Tips Memulai Yoga Bagi Anda yang Bertubuh Gemuk

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mungkin Anda lebih sering melihat orang melakukan yoga dengan tubuhnya yang kurus dan hampir ideal. Apakah yoga bisa untuk orang gemuk? Tentu bisa, yoga bisa dilakukan oleh semua orang dan tidak melihat bentuk tubuh. Yoga memiliki manfaat dapat mengurangi stres dan meningkatkan kebugaran tubuh. Manfaat yoga tersebut tentu bisa untuk semua orang. Lantas bagaimana memulai melakukan yoga untuk tubuh gemuk? Simak ulasannya di sini.

Yoga pilihan olahraga yang tepat untuk Anda yang memiliki tubuh gemuk

Yoga memiliki gerakan yang mudah, sehingga orang bertubuh gemuk sekalipun dapat beradaptasi sendiri. Bagi orang yang memiliki tubuh gemuk, latihan-latihan intensitas rendah seperti yoga mungkin lebih membuat nyaman dibanding harus lari atau jogging di taman atau trotoar. Sebagian besar gerakan yoga juga bisa dimodifikasi sesuai dengan tubuh Anda.

Orang yang memiliki kelebihan berat badan sering mengalami masalah dengan nyeri sendi, yoga dapat membantu dengan meningkatkan keselarasan tubuh untuk mengurangi ketegangan pada sendi.

Yoga juga bisa meningkatkan kemampuan keseimbangan hingga dapat memperpanjang usia. Orang yang kelebihan berat badan mungkin juga lebih sering mengalami stres. Nah, gerakan yoga dapat membantu menenangkan pikiran dan melemaskan otot-otot yang tegang.

Bagaimana mulai melakukan yoga jika saya memiliki tubuh gemuk?

Cara terbaik untuk mulai belajar yoga adalah dari seorang guru profesional dan berpengalaman. Anda bisa mengambil kelas yoga atau dengan instruktur yoga pribadi.

Instruktur yoga akan mengenalkan gerakan yoga sesuai dengan tipe tubuh Anda. Instruktur yoga juga mungkin akan memberikan alat peraga untuk membantu Anda melakukan gerakan tertentu.

Biasanya untuk pemula, Anda akan dikenalkan dengan latihan Hatha yoga. Ini adalah jenis latihan yoga yang lebih fokus gerakan fisik dan pernapasan daripada mental.

Biasanya, Hatha yoga dilakukan dengan mengombinasikan posisi duduk dan berdiri dengan tempo yang pelan. Jadi, Anda bisa lebih menikmati gerakan-gerakan Hatha yoga dengan lebih rileks.

Abby Lentz, pendiri Heavyweight Yoga di Austin, Texas, menyarankan untuk berbicara kepada instruktur sebelum kelas yoga pertama Anda untuk memastikan bahwa supaya Anda lebih nyaman dan bisa beradaptasi dengan olahraga ini.

Jika Anda tidak merasa siap untuk kelas grup, sesi yoga pribadi mungkin adalah pilihan yang tepat. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mempelajari gerakan dasar dan mendapatkan kepercayaan diri untuk menggunakan alat peraga dengan cara yang efektif sebelum bergabung dengan latihan kelas kelompok.

Selain itu, Anda juga dapat bergabung dengan komunitas online penggemar yoga agar Anda lebih bersemangat saat latihan, mendapatkan banyak masukan mengenai kegiatan yoga hingga berpikir positif bahwa latihan Anda tidak akan sia-sia.

Mengetahui latihan yoga lebih dalam adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda akan merasa nyaman.

Tips melakukan yoga untuk tubuh gemuk

Berikut tips melakukan yoga untuk tubuh gemuk agar lebih nyaman melakukannya.

Perluas posisi Anda

Dalam banyak postur berdiri, kaki sering harus selebar pinggul. Namun, jika Anda punya tubuh yang besar, mungkin Anda bisa mencoba melebarkan kaki sejauh jarak yang membuat Anda nyaman.

Kenali tubuh Anda

Jika kulit perut Anda, paha, lengan atau payudara menghalangi, pegang dan gerakkan. Jenis instruksi ini mungkin tidak ditulis dalam skrip kelas yoga tradisional, jadi ambillah inisiatif untuk membuat diri Anda lebih nyaman.

Gunakan alat peraga

Jika instruktur Anda ingin Anda menyentuh tangan Anda ke jari-jari kaki untuk peregangan hamstring, jangan takut dulu. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan tali yoga. Ini dapat membantu Anda mencapai peregangan dan membantu Anda dalam gerakan lain.

Berpikir positif

Yoga bukan tentang persaingan dan kesempurnaan. Gunakan latihan ini sebagai kesempatan untuk terhubung dengan pikiran dan tubuh Anda.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Gerakan Senam Mata untuk Mengatasi Mata Lelah

Senam mata adalah salah satu cara mengatasi mata lelah yang muncul akibat terlalu lama melihat layar komputer atau cahaya terang. Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 21 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Tidak Hanya Wanita, Inilah 7 Manfaat Yoga untuk Pria

Siapa bilang yoga hanya untuk wanita? Banyak gerakan yoga yang bisa membantu pria membentuk otot idaman. Inilah manfaat yoga untuk pria.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Latihan Kelenturan, Kebugaran 10 Juni 2020 . Waktu baca 7 menit

Manfaat Rutin Melakukan Yoga Bridge Pose pada Fisik dan Mental

Bridge pose menjadi salah satu pose yoga yang memiliki banyak manfaat. Ragam manfaat tersebut mulai dari kesehatan fisik hingga menjaga kesehatan mental.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Latihan Kelenturan, Kebugaran 6 Mei 2020 . Waktu baca 3 menit

Yoga Sebagai Salah Satu Upaya Pencegahan COVID-19

Kabar baik bagi yang suka yoga di rumah! Kabarnya, beberapa pose yoga bisa cegah COVID-19. Bagaimana ahli menjelaskan kaitan keduanya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
COVID-19, Penyakit Infeksi 24 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

yoga untuk disfungsi ereksi

4 Gerakan Yoga untuk Membantu Mengatasi Disfungsi Ereksi pada Pria

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
cara mengatasi fobia

Terus-terusan Dipaksa Menghadapi Rasa Takut, Apakah Bisa Menghilangkan Fobia?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 11 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
olahraga malam hari

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
senam hamil

12 Gerakan Senam Hamil yang Mudah agar Persalinan Lancar

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit