home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Tak Cuma Satu, Ada 4 Jenis Kanker Tiroid yang Perlu Anda Tahu Cirinya

Tak Cuma Satu, Ada 4 Jenis Kanker Tiroid yang Perlu Anda Tahu Cirinya

Kanker yang menyerang kelenjar tiroid tidak hanya terdiri dari satu tipe saja. Setidaknya ada 4 macam kanker tiroid yang umumnya menyerang kelenjar satu ini. Pengobatan masing-masing jenis kanker ini pun akan berbeda-beda, bergantung dengan tipe kankernya. Lantas, apa saja jenis kanker kelenjar tiroid?

Jenis-jenis kanker kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi untuk menghasilkan hormon yang membantu mengatur metabolisme, detak jantung, tekanan darah, dan suhu tubuh. Kelenjar ini memiliki dua sel penyusun utama, yakni sel folikel dan sel C (parafolikel), serta sel pendukung stroma dan limfosit.

Sel kanker dapat muncul pertama kali pada sel-sel penyusun tersebut yang tumbuh secara tidak terkendali dan merusak fungsi kelenjar tiroid.

Nah, perbedaan area munculnya sel kanker ini bisa mengarahkan pada tipe kanker kelenjar tiroid yang berbeda. Lebih jelasnya, berikut pembagian jenis kanker tiroid menurut American Cancer Society.

1. Kanker tiroid berdiferensiasi

penyebab kanker tiroid

Sebagian besar kasus kanker pada kelenjar tiroid merupakan tipe ini. Jika diamati di laboratorium, sel kankernya mirip dengan jaringan tirois normal, tapi terus tumbuh tanpa kendali.

Sel kanker pertama kali berkembang pada sel folikel tiroid. Kanker tipe ini kemudian terbagi lagi menjadi beberapa macam seperti di bawah ini.

a. Kanker tiroid papiler (karsinoma papiler atau adekarsinoma papiler)

Sekitar 8 dari 10 kasus kanker kelenjar tiroid merupakan jenis kanker papiler. Kanker ini cenderung tumbuh sangat lambat dan biasanya berkembang pada satu lobus kelenjar tiroid.

Sel kanker ini bisa menyebar ke kelanjar getah bening di leher. Meski telah menyebar ke kelenjar getah bening, kanker jenis ini bisa diobati dan jarang berakibat fatal. Karsinoma papiler paling sering ditemui pada wanita dan orang yang berusia muda.

Sebagian besar kanker bisa diobati dengan tiroidektomi (operasi pengangkatan tiroid) atau lobektomi (operasi pengangkatan sisi tiroid yang bertumor). Pengobatan dapat dilakukan bersamaan dengan operasi pengangkatan kelenjar getah bening di sebelah tiroid.

Selanjutnya, pasien mungkin akan direkomendasikan untuk menjalani terapi yodium radioaktif.

b. Kanker tiroid folikular

Jenis yang paling umum berikutnya adalah kanker tiroid folikular. Kebanyakan kasus terjadi di negara yang masyarakatnya tidak mendapat asupan yodium yang cukup dari makanan mereka.

Sel kanker biasanya tidak menyebar ke kelenjar getah bening, tapi menyebar ke bagian lain tubuh Anda, seperti tulang dan paru-paru. Prognosis untuk kanker tipe ini tidak sebaik kanker tiroid papiler. Kanker tiroid folikular paling sering menyerang wanita paruh baya.

Lobektomi menjadi pilihan pengobatan utama. Namun, jika tumor berubah menjadi kanker folikel, tiroidektomi perlu dilakukan.

c. Kanker sel Hürthle

Jenis kanker ini dikenal juga dengan sebuatan karsinoma sel oxyphil dan terbilang cukup langka. Sel Hürthle terlihat berbeda dengan sel folikel bila dilihat di bawah mikroskop.

Jika terbentuk tumor pada sel ini, tumor dapat bersifat tumor jinak atau berubah menjadi tumor ganas. Tipe kanker ini paling sering menyerang orangtua dan wanita.

Perawatannya sama dengan kanker tiroid folikular, namun perlu dikombinasikan dengan terapi target atau kemoterapi jika sel kanker telah menyebar.

2. Karsinoma tiroid meduler (MTC)

pengobatan penyembuhan kanker tiroid

Dari semua kasus kanker tiroid, sekitar 4% merupakan jenis kanker ini. Sel abnormal pertama kali berkembang di sel C yang biasanya memproduksi kalsitonin.

Kalsitonin sendiri merupakan hormon yang membantu mengontrol jumlah kalsium dalam darah. Terkadang kanker dapat menyebar dan menjadi kanker kelenjar getah bening, kanker paru-paru, atau kanker hati bahkan sebelum nodul tiroid (benjolan pada tiroid) ditemukan.

Ada dua jenis utama dari karsinoma tiroid meduler, yakni:

  • Sporadis yang artinya tidak diwariskan dalam keluarga. Sebagian besar menyerang orang dewasa lebih tua, dan seringkali hanya memengaruhi satu lobus tiroid.
  • Familia atau bersifat diwariskan dalam keluarga dengan kemungkinan sebesar 20-25% dapat terjadi. Biasanya berkembang selama anak-anak atau dewasa awal, dan lebih cepat menyebar. Dapat mempengaruhi dua lobus tiroid sekaligus, dan memiliki risiko tinggi mengembangkan tumor pada bagian tubuh lainnya.

Pada kanker stadium 1 dan 2, tiroidektomi total menjadi pilihan pengobatan utama dikombinasikan dengan terapi hormon tiroid. Jika pasien mengidap stadium 3, pengobatan terapi radiasi perlu ditambahkan.

Pada kasus stadium 3 atau 4, operasi tidak menjadi pengobatan lini pertama. Pengobatan difokuskan pada kemoterapi, terapi target, atau radioterapi.

3. Kanker tiroid anaplastik (tidak berdiferensiasi)

Gejala radang di tenggorokan

Karsinoma anaplastik adalah jenis kanker tiroid yang jarang terjadi, kasusnya hanya sekitar 2% dari semua kanker tiroid. Kadang berkembang dari kanker papiler atau folikel yang ada.

Kanker ini disebut tidak berdiferensiasi karena sel-sel kanker tidak terlihat sangat mirip dengan sel-sel tiroid normal. Kanker ini sering menyebar dengan cepat ke leher dan ke bagian tubuh lainnya, sehingga sangat sulit untuk diobati.

Operasi terkadang tidak terlalu efektif untuk mengobati kanker tipe ini. Dokter lebih merekomendasikan terapi target, kemoterapi, dan radioterapi sebagai pengobatan kanker.

4. Jenis kanker tiroid langka

Kurang dari 4% kanker yang ditemukan di tiroid adalah limfoma tiroid dan sarkoma tiroid. Keduanya merupakan jenis kanker yang cukup langka. Tipe kanker ini bisa diobati dengan operasi, kemoterapi, dan radioterapi.

Nah, untuk mengetahui jenis kanker tiroid mana yang menyerang pasien, dokter akan lebih dahulu meminta pasien menjalani serangkaian tes kesehatan. Dari tes inilah dokter dapat menentukan tipe kanker sekaligus memilih perawatan kanker yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Treatment of Thyroid Cancer, by Type and Stage. (2021). Retrieved 9 August 2021, from https://www.cancer.org/cancer/thyroid-cancer/treating/by-stage.html

What Is Thyroid Cancer?. (2021). Retrieved 9 August 2021, from https://www.cancer.org/cancer/thyroid-cancer/about/what-is-thyroid-cancer.html

Types of thyroid cancer | Cancer Research UK. (2021). Retrieved 9 August 2021, from https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/thyroid-cancer/stages-types/types

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 26/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri