5 Tips Memperkuat Teknik Smash Anda Saat Main Bulu Tangkis

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang paling terkenal di Asia, khususnya Tiongkok dan Asia Tenggara. Banyaknya atlet mancanegara dan nasional yang mengukir nama mereka di puncak dunia semakin menginspirasi banyak kaum muda untuk terjun mendalaminya. Salah satu gerakan paling memukau para atlet bulu tangkis adalah ketika mereka melakukan smash. Bagaimana caranya agar Anda bisa menguasai teknik smash layaknya pemain pro? Berikut tips mengasah teknik smash bulu tangkis yang bisa Anda coba.

Latihan teknik smash bulu tangkis

Ada banyak teknik yang dilakukan oleh atlet-atlet bulu tangkis seperti drop shots, push, drive, dan pastinya smash. Bagi Anda yang gemar bermain atau menonton bulu tangkis, pasti Anda juga ingin bisa melakukan smash seperti para atlet hebat ini bukan? Memang untuk melakukan teknik smash yang benar dan kuat tidak mudah, tapi Anda bisa mempelajari beberapa tips smash bulutangkis ini untuk mendapatkan smash yang optimal.

1. Jangan biarkan otot-otot Anda terlalu tegang

Ketika Anda sedang bermain, memang akan selalu ada tekanan untuk melakukan yang terbaik. Tahukah Anda bahwa stres bisa membuat otot menjadi tegang? Inilah yang merupakan titik lemah terbesar bagi para atlet. Terkadang otot yang terlalu tegang akan memperlambat gerakan tubuh (kaku) dan juga menghambat Anda untuk melakukan smash yang kuat.

Sedangkan untuk menguasai teknik smash, diperlukan suatu tenaga yang secara khusus difokuskan untuk teknik ini. Otot harus dalam keadaan siap dan dinamis untuk mengeluarkan “ledakan” energi yang cukup untuk melakukan smash.

Bayangkan saja kalau otot Anda terus-terusan tegang sepanjang permainan, Anda tidak akan punya tenaga yang diperlukan untuk melakukan smash, karena tenaga Anda telah dihabiskan untuk mengencangkan atau menegangkan otot. Jadi, tips smash bulu tangkis yang pertama adalah kendalikan ketegangan dalam diri Anda sendiri.

2. Manfaat pergelangan tangan

Seperti yang sudah dijelaskan di poin satu bahwa menegangkan otot-otot tubuh akan kurang menguntungkan bagi Anda. Sama halnya dengan genggaman raket, usahakan untuk tidak menggenggam raket kuat-kuat karena tegangan otot tangan mempengaruhi kecepatan dan akurasi.

Jika Anda terlalu menggunakan banyak tenaga di awal-awal, tenaga yang Anda butuhkan untuk melakukan smash tidak akan keluar. Selain itu, Anda juga harus menggunakan pergelangan tangan untuk menambah tenaga. Jangan mengandalkan pundak dan lengan atas karena kedua bagian ini tidak akan menciptakan momentum pukulan secepat pergelangan tangan.

Tidak butuh otot besar dan kuat untuk melakukan smash tajam. Penggunaan pergelangan tangan juga berguna untuk membuat shuttlecock menukik bak peluru.

3. Adu cepat shuttlecock

Jika Anda ingin mengembangkan teknik smash, Anda mungkin harus berkomitmen untuk melatih fisik Anda terlebih dahulu. Artinya, Anda harus melatih kecepatan berlari serta kelincahan. Mengapa? Karena Anda membutuhkan ini saat mengeksekusi teknik smash yang akurat.

Apakah Anda merasa jika ingin melakukan smash, akan lebih mudah dilakukan jika tubuh Anda mencondong ke depan dibandingkan ke belakang? Karena itu, Anda harus memprediksikan dan mengamati jalur terbang shuttlecock sebelum menyentuh tanah. Ketika sudah mengunci posisi tersebut, segera beralih langkah dan posisikan diri Anda beberapa langkah di belakang shuttlecock.

Setelah Anda berada di belakangnya, Anda harus berlari ke depan (arah shuttlecock) dan bersiap untuk melakukan smash. Dengan begini, Anda bisa mengambil ancang-ancang dengan mendapatkan tenaga untuk mendorong shuttlecock dengan lebih kuat.

4. Jangan mengayunkan lengan terlalu berlebihan

Untuk mencapai smash yang kuat, Anda memang harus lebih mengandalkan pergelangan tangan dibandingkan dengan gerakan dari pundak dan lengan. Tapi, ini bukan berarti Anda tidak bisa menggerakan pundak dan lengan.

Tetap gunakan sedikit tenaga dari lengan dan pundak untuk mengayunkan raket sebelum memukul shuttlecock. Tenaga dari lengan dan pundak, kemudian semakin dipercepat dan diteruskan ke pergelangan tangan.

Meskipun begitu, lebih baik ayunan lengan ini dibatasi, jangan sampai Anda menghabiskan tenaga untuk mengayunkan lengan. Cukup ayunkan lengan dengan bayangan melakukan seperempat lingkaran. Sedikit mirip dengan gaya mencambuk.

5. Latik teknik lompat gunting (scissors jump)

Tidak hanya terpaku dengan memukul ketika sedang berada di belakang shuttlecock saja, ternyata teknik melompat juga dibutuhkan untuk memperkuat pukulan smash Anda. Jadi, untuk mendapatkan tips smash bulu tangkis yang hebat, cobalah berlatih lompat gunting atau scissors jump.

Apa itu lompat gunting? Ketika Anda berlari ke arah shuttlecock (baca poin tiga). Berikan perhatian lebih ke gerakan langkah Anda. Melompatlah dengan posisi kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, kemudian putar tubuh Anda secara horizontal ke kiri ketika Anda sedang di udara.

Dengan melakukan ini, Anda bisa menambahkan tenaga alami. Jika ditambah tenaga dari lompat gunting dan tenaga dari lari memukul shuttlecock, dijamin smash Anda pasti akan menjadi lebih kuat.

Perlu diingat jika teknik smash bulutangkis yang kuat ini juga memerlukan waktu dan proses latihan yang cukup lama. Jadi, jangan menyerah ketika Anda tidak berhasil mencobanya setelah beberapa kali.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Olahraga Kardio vs Angkat Beban: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Olahraga adalah cara mendapatkan berat badan ideal yang paling efektif. Namun dari semua jenis, mana yang lebih manjur: olahraga kardio atau angkat beban?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Olahraga Kardio, Kebugaran 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Sit Up Tidak Bisa Menghilangkan Lemak Perut?

Sudah rajin sit up tapi perut masih buncit? Wajar saja, karena kita tidak bisa hanya menghilangkan lemak di bagian tertentu saja. Jadi harus bagaimana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Latihan Kekuatan Otot, Kebugaran 24 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Ini Bahayanya Jika Anda Berolahraga di Siang Hari Saat Panas Terik

Katanya, olahraga di siang hari bisa membakar kalori lebih banyak sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Padahal, justru bisa berbahaya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Olahraga Lainnya, Kebugaran 23 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Apakah Sehat Jika Wanita Berotot Kekar Bak Pria Binaragawan?

Otot kekar identik dengan pria yang sehat dan bugar. Bagaimana kalau wanita yang punya otot kekar? Apakah bisa? Apakah hal ini sehat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Latihan Kekuatan Otot, Kebugaran 19 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

7 Olahraga untuk Membantu Menambah Tinggi Badan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
senam jantung sehat

Yuk, Ketahui Manfaat dan Gerakan Senam Jantung Sehat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
tips olahraga hiv

Olahraga Pagi atau Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit