home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Jeroan?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Jeroan?

Ibu yang sedang hamil umumnya punya banyak pantangan makanan untuk menjaga kesehatan diri dan kandungannya. Salah satu yang banyak dipertanyakan adalah, apa boleh ibu hamil makan jeroan? Sebab jeroan itu sendiri sering dianggap bisa menyebabkan kolesterol naik. Mari simak jawaban dan penjelasannya berikut ini.

Apa yang terkandung dalam jeroan?

Kandungan nutrisi dalam jeroan tergantung dari bagian mana yang Anda makan.

Misalnya ati dan ampela yang mengandung cukup protein serta variasi vitamin dan mineral, seperti vitamin B, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, besi, fosfor, dan magnesium.

Sementara itu, otak sapi tinggi DHA, jenis asam lemak omega-3 yang berfungsi menjaga kesehatan otak dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Lalu, bolehkah ibu hamil makan jeroan?

Boleh. Jeroan hewan menyediakan ragam gizi yang bisa bermanfaat bagi kesehatan ibu serta tumbuh kembang janin.

Ambil contoh vitamin A yang sangat penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan janin, DHA yang penting untuk perkembangan otak dan mata bayi, hingga protein yang menyediakan energi buat tubuh ibu beraktivitas selama hamil serta mencegah risiko beberapa kondisi cacat lahir.

Namun meski bermanfaat, jeroan tidak boleh dimakan setiap hari. Dikutip dari website Healthy Eating, dokter berpendapat sebaiknya ibu hamil makan jeroan tidak lebih dari satu kali per minggu.

Jeroan tinggi kolesterol

Ada beberapa alasan kenapa ibu hamil tidak disarankan terlalu banyak makan jeroan. Pertama karena kandungan zat gizi baik dari jeroan tidak bisa diolah secara maksimal oleh tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Kedua karena secara umum kebanyakan jeroan termasuk makanan tinggi lemak, kalori, dan kolesterol. Satu ons ati ayam terhitung mengandung 180 mg kolesterol, sementara ampela ayam mengandung 370 miligram kolesterol. Jumlah ini saja sudah bisa mencukupi lebih dari setengah asupan harian kolesterol yang direkomendasikan buat ibu hamil.

Terlebih kadar kolesterol tubuh Anda saat hamil memang secara alami cenderung meningkat hingga sekitar 50 persen. Maka dari itu, kebanyakan makan jeroan saat hamil bisa membuat kadar kolesterol Anda makin melonjak tinggi, yang bahaya buat kesehatan tubuh serta janin. Kadar kolesterol tinggi berisiko membuat ibu hamil terkena serangan jantung dan stroke.

Selain itu, beberapa jeroan juga tinggi vitamin A. Misalnya ati dan ampela ayam. Meski dibutuhkan tubuh, kelebihan vitamin A dapat menyebabkan keracunan yang membahayakan Anda dan si calon bayi.

Oleh karena itu, penting untuk membatasi porsi makan jeroan sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Jeroan harus dimasak dengan benar

Organ tubuh hewan yang dijadikan jeroan umumnya mengandung banyak kotoran dan racun hasil pembuangan. Nah, racun dan kotoran ini sebetulnya bisa dihilangkan apabila ibu hamil makan jeroan yang dimasak dengan benar. Baiknya, ikuti cara mengolah jeroan berikut ini:

  • Cuci jeroan 3 kali di bawah aliran air bersih
  • Rebus jeroan hingga matang
  • Lalu, olah jeroan sesuai selera
  • Untuk ibu hamil, baiknya jangan digoreng. Olah jeroan dengan cara ditumis atau direbus akan lebih baik.
health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Metode kalkulasi

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

 

Healthh ebnefit of gizzard https://www.livestrong.com/article/508188-the-health-benefits-of-gizzards/ diakses pada 19 Desember 2018.

Chicken gizzard https://healthyeating.sfgate.com/chicken-gizzards-healthy-1954.html diakses pada 19 Desember 2018.

Foods to avoid during pregnancy https://www.healthline.com/nutrition/11-foods-to-avoid-during-pregnancy diakses pada 19 Desember 2018.

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Novita Joseph pada 06/01/2019
x