Beragam Pilihan Makanan Ketika Ibu Hamil Sedang Tidak Ingin Makan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Masa kehamilan kerap dianggap sebagai masa-masa yang tak ternilai harganya. Sayangnya, tetap saja ada keluhan yang datang silih berganti selama masa-masa ini, salah satunya seperti malas makan saat hamil. Jangan biarkan kondisi ini memengaruhi kesehatan tubuh dan kehamilan Anda, sebaiknya kenali pilihan makanan yang bisa dikonsumsi.

Kenapa ibu hamil biasanya malas makan?

mual saat hamil

Masa awal kehamilan bisa dibilang sebagai waktu beradaptasi yang cukup sulit bagi ibu hamil. Itu sebabnya, tidak sedikit ibu hamil yang mengalami mual dan muntah di trimester pertama kehamilan (morning sickness). Hal tersebut biasanya disebabkan oleh perubahan hormon maupun stres.

Perubahan tersebutlah yang nantinya menurunkan nafsu makan ibu hamil di awal kehamilan, terlebih karena kebiasaan mual dan muntah yang biasanya berlangsung setiap hari. Alih-alih memperbanyak makan sebagai pengganti makanan yang hilang karena muntah, Anda mungkin lebih memilih untuk tidak makan karena merasa tidak berselera.

Mengalami masalah pencernaan di trimester awal kehamilan juga diyakini sebagai penyebab malas makan saat hamil. Ini karena kerja saluran pencernaan yang terganggu, akan membuat perut Anda terasa penuh seolah sudah kenyang, atau memang merasa tidak nyaman dengan gejala yang ditimbulkan.

Alhasil, Anda pun menjadi tidak nafsu makan demi tujuan untuk mengurangi gejala.

Apa saja pilihan makanan ketika ibu malas makan saat hamil?

sarapan untuk ibu hamil

Kebutuhan zat gizi saat hamil tentu berbeda dengan saat wanita sedang tidak hamil. Itulah mengapa Anda diharuskan untuk makan meski rasanya malas atau bahkan sedang tidak berselera.

Nah, agar tubuh serta kehamilan Anda senantiasa dalam kondisi sehat dan prima, ada beberapa jenis makanan yang bisa dipilih untuk menyumbang energi bila merasa malas makan saat hamil, yakni:

  • Yogurt
  • Buah-buahan, seperti pisang, apel, jambu, jeruk, semangka, tomat, mangga, alpukat, dan lainnya
  • Berbagai jenis sup, seperti sup ayam, sup ikan, sup jagung, sup asparagus, sup kacang merah, dan lainnya
  • Sayur-sayuran, seperti brokoli, sawi, bayam, kangkung, dan lainnya
  • Makanan manis seperti kue, es krim, puding

Kuncinya, bangkitkan nafsu makan saat hamil dengan mencari cara yang setidaknya dapat mengatasi tidak nafsu makan saat hamil. Entah itu dengan mencoba menu makanan baru, makan sedikit tapi sering, hingga menghindari jenis makanan berbau tajam yang bisa menurunkan nafsu makan.

Menghindari makanan mentah, berlemak tinggi, dan terlalu pedas, juga dapat bantu kembalikan keinginan makan. Usahakan untuk memperbanyak makan sumber karbohidrat dan protein guna menyumbang energi.

Sebab bagaimanapun, tubuh dan calon bayi di dalam kandungan Anda juga memerlukan asupan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Baca Juga:

Sumber