home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Teknik Badminton Dasar yang Wajib Dikuasai Para Pemula

5 Teknik Badminton Dasar yang Wajib Dikuasai Para Pemula

Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang bisa dilakukan siapa saja, mulai dari usia muda hingga tua. Selain menyehatkan, olahraga ini juga dikenal bisa membawa kebahagiaan bagi setiap pemainnya karena bisa dilakukan berpasangan ataupun berkelompok. Bahkan, bulu tangkis bermanfaat bagi anak-anak dalam memperluas interaksi sosial dengan teman-temannya. Tertarik mencoba olahraga ini? Tenang, tak sulit untuk mempelajari teknik bulu tangkis dasar bagi Anda yang baru ingin mencoba atau bahkan ingin memaksimalkan kemampuan Anda.

Memahami teknik bulu tangkis dasar

Teknik dasar dalam olahraga badminton atau bulu tangkis merupakan hal penting yang perlu dikuasai oleh siapa saja yang akan memulai mempelajari jenis olahraga ini. Tujuannya untuk membentuk diri Anda mampu menghadapi serangan-serangan yang diberikan oleh lawan dengan optimal. Bagaimana caranya? Simak penjelasan teknik-teknik berikut ini, yuk.

1. Teknik bersikap yang benar

Sebelum Anda mulai mempelajari macam-macam teknik bulu tangkis dasar, ada baiknya Anda mengetahui sikap yang benar agar memudahkan Anda untuk melakukan pertahanan dan penyerangan secara optimal selama pertandingan berlangsung.

Caranya:

  1. Sikap posisi berdiri harus tegak dengan kedua kaki siap menjaga keseimbangan tubuh.
  2. Kedua lutut ditekuk dengan kaki dibuka selebar bahu, diikuti posisi pinggang yang tetap rileks.
  3. Posisikan lengan yang akan memegang raket di samping badan senyaman mungkin, dan pastikan lengan tetap bisa bergerak bebas.
  4. Senantiasa memperhatikan aturan-aturan selama permainan berlangsung.

Setelah Anda menguasi semua poin di atas, artinya Anda siap untuk melanjutkan latihan ke teknik bulu tangkis dasar selanjutnya.

2. Teknik dasar memegang raket

Salah satu hal yang penting yang harus dikuasai pemain bulu tangkis tunggal, yakni cara memegang raket dengan benar. Sebab, jika Anda tidak memegang raket dengan benar, Anda akan kesulitan dalam memberikan servis kuat ke garis lawan.

Ada dua cara memegang raket yang sering digunakan di lapangan: forehand dan backhand. Dua teknik ini digunakan secara bergantian, tergantung pada situasi dan kondisi permainan. Untuk para pemula, biasanya akan diajarkan cara forehand terlebih dahulu baru kemudian dilanjutkan dengan backhand.

Caranya:

  1. Pada dasarnya, cengkeraman yang dibutuhkan saat memegang raket harus santai dan tidak terlalu kencang. Tips mudahnya, pegang kepala raket dengan tangan Anda, lalu geser secara perlahan tangan Anda ke arah bawah raket hingga sampai di area untuk memegang raket, cari posisi ternyaman. Cara ini membantu Anda untuk menemukan sudut yang tepat.
  2. Tempatkan jari jempol dan telunjuk hingga membentuk huruf V tajam pada pegangan raket. Perhatikan, hindari membentuk huruf U bundar. Jika yang terbentuk adalah huruf U, berarti ada kesalahan pada cara Anda menggenggam raket, misalnya terlalu kencang.
  3. Sebaiknya pegang raket di jari-jari tangan dan bukan di telapak tangan. Ini penting untuk memudahkan Anda ketika memberikan servis hingga smash kepada lawan.

3. Teknik dasar servis

Servis dalam olahraga badminton merupakan salah satu unsur penting yang harus dikuasai dengan baik. Pukulan servis yang akurat akan memberikan Anda keunggulan dibandingkan lawan.

Ada beberapa teknik servis dasar yang bisa dengan mudah Anda pelajari, di antaranya:

  1. Servis forehand rendah umumnya dipakai dalam olahraga bulu tangkis tunggal, dengan mengandalkan jarak pukul yang rendah antara shuttlecock dengan garis net.
  2. Servis forehand tinggi hampir sama dengan servis forehand rendah, hanya saja dibutuhkan tenaga yang lebih besar untuk memukul shuttlecock agar bisa melambung tinggi dan jatuh di belakang garis lawan.
  3. Servis backhand umumnya dipakai dalam olahraga bulu tangkis ganda. Fungsinya untuk menjatuhkan shuttlecock melewati jaring atau garis lawan.
  4. Servis smash pukulan yang dilakukan sebenarnya sama seperti servis biasanya, hanya saja menggunakan ayunan tangan yang sangat kencang karena bertujuan untuk mengecoh lawan.

4. Teknik dasar kaki

Memiliki pergerakan kaki yang baik penting untuk Anda pahami. Pasalnya, gerakan kaki yang luwes saat bermain bulu tangkis akan memudahkan Anda untuk berpindah posisi; ke depan, ke belakang, ke samping, bahkan lompat tinggi untuk mengembalikan servis shuttelcock pada lawan.

Selain itu, gerak dasar kaki juga penting untuk mengatur keseimbangan Anda di lapangan. Karena bila tidak seimbang, akan sulit untuk mengendalikan pukulan-pukulan dari lawan yang bertubi-tubi. Bahkan akan terjadi hal-hal yang tidak diharapkan bila Anda tidak memiliki pola perpindahan kaki yang tepat, misalnya cedera.

5. Teknik dasar stroke

Stroke dalam olahraga bulu tangkis diartikan sebagai gerakan persiapan pemain ketika hendak memukul shuttlecock. Setelah Anda berhasil mempelajari dengan baik sikap dasar, cara memegang raket dengan benar, servis yang baik, dan pergerakan kaki yang tepat, kini saatnya Anda mengoptimalkan kemampuan dengan memahami teknik dasar stroke.

Pada intinya, stroke dibutuhkan untuk memantapkan gerakan sebelum Anda benar-benar mengayun raket dan memukul shuttlecock ke arah lawan. Ada 4 teknik stroke dasar, yaitu:

  • Pukulan overhead forehand
  • Pukulan overhead backhand
  • Pukulan underarm forehand
  • Pukulan underarm backhand

Sumber: www.masterbadminton.com

Ketika umpan dari lawan bergerak mengarah pada Anda, persiapkan gerakan untuk melakukan servis dengan 4 pilihan pukulan sesuai dengan arah datangnya shuttlecock (lihat pada gambar).

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Simple Rules for Complete Beginners. https://www.badmintonbible.com/articles/rules/simple Diakses pada 9 Maret 2018.

Forehand Grip. https://www.badmintonbible.com/shots/grips/basics/forehand Diakses pada 9 Maret 2018.

Badminton Footwork. https://www.badmintonbible.com/articles/footwork Diakses pada 9 Maret 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 18/03/2018
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x