0020/120296/E73182.pdf (Diakses 8/12/2017)

Danielsson Krissi. 2017. Is Absence of Morning Sickness a Sign of Miscarriage?.[Online] Tersedia pada: https://www.verywell.com/does-no-morning-sickness-mean-miscarriage-2371250  (Diakses 7/12/2017) verywell

American Pregnancy. 2016. Morning Sickness. [Online] Tersedia pada: http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/morning-sickness-during-pregnancy/  (Diakses 7/12/2017)

Liberto Rachel. 2017. Morning Sickness: Treatments, Prevention, and When It Starts. [Online] Tersedia pada: https://www.medicalnewstoday.com/articles/179633.php (Diakses 8/12/2017)

NHS. 2009. The Pregnancy Book. UK: Department of Health

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 2 minggu lalu
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team