backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Susu Rendah Lemak untuk Ibu Hamil, Solusi Jaga Berat Badan!

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 16/03/2023

Susu Rendah Lemak untuk Ibu Hamil, Solusi Jaga Berat Badan!

Bagi ibu hamil yang tetap ingin menjaga berat badan, konsumsi susu rendah lemak kerap jadi solusi. Selain menyehatkan, ibu hamil juga dapat terhindar dari lemak jahat yang membahayakan perkembangan janin. Lantas, apa saja manfaat susu rendah lemak untuk ibu hamil? Berikut ulasan selengkapnya.

Manfaat susu rendah lemak untuk ibu hamil

Pada masa kehamilan, tubuh ibu membutuhkan asupan nutrisi makro dan mikro tertentu yang lebih banyak dari biasanya.

Tentu, pemenuhan nutrisi ibu hamil tersebut tidak hanya dapat mengandalkan asupan makanan sehari-hari, tetapi juga butuh konsumsi suplemen atau susu.

dr. Boy Abidin, SpOG(K)-FER yang ditemui dalam acara Media Press Conference and Product Launch Anmum Lite, menjelaskan bahwa kombinasi makanan dan susu hamil bisa melengkapi kebutuhan nutrisi ibu.

Kombinasi makanan dengan susu kehamilan, bisa menjadi solusi bagi ibu yang ingin memenuhi nutrisi lengkap, tapi kesulitan memenuhi asupan dari makanan pokok karena rasa mual dan tantangan lainnya 

dr. Boy Abidin, SpOG(K)-FER

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa susu kehamilan bisa jadi pilihan yang meyakinkan kebutuhan gizi tubuh ibu hamil dan janin terpenuhi. Tak heran, bila konsumsi susu rendah lemak lebih dianjurkan, khususnya bagi ibu hamil. 

Selain untuk membantu mengelola dan menjaga berat badan yang sehat, ada beberapa manfaat kesehatan lain minum susu rendah lemak untuk ibu hamil, berikut penjelasannya.

1. Mengurangi risiko diabetes gestasional

Diabetes gestasional terjadi akibat gula darah (glukosa) yang tinggi selama kehamilan. Kebanyakan ibu tidak menyadari jika perubahan hormon saat hamil membuat gula darah melonjak. 

Mengutip American Family Physician, diabetes gestasional dapat menyebabkan ibu memiliki bayi yang besar, sehingga dapat membahayakan kondisi ibu maupun bayi itu sendiri.

Diabetes gestasional juga dapat menyerang bayi setelah lahir, seperti memiliki kadar gula darah rendah atau mengalami penyakit kuning.

Sementara itu, asupan makanan selama kehamilan memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit. 

Ibu hamil perlu hindari konsumsi tinggi lemak. Apabila ibu hamil ingin minum susu, cobalah susu rendah lemak yang memiliki manfaat untuk mengurangi risiko terkena diabetes gestasional.

2. Menjaga tekanan darah dalam tubuh

Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, sebaiknya segera beralih konsumsi susu rendah lemak yang bermanfaat menghindari stroke.

Susu rendah lemak mengandung kalsium dan vitamin D, yang bekerja sama untuk membantu menjaga tekanan darah ibu dalam kisaran yang sehat.

Studi terbitan Jurnal Nutrients menunjukkan, minum susu rendah lemak selama 8 minggu dapat mengurangi tekanan darah sistolik (angka atas) dan diastolik (angka bawah) pada peserta penelitian.

Kendati begitu, perlu ibu ingat bahwa konsumsi susu rendah lemak harus sesuai dengan kebutuhan nutrisi individu dan kesehatan ibu hamil.

es krim untuk ibu hamil

3. Menghindari risiko obesitas pada bayi

Peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui hubungan manfaat konsumsi susu rendah lemak untuk ibu hamil dan risiko obesitas pada bayi yang dilahirkan.

Penelitian terbitan jurnal Nutrients menunjukkan, ibu hamil yang minum susu rendah lemak memiliki bayi dengan lingkar kepala yang lebih kecil, berat badan lahir yang optimal, dan indeks massa tubuh yang lebih rendah pada usia 6 bulan kehamilan.

Di sisi lain, sebuah studi tahun 2019 yang terbit dalam jurnal Frontiers in Pediatrics menemukan, konsumsi susu rendah lemak selama kehamilan tidak terkait dengan risiko obesitas pada bayi pada usia 3 tahun.

Meskipun demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi manfaat susu rendah lemak untuk ibu hamil yang mampu mengurangi risiko obesitas pada bayi. 

4. Mencegah preeklampsia

Preeklampsia adalah kondisi serius yang terjadi selama kehamilan. Tanda-tanda kondisi ini yaitu peningkatan tekanan darah dan proteinuria (kadar protein yang tinggi dalam urine). 

Meskipun belum ada penelitian secara spesifik, studi terbitan jurnal Obstetrics and Gynecology (2017) menunjukkan hasil yang baik.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa asupan kalsium yang terkandung dalam susu rendah lemak memiliki manfaat mencegah atau mengurangi risiko preeklampsia untuk ibu hamil sebesar 55%.

Maka tak heran, susu rendah lemak adalah salah satu jenis susu yang biasanya para ahli kesehatan rekomendasikan selama kehamilan.

5. Meningkatkan kekuatan tulang

Susu rendah lemak dapat menjadi sumber nutrisi terbaik yang memiliki manfaat untuk memperkuat tulang selama kehamilan.

Sebab, susu mengandung banyak nutrisi penting yang penting untuk membangun dan memperkuat tulang, seperti kalsium, vitamin D, fosfor, dan protein.

Seperti yang Anda ketahui, bila ibu hamil membutuhkan lebih banyak kalsium selama kehamilan karena janin memerlukan kalsium untuk membangun tulang yang kuat. 

Selain itu, selama kehamilan sang ibu juga membutuhkan kalsium untuk meningkatkan kekuatan tulangnya sendiri dan mencegah keropos tulang di kemudian hari.

Itulah sejumlah manfaat mengonsumsi susu rendah lemak untuk ibu hamil. Penting untuk ibu ingat, minum susu rendah lemak harus sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan kesehatan ibu hamil. 

Selalu konsultasikan dengan dokter terkait jumlah dan frekuensi konsumsi susu rendah lemak yang tepat selama kehamilan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 16/03/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan