7 Gaya Aman Berhubungan Intim Saat Hamil

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kebanyakan wanita yang memiliki kehamilan normal akan memiliki gairah seks yang tinggi (akibat perubahan hormon yang melonjak). Bagi pria, wanita hamil juga tidak kalah menggairahkan dibanding dengan yang tidak hamil. Nah, terkadang masalah berhubungan intim saat hamil, memang menjadi kekhawatiran serta perdebatan sendiri bagi banyak orang. Jadi, apa aman berhubungan intim saat hamil?

Jawabannya, aman. Meski pada beberapa kondisi tertentu, wanita yang mengalami kehamilan rentan, harus berhati-hati dan memerlukan ekstra perlindungan bagi ibu dan janinnya. Perlindungan yang dimaksud di sini adalah, tentang gaya dan cara berhubungan intim yang aman. Mari simak beberapa gaya dan cara berhubungan intim saat hamil yang bisa Anda coba dengan pasangan.

Gaya dan cara aman berhubungan intim saat hamil

1. Posisi misionaris

Anda bisa mencoba posisi misionaris (pria di atas, dan ibu hamil di bawah) setelah trimester pertama, tempatkan bantal di bawah  punggung ibu hamil agar perut ibu tetap stabil dari guncangan. Lalu pastikan pasangan Anda tidak memiliki berat badan yang berlebih sehingga tidak terjadi topangan berlebih saat penetrasi dan perut ibu hamil aman dari beban apapun.

2. Woman on top

Bisa dibilang, posisi ini posisi ternyaman dengan wanita sebagai pengendali dari gaya, daya dan kedalaman penis yang masuk. Posisi woman on top dilakukan dengan mengangkangi pasangan Anda, memang ibu hamil akan lebih lelah pada posisi ini. Tetapi dengan begitu, perut yang besar tidak akan membebani ibu hamil dan dapat mengontrol kedalaman penetrasi saat bercinta.

3. Samping menyamping menjadi satu

Posisi berbaring miring menuju satu arah dengan pasangan, boleh Anda coba ketika berhubungan intim saat hamil. Posisikan tubuh Anda ke samping, lalu pasangan Anda akan menyamping pula ke arah yang sama dengan hadapan Anda. Pada posisi ini, ibu hamil bisa menaruh bantal di bawah perut dan di belakang punggung. Angkat kaki yang miring bagian atas, setelah itu penetrasi bisa dilakukan, tetapi penetrasi cenderung dangkal jika melakukan seks pada posisi ini.

4. Gaya bentuk gunting

Gaya seks yang satu ini, membutuhkan Anda dan pasangan untuk berbaring miring berhadapan. Sehingga pada kedua tubuh bagian atas akan membentuk huruf V, dan jika dilihat dari keseluruhan, posisi Anda berdua akan membentuk gunting. Taruhlah bantal di bawah punggung ibu hamil, untuk mendukung kekuatan hentakan penetrasi yang diberikan oleh lawan bercinta. Lalu ibu hamil dapat meletakan kaki di atas pinggul pasangan. Sayangnya, posisi ini akan memberikan sedikit beban pada perut ibu hamil.

5. Doggy style

Perhatikan untuk posisi ini lebih baik dilakukan jika kehamilan baru memasuki trimester awal. Jika melebihi trimester tersebut, dikhawatirkan akan memengaruhi kelelahan dan tegang pada bagian perut ibu. Caranya, ibu hamil boleh melakukan dengan posisi merangkak, lalu lawan akan berlutut pada bagian belakang dan mengikuti ketinggian posisi tubuh ibu hamil. Pada posisi ini, lagi-lagi memerlukan bantalan pada bawah tubuh wanita serta stamina yang kuat menunjang beban yang ibu hamil bawa pada perutnya.

6. Posisi berpangku di kursi

Berhubungan intim saat hamil yang dilakukan di kursi nyatanya dapat menjadi alternatif tersendiri untuk kepuasan bercinta. Anda hanya membutuhkan kursi yang kokoh dan dapat menahan beban Anda, janin, dan lawan main Anda. Pada posisi ini, pria akan duduk dengan paha terbuka lebar, lalu ibu hamil bisa duduk di atas paha pria tersebut. Gunakan juga kursi dengan pegangan atau tangan yang kokoh sehingga posisi ibu hamil bisa stabil.

7. Bercinta di tepi ranjang

Posisi berhubungan intim yang satu ini, hampir mirip dengan posisi misionaris pada  penjelasan di atas. Perbedaannya, posisi ini dilakukan pada tepi kasur atau pun tepi sofa. Ibu hamil hanya perlu berbaring biasa di tepi kasur, sedangkan pasangan bersiap di samping kasur. Posisi tubuh dan gerakan pria, tergantung pada ketinggian tempat tidur, bahkan pasangan Anda bisa berlutut atau berdiri

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Kalau muncul migrain atau sakit kepala setelah keramas, Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya. Nah, ini dia berbagai penyebabnya. Simak baik-baik, ya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Hal yang Harus Langsung Dilakukan Wanita Setelah Seks

Tiap wanita mungkin punya kebiasaan yang berbeda. Namun, ada empat hal yang wajib wanita lakukan setelah seks, demi kesehatannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Seksual, Tips Seks 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
cara menggugurkan kandungan

Cara Menggugurkan Kandungan Ketika Kehamilan Bermasalah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit