Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bolehkah Minum Obat Diet (Pelangsing) Saat Hamil?

Bolehkah Minum Obat Diet (Pelangsing) Saat Hamil?

Pertambahan berat badan yang cukup drastis saat kehamilan tak jarang membuat banyak wanita merasa kewalahan. Kekhawatiran akan berat badannya yang akan terus bertambah membuat sebagian wanita memilih untuk melakukan berbagai cara untuk diet saat hamil termasuk minum obat pelangsing. Eits, jangan sembarangan! Pasalnya, apa pun yang Anda konsumsi saat hamil bisa berefek pada bayi yang ada di dalam kandungan.

Apakah aman minum obat diet saat hamil?

diet keto saat hamil

Pada dasarnya, mengonsumsi obat pelangsing saat hamil sangat tidak dianjurkan. Mengapa begitu? Penyebabnya karena obat diet atau pelangsing umumnya mengandung stimulan. Stimulan akan merangsang tubuh dengan meningkatkan detak jantung. Dengan begitu, akan lebih banyak kalori yang dibakar. Sayangnya, hal ini bukanlah pilihan yang aman untuk si jabang bayi.

Selama kehamilan, tubuh bekerja lebih keras dengan membantu menyuplai energi dan nutrisi yang dibutuhkan bayi di dalam kandungan. Hal ini dilakukan agar janin mendapatkan asupan yang cukup untuk mendukung perkembangan organ dan berat bayi. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan lebih banyak kalori, vitamin, dan juga mineral dari yang biasa Anda konsumsi.

Selain itu, menurut Dr. Miriam Stoppard, penulis buku Conception, Pregnancy and Birth, tubuh juga perlu melakukan penyesuaian dengan kehamilan itu sendiri. Salah satu caranya dengan meningkatkan cadangan lemak baik yang diperlukan untuk proses menyusui nanti.

Nah, berbagai cara menurunkan berat badan saat hamil dengan obat pelangsing justru bertolak belakang dengan kebutuhan tubuh. Obat ini justru akan memangkas kebutuhan nutrisi tambahan selama kehamilan yang seharusnya Anda dapatkan. Pasalnya, obat pelangsing tak jarang membuat nafsu makan Anda menurun. Bahkan, kandungan di dalamnya belum terjamin aman jika dikonsumsi saat hamil.

Efek minum obat diet dan pelangsing saat hamil

jantung berdebar kencang saat hamil

Berikut ini berbagai efek yang bisa terjadi jika Anda melakukan diet saat hamil dengan minum obat pelangsing.

Meningkatkan tekanan darah dan denyut nadi

Tekanan darah yang tinggi saat hamil dapat mengurangi aliran darah ke plasenta. Akibatnya, bayi menerima lebih sedikit nutrisi yang berakibat pada rendahnya berat badan sang bayi saat lahir. Selain itu, juga berakibat peningkatan denyut nadi yang membahayakan janin.

Keguguran dan kelahiran prematur

Konsumsi obat herbal maupun suplemen pelangsing dapat mengakibatkan keguguran dan kelahiran prematur. Selain itu, kekurangan nutrisi akibat konsumsi obat diet juga semakin meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, atau masalah lainnya pada perkembangan janin.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Is It Safe To Take Diet Pills During Pregnancy?

https://www.momjunction.com/articles/is-it-safe-to-take-diet-pills-during-pregnancy_00326716/#gref accessed on August 20th 2018

Is a Weight Loss Tea Harmful During Pregnancy?

https://www.livestrong.com/article/331727-is-a-weight-loss-tea-harmful-during-pregnancy/ accessed on August 20th 2018

Pregnant Women Who Take Slimming Pills ‘are More Likely to Have Gay Children

https://www.telegraph.co.uk/news/uknews/1478256/Pregnant-women-who-take-slimming-pills-are-more-likely-to-have-gay-children.html accessed on August 20th 2018

The Effects of Taking Diet Pills While Pregnant

https://www.livestrong.com/article/357110-the-effects-of-taking-diet-pills-while-pregnant/ accessed on August 20th 2018

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 16/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x