Yayasan Rachel House Meluncurkan Buku Panduan Asuhan Paliatif

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Yayasan Rachel House meluncurkan buku berjudul Asuhan Paliatif: Buku Panduan Bagi Pelaku Rawat, pada Senin, 15 Februari 2021. Buku ini berisi edukasi untuk pelaku rawat, baik itu medis maupun orang tua di rumah, mengenai asuhan paliatif bagi anak dengan penyakit serius. 

Buku Asuhan Paliatif dari Yayasan Rachel House

Yayasan Rachel House Meluncurkan Buku Panduan Asuhan Paliatif

Bertepatan dengan Hari Kanker Anak Sedunia, Yayasan Rachel House meluncurkan buku berjudul Asuhan Paliatif: Buku Panduan Bagi Pelaku Rawat dalam bentuk elektronik (e-book). 

“Tujuan diluncurkannya buku ini agar pemahaman tentang asuhan paliatif dapat tersebar secara lebih merata, tidak hanya kepada tenaga kesehatan, namun juga bagi masyarakat luas,” tulis Rachel House dalam keterangan persnya, Senin (15/2).

Perawatan paliatif atau asuhan paliatif merupakan suatu asuhan medis yang ditujukan bagi pasien dengan penyakit serius beserta keluarganya. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), asuhan paliatif berfokus untuk mengelola rasa nyeri dan gejala dari penyakit, serta memberi dukungan emosional, sosial, spiritual, dan dukungan praktis. Tujuannya adalah agar pasien dengan penyakit serius ini dapat hidup tanpa rasa sakit dan dengan kualitas hidup yang optimal. 

Misalnya, rasa nyeri pada pasien kanker itu bisa membuat tidurnya tidak nyenyak, nafsu makan hilang, dan banyak aktivitas yang tidak bisa dilakukan. Maka dengan memberikan penanganan nyeri, pasien dapat melakukan aktivitas-aktivitasnya tersebut. 

“Membantu keluarga dalam memahami perjalanan penyakit serta perawatan apa saja yang tersedia juga bagian dari asuhan paliatif,” tulis Rachel House.

Layanan medis ini seringkali masih dipandang sebagai perawatan bagi pasien yang sudah mendekati kematian. Padahal perawatan paliatif dapat diberikan kapan saja, bahkan begitu terdiagnosa penyakit serius. 

Buku Asuhan Paliatif: Buku Panduan Bagi Pelaku Rawat mengupas tuntas mengenai asuhan paliatif bagi anak dengan penyakit serius, beserta keluarganya. Di dalam buku ini, pelaku rawat dapat memperoleh panduan mengenai penanganan gejala, cara berkomunikasi, dan merespons perilaku pasien.

Selain itu, buku ini juga membahas asuhan diri bagi pelaku rawat dan anggota keluarga lain, seperti adik atau kakak dari pasien. Dengan buku ini, Rachel House berharap pelaku rawat dapat memberi perawatan dasar kepada anak yang mengidap penyakit serius di rumah. 

“Kami berharap anak-anak dengan penyakit serius di seluruh Indonesia dapat memperoleh kenyamanan dalam melewati perjalanan hidup yang tidak mudah,” tulis Rachel House.

Misi edukasi perawatan paliatif pada semua pelaku rawat

Yayasan Rachel House Meluncurkan Buku Panduan Asuhan Paliatif

Yayasan Rachel House memberikan layanan asuhan paliatif bagi anak dengan penyakit serius seperti kanker dan HIV. Layanan ini diberikan secara gratis pada anak dari keluarga kurang mampu di wilayah Jakarta dan sekitarnya. 

Selain itu, Rachel House juga menjalankan program edukasi asuhan paliatif pada tenaga kesehatan dan masyarakat umum, mulai dari kader kesehatan wilayah, relawan sosial, ataupun pelaku rawat dari pasien dengan penyakit serius.

Yayasan Rachel House memiliki visi untuk Indonesia dimana tidak ada lagi anak yang harus hidup atau meninggal dalam kesakitan,” tulis Rachel House. 

E-book ini tersedia untuk diunduh situs Rachel House secara gratis oleh siapapun. Bentuk fisik buku “Asuhan Paliatif: Buku Panduan Bagi Pelaku Rawat” telah tersedia bagi keluarga dengan anak yang hidup dengan penyakit serius, atau penyakit kronis, atau penyakit langka.

Keluarga bisa mendapatkannya di sejumlah rumah sakit dan yayasan untuk penyakit serius yang telah bermitra dengan Rachel House seperti RSCM, RSAB Harapan Kita, dan RS Kanker Dharmais

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Perawatan Paliatif Sebagai Pengobatan Penyakit Kanker

Perawatan paliatif adalah perawatan suportif yang umumnya dijalani pasien kanker. Namun, seperti apa sih perawatan ini? Pelajari selengkapnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kanker 18 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Cara Merawat Anak yang Terkena HIV/AIDS

Pasti Anda sedih bila tahu anak Anda kena virus HIV. Namun, Anda harus tetap melakukan perawatan kepada anak sebaik mungkin. Apa tips merawat anak HIV/AIDS?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
HIV/AIDS, Kesehatan Seksual 21 Maret 2020 . Waktu baca 3 menit

Data Anak Penderita Kanker di Indonesia dan Pentingnya Menjaga Mental Mereka

Kanker pada anak masih menjadi momok di Indonesia. Selain berdampak pada kondisi fisik, penyakit ini juga memicu masalah psikologis. Bagaimana datanya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu Lestari
Penyakit pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 7 Februari 2020 . Waktu baca 6 menit

Kenali Gejala Umum Munculnya Kanker Pada Anak

Dengan mengetahui gejala kanker pada anak, Anda dapat mendiagnosis dini kanker yang dimiliki anak sehingga bisa diobati dengan segera.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Penyakit pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 20 September 2018 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

radiasi wi-fi

Benarkah Radiasi dari Wi-Fi Bisa Memicu Kanker Anak?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
tes VCT 90 hari untuk mendeteksi HIV

Tes VCT

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
tumor otak pada anak

Leukemia Pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Pendidikan seks cegah HIV/AIDS

Pentingnya Edukasi Seksual dan Potensi HIV/AIDS pada Remaja

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit