home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berapa Langkah Kaki Per Hari yang Bisa Membuat Anda Sehat?

Berapa Langkah Kaki Per Hari yang Bisa Membuat Anda Sehat?

Meskipun sering kali diabaikan sebagai bentuk olahraga, nyatanya berjalan kaki bisa membantu menambah stamina, membakar kalori berlebih, dan membuat jantung lebih sehat. Berjalan kaki adalah cara mudah dan menyenangkan untuk meningkatkan jumlah aktivitas fisik yang Anda lakukan tanpa memerlukan usaha dan energi yang berlebih.

Berapa banyak langkah per hari yang direkomendasikan untuk kesehatan?

Sebenarnya, Departemen Kesehatan dan Layanan Amerika Serikat tidak memiliki rekomendasi seberapa banyak langkah yang harus Anda lakukan per harinya. Meskipun begitu, Physical Activity Guidelines Amerika Serikat merekomendasikan agar orang dewasa melakukan 150 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas sedang atau 75 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas tinggi yang diimbangi dengan olahraga lainnya.

Untuk memenuhi rekomendasi tersebut, Anda perlu berjalan sekitar 7.000 sampai 8.000 langkah sehari.

Beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa jalan 10.000 langkah sehari benar-benar akan memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh Anda. Hal ini pun didukung oleh sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang melakukan jalan 10.000 langkah sehari mampu menurunkan tekanan darah setelah 24 minggu dan meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh mereka.

Namun berbagai lembaga kesehatan mungkin tidak merekomendasikan 10.000 langkah per hari, tapi mereka tetap menilai bahwa “berjalan” merupakan kegiatan yang berpotensi meningkatkan kualitas kesehatan seseorang. Jadi pada dasarnya tidak ada acuan berapa langkah per harinya yang harus Anda lakukan, hanya saja semakin banyak aktivitas yang Anda lakukan maka Anda semakin banyak pula manfaat kesehatan yang Anda dapatkan.

Bagaimana cara mengetahui sudah berapa langkah saya berjalan kaki?

Rata-rata orang bisa berjalan antara 3.000 sampai 4.000 langkah per hari – itupun bagi mereka yang memang memiliki aktivitas yang memungkinkan untuk bergerak. Untuk mengetahui berapa langkah yang sudah Anda lakukan setiap hari, Anda bisa menggunakan alat pedometer ataupun mengunduh aplikasi tersebut di ponsel. Pedometer adalah alat elektronik yang digunakan untuk menghitung langkah orang yang berjalan ataupun berlari.

Menurut American College of Sports Medicine, hitungan langkah bukanlah ukuran kualitas latihan yang akurat dan tidak boleh dijadikan patokan dari aktivitas fisik seseorang. Jadi gunanya Anda mengetahui langkah berjalan agar Anda menjadi lebih antusias dan semangat untuk melakukan aktivitas yang membuat Anda aktif bergerak seperti berjalan atau berlari. Fungsinya karena ingin meningkatkan kebugaran, mengurangi berat badan, mengubah pola hidup agar lebih aktif, serta memulihkan kesehatan atau terapi.

Bagaimana saya bisa menyesuaikan aktivitas berjalan dengan kesibukan?

Menjadikan jalan kaki sebagai aktivitas yang menyehatkan sebenarnya sangat mudah. Cobalah kiat berikut ini agar Anda bisa melangkah lebih banyak:

  • Ketika naik dan turun angkutan umum, Anda bisa berjalan dari halte menuju kantor
  • Berjalan kaki saat berbelanja ke pusat perbelanjaan
  • Mencari makan siang dengan berjalan kaki
  • Memilih naik tangga bukan lift, ataupun naik eskalator
  • Jalan santai bersama pasangan ataupun binatang peliharaan agar lebih menyenangkan
  • Rencanakan jalan-jalan yang menarik selama hari libur
  • Ikut kegiatan acara jalan santai yang sering diadakan oleh komunitas
  • Memilih berjalan kaki ketimbang naik kendaraan untuk mencapai tujuan yang sekiranya dekat

Poin terpenting adalah, jangan bosan untuk selalu meningkatkan aktivitas sehari-hari dengan selalu aktif bergerak dan diimbangi dengan menerapkan gaya hidup sehat. Misalnya, tetap melakukan olahraga teratur, menjaga asupan makanan, menghindari stres, berhenti merokok, minuman beralkohol dan lain sebagainya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How Much Do Steps Per Day Really Matter? – http://health.usnews.com/health-news/health-wellness/articles/2017-04-14/how-much-do-steps-per-day-really-matter diakses pada 17 Mei 2017

The Truth About 10.000 Steps A Day – http://www.livescience.com/43956-walking-10000-steps-healthy.html diakses pada 17 Mei 2017

The 10.000 Steps Challenge – http://www.nhs.uk/Livewell/loseweight/Pages/10000stepschallenge.aspx diakses pada 17 Mei 2017

How Many Steps/Day are Enough? For Adults – https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3197470/ diakses pada 17 Mei 2017


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal diperbarui seminggu yang lalu
x