home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Nyeri Perut Setelah Olahraga? Ini Penyebabnya

Nyeri Perut Setelah Olahraga? Ini Penyebabnya

Kalau Anda sering merasa nyeri perut setelah olahraga, atau bahkan saat sedang olahraga, ini bisa mengganggu motivasi Anda untuk terus rutin beraktivitas fisik. Apa penyebab rasa nyeri kram perut saat olahraga ini? Bisakah kita mencegahnya untuk terjadi? Simak informasinya di bawah ini.

Banyak jenis olahraga yang dapat Anda lakukan, dari mulai yang sederhana dan tidak memerlukan peralatan apapun hingga membutuhkan peralatan khusus untuk menunjang olahraga tersebut. Hal itu tentu saja pilihan Anda, yang terpenting adalah melakukan olahraga secara rutin. Kementerian Kesehatan menyarankan untuk melakukan olahraga sedikitnya 30 menit per hari.

Mungkin salah satu yang membuat Anda malas untuk melakukan olahraga adalah efek yang ditimbulkan sesaat setelah berolahraga. Salah satu dampak yang sering timbul setelah melakukan olahraga adalah nyeri atau sakit pada bagian perut. Tentu saja hal ini akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan dapat menurunkan mood untuk kembali berolahraga. Lalu, sebenarnya apa yang menyebabkan nyeri dan sakit pada perut setelah Anda berolahraga? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya dan tidak merusak mood Anda? Berikut adalah penjelasannya.

BACA JUGA: Anda Malas Olahraga? Bisa Jadi Bawaan Lahir

Penyebab nyeri perut setelah olahraga

Berbagai hal bisa menyebabkan sakit perut sesaat setelah Anda berolahraga, berikut adalah alasannya:

1. Otot tegang

Olahraga akan membuat otot menegang. Perut yang sakit bisa disebabkan oleh cedera otot perut. Ketika otot meregang melebihi dari kemampuannya, ini akan menimbulkan rasa nyeri.

2. Hernia

Kondisi ini terjadi jika jaringan lunak pada rongga perut melemah atau bahkan robek. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kelelahan serta tidak berlatih atau melakukan pemanasan terlebih dahulu. Gejala yang timbul jika Anda mengalami hernia adalah timbul nyeri di perut dan perut merasa tertekan.

3. Perdarahan

Beberapa olahraga seperti sepak bola, seni bela diri, dan hoki adalah jenis olahraga yang bisa mengakibatkan cedera di bagan perut. Cedera ini bisa menyebabkan perdarahan di dalam yang kemudian mengakibatkan Anda mengalami sakit pada bagian perut, pusing, bengkak di bagian perut, dan kulit berwarna pucat. Jika hal ini terjadi maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

4. Maag

Olahraga tidak hanya membuat fisik menjadi tegang, tetapi mental pun juga. Ketika mental menjadi tegang, salah satu respon yang dilakukan tubuh adalah peningkatan asam lambung. Kondisi ini dapat membuat lambung dan usus menjadi meradang dan dikenal sebagai maag.

BACA JUGA: Waspada Ciri-Ciri dan Bahaya Kecanduan Olahraga

Apakah nyeri perut setelah berolahraga adalah gejala penyakit tertentu?

Jawabannya adalah tidak. Jika memang Anda merasakan perut yang tidak nyaman selama lebih dari 48 jam setelah melakukan olahraga, maka kemungkinan Anda mengalami beberapa kondisi yang telah disebutkan di atas. Namun sakit ini juga bisa ditimbulkan karena makanan dan minuman yang Anda makan sebelum berolahraga.

Jika Anda makan atau minum terlalu dekat dengan jadwal olahraga Anda maka hal ini akan menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Jadi sebaiknya jika Anda makan maksimal 2 jam sebelum Anda melakukan olahraga. Selain itu, hindari makanan yang sulit dicerna dimakan sesaat sebelum olahraga, karena akan menyebabkan perut tertekan dan timbul rasa sakit.

Bagaimana cara mencegah nyeri perut saat olahraga?

Berikut adalah cara pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk menghindari nyeri perut:

  • Hindari minum kafein sebelum berolahraga
  • Batasi konsumsi produk susu
  • Batasi makanan yang mengandung serat tinggi
  • Hindari makanan yang mengandung gas tinggi, seperti kol, brokoli, durian, dsb.
  • Tetap terhidrasi dengan baik
  • Hindari juga mengonsumsi aspirin, ibuprofen, dan sorbitol
  • Hindari minuman yang manis

BACA JUGA: 7 Tips Mengatasi Rasa Tidak Suka Berolahraga

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Petros, D. and Petros, D. (2016). Abdominal Pain After a Workout. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/179293-abdominal-pain-after-a-workout/   [Accessed 25 Dec. 2016].

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 04/12/2016
x