Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sakit Tipes Saat Hamil, Apa Dampaknya Bagi Ibu dan Bayi Dalam Kandungan?

Sakit Tipes Saat Hamil, Apa Dampaknya Bagi Ibu dan Bayi Dalam Kandungan?

Tipes adalah salah satu penyakit yang sering diderita orang Indonesia. Berdasarkan penelitian terbitan Badan Litbangkes Kemenkes RI, tipes dilaporkan menjangkiti hampir 100 ribu jiwa di sepanjang tahun 2008 saja. Anak-anak dan dewasa sama-sama berisiko terserang tipes. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menempel di makanan atau minuman, biasanya akibat jajan sembarangan. Lantas, apa yang terjadi jika ibu sakit tipes saat hamil? Apakah penyakit ibu akan memengaruhi kesehatan bayi dalam kandungannya? Berikut penjelasannya.

Gejala tipes saat hamil yang harus Anda waspadai

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Samonella typhi. Tipes pada umumnya menyebar lewat makanan dan air tidak bersih yang Anda konsumsi. Tipes juga dapat menyebar lewat makanan dan minuman yang tercemas feses orang yang terinfeksi. Pada kasus yang jarang terjadi, penularan terjadi akibat terkena urine yang terinfeksi bakteri.

Gejala penyakit ini umumnya muncul secara bertahap pada 1–3 minggu setelah tubuh terinfeksi bakteri. Tapi, dalam beberapa kasus, gejala penyakit ini juga bisa terjadi secara mendadak. Beberapa gejala tipes yang mungkin Anda alami, di antaranya demam tinggi (40°C), sakit kepala, sakit perut, diare atau sembelit, nyeri dan sakit pada otot, muncul ruam atau bintik merah di kulit, hingga nafsu makan menurun. Komplikasi tipes dapat berujung pada kematian jika tidak cepat tertangani.

Dilansir di situs Baby Center, sakit tipes saat hamil bisa memengaruhi gejala yang Anda alami, namun tidak memperparahnya. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita hamil yang terjangkit tipes mungkin akan mengalami batuk sebagai dari gejala penyakit ini.

Lalu, bagaimana jika Anda mengalami tipes saat hamil?

Beberapa penelitian melaporkan bahwa infeksi ini dapat menyelinap ke dalam plasenta sehingga memengaruhi kesehatan bayi. Menurut sebuah penelitian terbitan jurnal Obstetric Medicine, tipes saat hamil bisa meningkatkan risiko keguguran atau melahirkan bayi yang juga mengalami demam tifoid. Tipes saat hamil juga diperkirakan dapat meningkatkan risiko melahirkan prematur dan bayi dengan berat badan rendah.

Namun, belum ada cukup bukti ilmiah yang dapat memastikan pengaruh sakit tipes saat hamil yang dialami oleh ibu pada bayi dalam kandungannya. Jadi sangat sulit untuk menyimpulkan apakah tipes saat hamil benar bisa membahayakan kehamilan Anda atau tidak.

Meski begitu, berbagai kemungkinan risiko ini dapat dicegah dan bisa ditangani dengan baik dengan pemberian obat antibiotik yang tepat waktu begitu Anda mengalami gejalanya. Bayi yang mengalami tipes saat lahir dapat diberikan antibiotik ceftriaxone dan bisa kembali pulih sepenuhnya.

Jika saya kena tipes saat hamil, apakah obatnya aman untuk saya konsumsi?

Jika saat hamil Anda mengalami gejala seperti yang telah disebutkan di atas, ada baiknya segera konsultasikan hal ini dengan dokter untuk menjaga kehamilan Anda tetap sehat sampai tiba waktunya melahirkan.

Tidak semua obat tipes aman untuk ibu hamil. Namun, dokter akan meresepkan obat antibiotik yang aman dikkonsumsi dan tidak membahayakan kehamilan atau janin Anda. Jika perut Anda belum kelihatan membesar karena masih ada di trimester pertama dan dokter yang Anda keluhkan tidak tahu Anda hamil, katakan pada dokter bahwa Anda sedang mengandung.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Typhoid in pregnancy. https://www.babycenter.in/a25016267/typhoid-in-pregnancy. Accessed 14/11/2017.

Typhoid fever during pregnancy: case report and review. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4989662/. Accessed 14/11/2017.

KAJIAN FAKTOR PENGARUH TERHADAP PENYAKIT DEMAM TIFOID PADA BALITA INDONESIA. http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/hsr/article/view/2712. Accessed 14/11/2017.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari Diperbarui 03/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x